Tentang Film "As Good As It Gets"


Film yang berkisah tentang tiga manusia dewasa ini memiliki cerita yang rumit namun simple dan memecah secara bersamaan. Apalagi ketika kita melihat ketiga tokoh utamanya, yang masing-masing memiliki masalah yang berlainan dan sama-sama perlu pertolongan.

Ada Melvin Udall (Jack Nicholson), seorang pria yang sangat dibenci oleh orang sekitarnya sebab sikap rasis dan misantropisnya (tidak percaya dan memiliki kebencian terhadap banyak orang). Walaupun dibenci orang sekitar, tapi ia adalah seorang novelis terkenal. Tiap tulisannya sangat disukai oleh para pembaca, sehingga ia tak memiliki masalah perekonomian.

Melvin pun tinggal di sebuah apartemen yang juga memiliki tetangga seorang gay bernama Simon Bishop (Greg Kinnear), dimana ia adalah pelukis ternama yang memiliki seekor anjing mungil yang sangat dicintainya. Melvin dan Simon saling membenci, karena sikap Melvin yang memang sangat kasar dan selalu mencibir Simon.


Di luar, kita akan bertemu dengan seorang pelayan restoran cantik bernama Carol Connelly (Helen Hunt). Wanita ini adalah satu-satunya orang yang dipercaya oleh Melvin. Sehingga Melvin selalu rajin datang ke restoran tempat Carol bekerja setiap harinya, walaupun selalu membuat rusuh dan dibenci oleh para pelanggan dan manager restoran tersebut.

Setelah kita bertemu dengan ketiga tokoh utamanya, kita pun akan langsung mengenal setiap permasalahan mereka. Terkecuali untuk Melvin, kita memang sudah tahu tentang masalah psikologisnya sejak awal. Untuk Simon Bishop, masalah besar pun tiba-tiba menimpa ketika ada maling yang memukulinya sampai babak belur, ditambah usahanya yang bangkrut sehingga krisis keuangan langsung menghajarnya. Sedangkan Carol, ia sudah lama memiliki masalah di dalam kehidupan rumah tangganya, dimana anak tunggalnya sedang sakit parah, sehingga membuatnya menjadi harus berhenti kerja untuk merawat anaknya tersebut.


Walau setiap tokoh memiliki porsi tampilnya masing-masing, tapi fokus tetap berada di karakter Melvin. Dimana ia mulai memesona para penonton saat perbuatan baiknya muncul satu persatu. Hal ini berawal ketika ia mulai merawat anjing kesayangan Simon, dan hal tersebut benar-benar manis. Selanjutnya, saat ia membantu Carol dan Simon dengan semua kemampuannya yang terbatas juga. Hingga di akhir cerita, ucapan seorang Melvin menjadi sangat mahal saat ia sedang memberikan sebuah pujian atau pernyataan cinta yang sangat menyentuh perasaan tersebut.


Film yang disutradarari oleh James L. Brooks ini mendapatkan lima nominasi Oscar yang salah satunya adalah untuk film terbaik pada tahun 1997. Sekaligus 2 piala Oscar untuk Best Actress dan Actor, Jack Nicholson dan Helen Hunt yang memang sudah bermain secara sempurna dalam film ini.

Di usia tuanya, Jack Nicholson sekali lagi berhasil menjadi bintang utama yang sungguh hebat. Terhitung sudah tiga kali ia menjadi pemenang Oscar, dan sembilan kali ia masuk ke dalam nominasi ajang penghargaan bergengsi tersebut. Membuat film ini menjadi sangat manis dan menyentuh...

Thanks
God bless you...

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath