Movpacker


Gua masih ingat pada saat gua sering berpetualang seorang diri sehabis pulang sekolah. Hal ini terjadi ketika gua berada di kelas akhir, dimana rasa berani mampu muncul karena keinginan yang begitu besar untuk menonton film idaman. Dengan angkot dan kopaja seharga dua sampai tiga ribu rupiah, gua mencoba untuk mengunjungi satu mall yang belum pernah gua kunjungi. Gua gak pernah menyangka kalau gua akan sering nonton sendirian saat itu, bahkan hingga hari ini.

Pada waktu itu, gua selalu berpetualang di daerah utara. Mall-mall disana selalu gua kunjungi tergantung dari jadwal film yang ingin gua tonton, serta tentu saja dari harga tiketnya. Gua pun selalu kembali pulang sekitar pukul 7 sampai 9 malam. 

Ada satu perasaan unik yang muncul sehabis gua pergi sendirian. Hal ini sepertinya sudah gua ceritakan di blog gua pada jaman dulu. Perasaan tersebut seperti campuran antara pembaharuan, kesendirian, dan kepuasan. Gua seakan sadar kalau gua sedang berjalan sendirian, sambil memandang banyak orang yang mempunyai tujuannya masing-masing. Namun gua bisa tersenyum tulus karena gua juga sadar kalau gua masih kuat terhadap semua masalah yang sedang menimpa gua. Sehingga esok hari terasa lebih cerah ketimbang gua hanya menjalani hari dengan 'langsung pulang ke rumah'.

Perasaan unik ini sudah menjadi bagian dalam hidup gua. Sampai sekarang, gua selalu merasakan perasaan itu disaat batin gua mengatakan kalau gua sedang butuh 'nonton sendirian'. Tentu saja ketika masalah besar sedang terjadi dalam hidup gua, baik itu masalah di luar maupun di dalam diri gua sendiri. Sebuah refreshment yang hanya bisa terjadi jika gua sedang sendirian.

Gua sendiri sudah mengunjungi banyak Mall di daerah Jakarta hanya karena sedang butuh waktu sendirian. Setelah gua kuliah dan bekerja, gua sudah berani mengunjungi bioskop-bioskop yang belum pernah gua datangi. Seperti sekarang, ketika gua sedang tinggal di selatan yang mana sangat dekat dengan tempat kerja gua, gua pun mulai menjelajahi mall-mall di daerah sini. Walaupun berbeda tampilan, tapi satu perasaan itu selalu sama uniknya dan kembali mengunjungi batin gua.

Jika di luar sana ada seorang Backpacker yang siap meluncur ke berbagai belahan dunia, mungkin gua bisa disebut sebagai "Movpacker". Karena gua juga selalu mencari jalan untuk menemukan satu spot yang mampu membawa ketenangan di dalam hidup gua. Spot tersebut adalah bioskop. Dan gua siap untuk mengunjungi semua bioskop yang mampu memberikan satu perasaan itu lagi.

Melalui hari ini yang mana usia gua sudah mencapai 24 tahun, gua pun menjadi sadar. Gua sangat butuh berpetualang, namun lebih jauh. Gua ingin menjadi pemimpin dari diri gua sendiri, tanpa terpengaruh orang-orang yang gua kenal. Dan mengunjungi bioskop-bioskop dari belahan dunia lain yang mana sepertinya akan asyik. Gua bisa menonton, dan menulis seorang diri. Gua bisa menjadi Anton yang selama ini gua kenal, yaitu: introvert.

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath