Tentang Film "SpongeBob SquarePants Movie: Sponge Out of Water"

Siapa yang tak kenal SpongeBob SquarePants? Kartun yang sudah muncul sejak 1999 ini memiliki kesenangan tersendiri yang sebenarnya masih sulit untuk dibedakan, apakah untuk orang dewasa atau anak kecil. Kisah para makhluk laut, sekaligus spons hidup dan tupai ini menampilkan karakter-karakter yang begitu ambigu. Semuanya memiliki kejelekan sifat, seperti serakah, nakal, egois, dan pemalas. Tapi entah mengapa, saat mereka digabungkan, yang akhirnya timbul adalah sebuah lawakan yang sulit untuk dilupakan. Pantas saja episode nya tak habis hingga kini.


SpongeBob Squarepants pernah muncul di layar lebar sebelumnya, hasilnya pun sangat menyenangkan. Dan kini, dengan isue bahwa serial kartun ini akan berakhir, SpongeBob berhasil muncul di layar lebar lagi dengan tingkat animasi yang lebih besar.

Ceritanya, masih pada satu resep yang selalu menimbulkan masalah antara Plankton dengan Mr. Crab. Resep rahasia untuk Krabby Patty, makanan favorit penduduk Bikini Bottom ini telah dicuri oleh seseorang yang tak diketahui. Alhasil membuat SpongeBob dan semua penduduk Bikini Bottom menjadi geram (lebay adalah hal menarik dari film ini sejak dulu).

Semua orang menuduh Plankton yang mengambil resep rahasia tersebut, tapi berbeda dengan SpongeBob. Karena SpongeBob juga berada di lokasi kejadian sewaktu resep rahasia tersebut menghilang, ia memutuskan untuk menemani Plankton, sehingga SpongeBob juga ditetapkan sebagai buronan.

Sekejap, kehidupan Kota Bikini bottom berubah menjadi kacau balau, hanya karena tak bisa memakan Krabby Patty. SpongeBob dan Plankton pun memutuskan untuk kembali ke masa lalu untuk mencari pelakunya. Hingga akhirnya mereka tahu bahwa pelakunya berada di daratan, bukan dalam lautan. Hal itu menyebabkan SpongeBob dan kawan-kawan harus memiliki kekuatan super untuk memusnahkan sang kejahatan.



Plot ceritanya kurang lebih seperti itu. Dan sebenarnya masih banyak hal-hal ajaib lainnya, yang memang sudah menjadi tipikal kartun ini sedari dulu. Ini lah yang menyenangkan dari film SpongeBob. Hal-hal lebay yang mampu mengocok perut para penontonnya. 

Tapi, mungkin film ini bisa tak disukai juga. Karena simbol iluminati terlihat sangat jelas pada beberapa adegannya. Mungkin hal ini untuk menyindir masyarakat yang gemar menyambungkan segala sesuatunya dengan hal-hal yang tak jelas. Yah, namanya juga konspirasi. Tak apa lah hehehe....

Baiklah, I will still love SpongeBob Squarepants!! Mr. Krab, Sandy, Plankton, Patrick, Gary, dan tentu saja my most favorit ---- Squidward!! Mereka semua adalah kisah masa kecil yang paling menyenangkan!! :'')


Anton Suryadi

Independent but not a sociopath