Tentang Film "And Then There Was None"



Pecinta karya dari Agatha Christie pasti tahu akan satu cerita ini. Sebuah thriller misteri mengenai 10 orang yang terperangkap dalam 1 pulau terpencil bernama soldier's island. Kemudian, apa yang terjadi pada mereka adalah kejadian tragis ketika satu per satu meninggal dengan cara yang tak disangka.

Pada saat ulang tahun Agatha Christie yang ke-125, pihak BBC One pun memutuskan untuk membuat mini seri mengenai novel yang paling banyak di voting waktu itu untuk ditampilkan secara visual, yang akhirnya muncul di layar kaca pada tanggal 26 - 28 Desember 2015.

Meskipun ada 10 orang yang sebenarnya memiliki peran penting, tapi kisah ini tetap terpusat pada satu wanita yang mana parasnya langsung muncul sejak awal film ini dimulai, yaitu Vera Claythrone (Maeve Dermody). Wanita yang selalu diperlihatkan potongan demi potongan masa lalunya ini memang merupakan peran kunci. Kita pun akan sangat tercengang dengan apa yang terjadi pada dirinya di akhir nanti.

Namun mari kita bertemu dengan 9 orang lainnya. Ada seorang eksekutor, Lawrence Wargrave (Charles Dance), Dokter Edward Armstrong (Toby Stephens), Detektif William Blore (Burn Gorman), Philip Lombard (Aidan Turner), Emily Brent (Miranda Richardson), General John MacArthur (Sam Neill), Thomas Rogers (Noah Taylor), Anthony Marston (Douglas Booth), dan Ethel Rogers (Anna Maxwell Martin).

Mereka semua dipersatukan oleh surat undangan yang dikirimkan oleh seseorang yang belum pernah mereka temui, Mr. U.N. Owen. 


Awalnya mereka semua berusaha untuk saling berlaku normal, namun semua itu runtuh pada waktu selesai menyantap makan malam di mansion megah tempat mereka tinggal. Sebuah pengeras suara muncul dan memberitakan semua kejahatan yang 10 orang ini telah lakukan. Baik itu dokter, polisi, hingga pembantu sekaligus, kita akan mendengar nama-nama korban yang telah mereka bunuh secara personal.

Banyak dari mereka yang mengelak, tapi ada juga yang mengaku seperti Philip Lombard yang telah membunuh 21 orang dari Afrika. Namun ini bukan lah ajang untuk membuat mereka mengaku, melainkan untuk mengeksekusi satu persatu hidup mereka.


Sebagai penonton yang belum tahu sama sekali tentang cerita ini, kita akan dibawa oleh lautan misteri yang begitu kompleks mengenai siapa itu Mr. Owen dan juga penyebab terjadinya pembunuhan berantai tersebut. Serta kita akan dibuat penasaran mengenai kebenaran tentang tuduhan yang diberikan terhadap 10 orang itu. Apakah mereka semua memang pembunuh?

Dan memang sudah selayaknya film misteri, kita akan melihat jawabannya di akhir cerita nanti. Sebuah twist yang tak pernah kita duga, karena kita pun bisa menuduh mereka semua sebagai biang dari kekacauan di film ini.

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath