Serial TV: The Walking Dead (Season 5)

Season ke-5 untuk tayangan serial televisi terpopuler, The Walking Dead, di awali dengan bom yang sungguh besar. Siapa yang sangka, pada episode pertama, serial ini berhasil memecahkan rekor untuk penonton terbanyak. Dari premiere season 1 hingga 5, para penontonnya sama sekali tak pernah menurun, semuanya meningkat.


Namun ada beberapa perubahan pada bentuk ceritanya kali ini. Kisahnya menjadi lebih sadis, lebih banyak walker, lebih menegangkan, dan lebih mencekam! Coba kita lihat, di awal cerita saja dibuka dengan momen yang keren, dimana Rick dan kawan-kawan yang sedang tertangkap terlihat bersiap-siap untuk melawan musuh dengan perlengkapan yang ada di badan mereka. Tempat yang bernama Terminus dimana mereka ditangkap tersebut berisi sekelompok manusia kanibal yang siap untuk memakan mereka. Tapi, ternyata hidup mereka berhasil diselamatkan oleh Carol, wanita yang pernah diusir oleh Rick, namun kini berubah menjadi sangat tangguh. Dengan riffle, Carol berhasil meledakkan tempat tersebut dan membuat semuanya kembali seperti semula lagi, maksudnya menyatukan mereka yang terpisah.

Kemudian alur terus maju, membuat Rick dan kawan-kawan harus segera mencari tempat perlindungan baru. Di pertengahan, mereka bertemu dengan seorang pendeta Gabriel Stokes yang tentu saja memiliki rahasia kelam dan mampu menghancurkan sisi psikologisnya saat bersama dengan Rick. Klimaks dari emosinya dapat kita lihat saat mendekati akhir season ke-5.

Masalah-masalah yang dihadapi oleh Rick tentu tak habis. Karena beberapa orang yang berasal dari Terminus masih mengejar Rick dan kawan-kawan, serta berhasil membunuh salah seorang anggota yang mampu membuat Sasha menjadi tertekan habis.

Namun kali ini ketangguhan Rick dan yang lain sudah sampai pada titik sempurna. Mereka makin kuat karena sudah sering hidup di luar. Para musuh pun berhasil mereka habisi dengan sangat sadis! Untuk yang sudah mengikuti kisah mereka dari awal pasti mengerti mengapa mereka sampai mengambil keputusan yang seakan tak ada belas kasihan lagi. Tapi tenang saja, mereka masih menjadi protagonis disini.

Kecuali untuk Eugene, karakter yang bisa dikatakan paling dibenci oleh para penonton disini. Karena ia sudah berbohong pada semuanya tentang Washington. Ternyata ia hanya ingin bertahan hidup bersama dengan orang-orang kuat di sekelilingnya. Hal ini membuat Abraham menjadi mengeluarkan monster yang selama ini ia pendam dalam dirinya.

Kemudian balik ke salah satu misteri yang terjadi pada Beth Greene, adik Maggie yang statusnya sedang diculik. Yang ternyata ia dibawa oleh sekelompok polisi yang memiliki base camp sendiri di sebuah kota. Kelompok tersebut dipimpin oleh seorang polisi wanita bernama Dawn Lerner. Disini, Beth juga bertemu dengan Noah, seorang pria muda yang seumuran dengannya.

Kisah Rick dan kawan-kawan pun harus berakhir pada saat sesi penyelamatan Beth di antara para polisi tersebut. Namun sesuai dengan karakter The Walking Dead, sebuah kejutan terjadi. Namun kejutan itu harus diawali dengan sebuah cerita yang kompleks terlebih dahulu, seperti saat hubungan Dawn dengan Beth menjadi lebih dalam, dan ternyata mampu berujung pada kejadian yang sungguh menyedihkan. Tentu saja hal ini sangat menyakiti Daryl Dixon dan Maggie yang sudah sangat sayang terhadap Beth. Para penonton juga sangat terkejut dengan akhir kisah The Walking Dead Season ke-5 pada akhir tahun 2014 tersebut.




Lanjut pada tahun 2015. Kali ini Rick dan kawan-kawan makin menghadapi banyak tekanan batin ditambah tekanan dari para walker yang masih berkeliaran dan siap untuk menyantap manusia. Setiap orang dari kelompok Rick memiliki tekanan yang berbeda-beda, dan hal itu dikarenakan oleh duka cita, sampai sebuah kegilaan, namun untungnya tetap membuat mereka menjadi lebih kuat dan tetap menjaga kebersamaan.

Maggie, Sasha, dan Daryl lah yang paling memperlihatkan tekanan batin mereka. Apalagi ketika di episode awal pada tahun 2015 ini dimulai dengan kematian dari salah seorang anggota lagi, membuat duka cita yang dirasakan menjadi lebih mendalam. Sasha pun yang paling lepas kontrol disini.

Setelah misi penyelamatan Beth yang sangat menyedihkan tersebut, mereka akhirnya hidup kembali di hutan, berusaha bertahan hidup dengan mencari bahan makanan dan air. Tapi seseorang kemudian muncul dan membawa sebuah berita yang sangat ambigu untuk Rick dan kawan-kawan.

Aaron, pria asing yang tiba-tiba muncul ke kelompok Rick ini mengatakan bahwa ada tempat tinggal bernama Alexandria yang sangat membutuhkan mereka semua. Tempat tinggal tersebut pun berisi bahan makanan dan rumah yang layak untuk peradaban manusia. Tentu saja setelah kejadian di Terminus, Rick tak mudah untuk percaya dengan hal tersebut. Namun Michonne yang mana sudah tak tahan dengan hidup di luar, memilih untuk percaya dengan Aaron.


Kerumitan kembali terjadi untuk mengambil sebuah keputusan. Tapi akhirnya mereka pergi ke Alexandria, dan mendapatkan sebuah kejujuran dari Aaron. Di tempat tinggal baru Rick dan kawan-kawan ini, mereka harus bertemu terlebih dahulu dengan sang pemimpin bernama Deanna. Wanita yang sangat tegas ini memutuskan untuk memberikan masing-masing pekerjaan kepada mereka semua agar dapat tergabung ke dalam grup di Alexandria.

Tapi lagi-lagi hal yang rumit kembali terjadi, dan lebih ke masalah psikologis. Rick melihat bahwa penduduk di Alexandria begitu lemah. Kawan-kawannya pun menyetujui hal tersebut. Hanya saja Michone begitu senang dan ingin menjadi bagian dalam grup tersebut. Tapi untuk Rick, ia tetap berencana untuk menjaga diri dan kawan-kawannya.



Kemudian tentu saja, beberapa orang di Alexandria memiliki gaya hidup yang tak sesuai dengan apa yang selama ini dialami oleh Rick dan kawan-kawan, dari bagaimana melawan walker, dan cara untuk bertahan hidup. Tapi ketika Rick dan kawan-kawan menunjukkan bagaimana caranya untuk bertahan hidup, beberapa orang dari Alexandria menjadi tak suka, dan balik menyerang mereka.

Di sisi lain, Sasha terus tak terkontrol, dan Pendeta Gabriel malah berbuat hal yang sungguh mengecewakan. Berbeda dengan Eugene, yang kini sudah memperlihatkan perubahannya ketika ia sedang menyelamatkan Tara dan juga kelompoknya yang sedang dikepung oleh walker. Namun pada saat yang bersamaan, salah seorang di dalam kelompok harus ada yang meninggal lagi.

Untuk Maggie, kita bisa melihat sesuatu yang hebat dari dirinya di final season 5 nanti. Ternyata ia bisa berdamai dengan dirinya, dan akhirnya berubah menjadi seperti ayahnya yang merupakan seorang pendeta semasa masih hidup dulu.

Sedangkan Daryl, yang sebelumnya tak suka dengan Alexandria, setelah ia merasakan kebaikan dari Aaron yang malah merekrutnya untuk menjadi seperti dirinya, yaitu mencari orang-orang baru untuk menetapi Alexandria, ia pun mulai bisa melupakan duka cita yang dirasakannya, dan mau tergabung ke dalam grup.

Dari semua itu, kisah tetap harus kembali pada Rick, seorang pemimpin yang lebih mengerti kelompoknya, dan sanggup merubah banyak hal. Di akhir cerita nanti, ia akan kembali melakukan sesuatu yang bijak. Dan sebuah kejutan berupa teman lama, akan menjumpai Rick.

Di akhir cerita, kita akan sangat melihat betapa baiknya kelompok yang Rick pegang. Sama ketika Glenn Rhee memutuskan untuk menyelamatkan orang yang paling dibencinya selama ia di Alexandria.

Tapi sayangnya, kisah mereka tak berakhir sampai disitu. Karena ada sebuah jembatan yang membawa season ke-6 kepada villain berikutnya. Villain yang selalu memberikan huruf 'W' di dahi para walker. Dan merupakan tugas dari Rick dan kawan-kawan untuk menghancurkan mereka!


Ditunggu!

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath