Tentang Film "The Haunting of Bly Manor"

Awalnya saya kira "The Haunting of Bly Manor" akan seperti serial American Horror Story yang makin lama terasa semakin aneh dan biasa saja. Saya sendiri belum melihat serial sebelumnya, "The Haunting of Hill House", jadi saat banyak yang merekomendasikan season ke-2nya, saya tidak berekspektasi macam-macam. Namun tak disangka, serial karya Mike Flanagan ini sanggup menenggelamkan saya selama 9 episodenya berlangsung. Cerita hantu yang disuguhkan benar-benar masterpiece!


Cerita hantu ini bermula ketika seorang gadis Amerika sedang lalu lalang mencari pekerjaan di London. Dani Clayton (Victoria Pedretti), ia akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai pengasuh full time di kediamaan keluarga Wingrave, di sebuah rumah besar dalam perdesaan bernama Bly Manor. Di rumah itu, Dani bertemu dengan dua anak asuhnya, Flora (Amelie Bea Smith) dan Miles (Benjamin Evan Ainsworth) yang masih berusia 8 dan 10 tahun. Ia juga ditemani oleh Hannah Grose (T'nia Miller), pelayan keluarga Wingrave yang sudah mengabdi lama; Kemudian Owen (Rahul Kohli), juru masak, dan Jamie (Amelia Eve), tukang kebun yang akhirnya berteman dengan Dani.

Banyak tempat yang bisa dijelajahi di Bly Manor, kecuali di sayap timur rumah tersebut, bekas tempat tidur orang tua Flora dan Miles, yang mana mereka sudah meninggal karena kecelakaan di luar negeri. Tragisnya, bukan hanya orang tua mereka yang meninggal, pengasuh sebelumnya, Rebecca Jessel (Tahirah Sharif) juga meninggal karena bunuh diri di danau Bly Manor. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk Dani dalam mengasuh anak-anak. Oleh karena itu, Dani harus siap saat melihat banyak tingkah laku yang aneh akibat trauma dukacita yang mereka belum terlalu mengerti karena masih kecil.

Meski sayangnya, Dani malah mendapatkan banyak kejadian yang janggal bahkan menyeramkan di rumah tersebut. Dimulai saat ia melihat sesosok laki-laki yang selalu muncul tiba-tiba, yang akhirnya ia ketahui adalah Peter Quint (Oliver Jackson-Cohen), mantan asisten paman Flora dan Miles, yang memberi Dani pekerjaan ini, Henry (Henry Thomas). Peter dikatakan sudah kabur sambil membawa uang rampasan milik keluarga tersebut. Kemudian selalu munculnya bekas langkah kaki basah dan berlumpur tiap malam hari. Awalnya Dani dan yang lain mengira kalau Peter yang datang dan ingin meneror keluarga Wingrave lagi, tapi nyatanya ada banyak rahasia kelam dan jahat di dalam kediaman Bly Manor ini.




Serial The Haunting of Bly Manor ini diadaptasi bebas dari novel terkenal karya Henry James berjudul The Turn of the Screw, dan dua cerita pendek, masih dalam karya Henry James, The Jolly Corner dan The Romance of Certain Old Clothes. The Turn of the Screw sendiri sudah beberapa kali diadaptasikan menjadi film, seperti The Innocents (1961) dan The Turning yang muncul di tahun ini juga (tak bagus untuk ditonton). Namun apa yang diberikan oleh Mike Flanagan ini bisa dikatakan lebih sempurna bahkan logis untuk ukuran kisah hantu. 

Di film adaptasi lainnya, hanya ada dua sosok yang menghantui kediaman Bly Manor, tapi untuk serial ini, kita akan bertemu dengan banyak sosok, dan tentu saja sosok yang paling jahat, "Lady in the Lake", yang mana dilatar belakangi dari kisah The Romance of Certain Old Clothes. Cerita pendek yang memperkenalkan tokoh Viola (Kate Siegel) dan Perdita (Catherine Parker) ini adalah landasan utama yang membuat The Haunting of Bly Manor menjadi semakin menarik.

Kita juga akan mengenal tiap tokoh dalam serial ini dengan sangat baik, khususnya untuk kisah cinta mereka yang sangat menyedihkan. Dan tentu saja, kisah cinta Dani yang paling mengundang rasa simpati disini. Sangat sulit untuk melupakan endingnya yang memorable tersebut, sambil ditemani lagu I Shall Believe-nya Sheryl Crow.



Awalnya saya tak tahu kalau Dani adalah Victoria Pedretti, tapi ternyata ia yang bermain menjadi Love Quinn dalam serial You di season 2, dan akan kembali muncul di season ke-3 nanti. Ia sendiri merupakan aktris pendatang baru yang dikatakan langsung melejit sejak main The Haunting of Hill House. Aktingnya memang sangat bagus, dan saya sudah tak sabar untuk melihat penampilannya lagi di season pertamanya.

Adaptasi yang masterpiece dari cerita terkenal karya Henry James, akting dan chemistry yang manis dari semua tokohnya, serta punya banyak momen yang memorable, The Haunting of Bly Manor menurut saya adalah serial terbaik Netflix di tahun 2020!

No comments

Ohh Getoo... Powered by Blogger.