Tentang Film "Blair Witch"

Oktober ini dibuka dengan kejutan yang besar untuk para pecinta film mockumentari. Kisah dari 'Blair Witch Project' yang sangat booming pada 1999 lalu, hingga mampu mendapatkan untung besar: 250 juta dollar hanya dengan modal 60 ribu dollar, ternyata bisa dibuatkan sekuelnya setelah harus menunggu selama 17 tahun. Dengan sutradara yang berbeda, yakni Adam Wingard (You're Next, V/H/S), teror di hutan Burkittsville kembali datang dengan membawa para korban barunya.


Seperti "You're Next", sang sutradara tak bertele-tele dalam menggambarkan cerita dari film ini. Langsung saja dari awal, kalau James, adik dari Heather Donahue, memutuskan untuk mencari kakaknya tersebut yang telah menghilang di dalam hutan yang terkenal angker itu. Ia pun ditemani oleh kekasih dan sahabatnya. 

Alurnya masih sama. Setelah Adam dan kawan-kawan tiba di Hutan Burkittsville, mereka mulai menjelajahi setiap sudut dalam hutan tersebut untuk mencari jawaban akan semua misteri dari mitos 'Blair Witch' yang sudah menghilangkan keberadaan kakaknya James.

Misteri mengenai siapa itu Blair Witch akan terjawab jelas disini. Salah satunya adalah tentang kekuatannya, yang ternyata mampu muncul setelah malam hari. Ya, ketika para pengunjung hutan itu sudah berkemah dan melewati satu malam yang begitu panjang, mereka pun akan dikutuk oleh Blair Witch melalui sebuah simbol yang secara tiba-tiba terpasang di sekeliling perkemahan. Setelah itu, berbagai macam teror yang sanggup mengambil nyawa mereka akan langsung muncul tanpa adanya belas kasihan.

Teror-teror ini sendiri akan kembali berujung di satu rumah tua yang diyakini adalah tempat tinggal dari Blair Witch. Kali ini kita akan melihat lebih banyak isi di dalam rumah itu, bahkan sampai di ruang bawah tanah. Sosok asli Blair Witch yang sudah lama kita nantikan pun akhirnya bisa terjawab disini.



Meski alur sama, tapi teror yang terjadi di sekuel kedua ini nyatanya lebih parah ketimbang yang pertama. Sang sutradara tahu betul bagaimana cara meningkatkan kadar horror tanpa harus memakai efek kaget yang lebai. Lewat suara dari desiran pepohonan, ranting patah, dan badai di dalam hutan Burkittsville pun mampu menaikkan bulu kuduk kita.

Siapa yang sangka, setelah melewati satu malam di hutan itu, film ini akan langsung menuju ke klimaks yang terus meningkat tanpa henti. Kutukan dari Blair Witch terlihat lebih nyata disini, seperti benda yang terdapat di kaki Ashley maupun kutukan Voodoo yang sangat mengagetkan itu. 

Adam Wingard sudah berhasil memberikan pembuka yang mencekam untuk Halloween tahun 2016 ini. Congrats!

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath