Tentang Film: Tiger King: Murder, Mayhem and Madness

Ada tiga jenis manusia yang saya ketahui hingga sekarang, pertama adalah mereka yang tampil jujur apa adanya, tak peduli kelihatan baik dan buruk; Kedua, mereka yang gemar menutupi jati diri mereka pada masyarakat, asalkan image mereka sangat baik di depan semua orang; Terakhir, mereka yang selalu jadi penonton dan selalu memilih tokoh mana yang mereka jadikan protagonis dan antagonis.



Dalam serial dokumentasi Netflix, Tiger King: Murder, Mayhem and Madness, kita akan melihat para kriminal dari kehidupan nyata yang dikemas secara gila sampai Kim Kardashian memberikan twit tentang film ini ke 64 juta followersnya.

Serial ini berfokus ke Joseph Maldonado-Passage atau biasa dipanggil dengan Joe Exotic, pecinta hewan eksotis, penyanyi dan mantan pemilik kebun binatang bernama G.W. Zoo di Oklahoma yang sekarang sedang mendekam di penjara. Kisah hidupnya didokumentasikan oleh Eric Goode, yang tak menyangka kalau harus ia habiskan selama 5 tahun untuk merekam semua momen gila saat itu.

Kenapa saya selalu bilang gila, karna Joe Exotic benar-benar menampilkan karakternya dengan sangat kuat. Setelah kita mengenal sekilas tentang masa kecilnya yang suram karna ia adalah seorang homoseksual, lalu kita akan rivalnya, Carole Baskin, disini sifat buruknya muncul bertubi-tubi melalui kata-kata kasar, pembuatan video yang nyeleneh, hingga pemakaian senjata untuk menakut-takuti khusus kepada Carole Baskin.

Carole Baskin merupakan salah satu tokoh yang sangat penting, sampai memiliki satu episode khusus untuk membahas siapa dirinya. Sejak pernikahan kedua Carole dengan Don Lewis, seorang milyuner dan pecinta hewan eksotis, hidup Carole menjadi penuh kontroversi. Ia dituduh (dan sepertinya sangat kelihatan benar) kalau ia adalah dalang dibalik menghilangnya mantan suaminya tersebut. Banyak yang mengatakan kalau Don Lewis dibunuh oleh Carole dan tubuhnya dikasih makan ke singa agar tak ada jejak. Apalagi semenjak Carole adalah ahli waris utamanya, sedangkan mantan istri Don hanya mendapatkan jatah 10 persen dari kekayaannya tersebut, teori bahwa ia adalah pembunuh sudah ada di benak masyarakat kala itu.


Tapi setelah kasusnya ditutup, Carole move on, ia memiliki suami baru dan selama puluhan tahun ia menjadi aktivis hewan eksotis karena ia juga sangat mencintai hewan-hewan tersebut. Dan Carole selalu menargetkan Joe, membuat seolah-olah Joe adalah penyiksa hewan. Carole bekerjasama dengan PETA bertujuan untuk menghancurkan Joe. Beberapa peraturan mengenai kepemilikan hewan eksotis pun berhasil Carole sah-kan di negaranya tersebut.

Yup, musuh utama Joe adalah Carole dan PETA. Ia tak mau disebut sebagai penyiksa hewan, karena ia selalu memberikan treatment yang menurutnya sangat sesuai untuk hewan-hewan eksotisnya tersebut. Joe pun menyebut Carole sebagai hipokrit, karena Carole juga memiliki kebun binatang bernama Big Cat Rescue yang disebut sebagai tempat menyelamatkan hewan-hewan eksotis dari para penyiksa hewan. Carole juga meraih keuntungan dari kebun binatang itu.

Selain Joe, Doc Antle yang bernama lengkap Mahamayavi Bhagavan Antle juga adalah musuh dari Carole, namun disini ia disebut lebih pintar daripada Joe. Kebun binatangnya, Myrtle Beach Safari, juga terlihat lebih mewah yang diisi dengan para wanita seksi sebagai pelatih hewan eksotis di kebun binatangnya. Doc Antle merupakan 'guru' dari para pemilik kebun binatang lain, Joe sendiri selalu mengambil masukan-masukan dari Antle untuk kebun binatangnya sendiri. Namun ia bisa dikatakan masih aman karena tak banyak mencari masalah dan tak selalu membalas perbuatan Carole.


Perseteruan Joe dengan Carole tentu saja menghabiskan banyak uang. Beruntung Carole memiliki warisan jutaan dollar, sehingga ia masih aman. Sedangkan Joe harus makin menggila agar ia bisa mendapatkan uang. Lucunya, Joe sampai mencalonkan dirinya sebagai presiden US pada tahun 2016. Setelah kalah, yah sudah pasti itu, kemudian ia mencalonkan diri menjadi gubernur Kota Oklahoma. Momen-momen tersebut menjadi pertunjukan sirkus yang sangat menghibur bagi Kota Amerika. Televisi nasional pun selalu menjadikan tindakan Joe ini sebagai salah satu konten berita mereka.

Namun sifat narsistik Joe yang mendorongnya melakukan semuanya itu. Selain hewan eksotis, ia sangat terobsesi pada dirinya sendiri, dan benar-benar ingin terkenal. Ia selalu merekam banyak hal yang terjadi di kebun binatangnya, bahkan ia memiliki tv streamingnya sendiri, yang kebanyakan ditujukan untuk mencemooh Carole.

Di satu sisi, Joe bisa menghibur dan menghasilkan uang banyak, tapi di sisi lain ia bisa menjadi sangat bodoh. Hingga akhirnya ia ditipu oleh Jeff Lowe karna masalah keuangannya itu. Jeff juga memiliki peran sangat penting sebagai pemilik kebun binatang. Dan peran utamanya adalah membantu Carole Baskin.


Belum selesai kegilaan dari mereka semua. Masalah percintaan mereka juga dibahas. Kapan lagi kita bisa melihat seorang gay memiliki dua orang suami, bahkan mereka berdua adalah straight. Kemudian bagaimana Doc Antle berhasil membuat kultus terselubung di kebun binatangnya itu sehingga banyak wanita cantik yang rela memberikan hidup dan tubuhnya untuk Antle seorang. Dan masih banyak lagi.

Semua hal ini dikemas secara rapih hingga ada 7 episode yang harus kita tonton. Hampir 7 jam akan kita habiskan untuk menonton docu-series ini jikalau sudah kepepet ingin cepat-cepat mau tahu akhir kisahnya sejak pertama kali tayang. Namun karna para tokoh masih hidup, jadi kelanjutan dari kisah ini akan menjadi misteri.

Setelah beberapa minggu tayang, Tiger King berhasil mendapatkan peringkat nomor 1 di Rotten Tomatoes untuk Serial Dokumentasi terbaik di Netflix. Namun saya tidak kaget, karena serial ini benar-benar akan mengobok-obok emosi kita. Kita akan melihat masing-masing perspektif dari para tokoh tersebut. Ada yang ditampilkan oleh tokohnya secara bodoh, hingga sangat pintar untuk para penonton.

Dan balik lagi. Dari para tokoh tersebut, yang mana akan kita anggap sebagai protagonis dan sebagai antagonis. Karena tentu saja serial ini berhasil mengacaukan internet. Mari kita lihat kelanjutan dari kehidupan mereka setelah kebenaran terungkap. Khususnya, apakah Carole benar-benar membunuh mantan suaminya?

No comments

Ohh Getoo... Powered by Blogger.