Tentang Film "The Imitation Game"

Pesona Benedict Cumberbatch bisa dikatakan dimulai saat ia muncul pada Film Atonement. Kemudian karirnya langsung merancah ke banyak film besar, seperti Star Trek, Sherlock, The Hobbit, August: Osage Country, dan 12 Years a Slave. Kini ia harus bertanggung jawab atas semua peran berhasilnya menuju ke step yang lebih tinggi, yaitu menjadi pemeran utama dalam Film The Imitation Game.


Film ini sendiri mengisahkan tentang seorang pria yang telah lama dilupakan jasa besarnya. Karena setelah kita menonton The Imitation Game, kita pun akan tahu bahwa teknologi canggih yang sering kita pakai sekarang, semuanya bermula dari tokoh yang satu ini.

Awal cerita, kita akan langsung berkenalan dengan Alan Turing, dimana ia adalah seorang penyendiri, aneh, dan anti sosial. Namun ia juga adalah seseorang yang sangat pintar, khususnya dalam hal matematika. Oleh karena kemampuannya tersebut, ia menjadi sangat tertarik untuk melamar di dalam anggota militer, menjadi pekerja rahasia berpatriot untuk melawan serangan Nazi Jerman saat perang dunia ke-2 waktu itu.

Tugas Alan pun tidak masuk ke dalam baku tembak, tapi berada di belakang layar memeriksa sebuah pesan rahasia lewat sebuah mesin yang bernama Enigma. Ia bersama dengan tim nya harus memecahkan kode-kode yang berasal dari Tentara Jerman untuk memenangkan perang tersebut. 

Tapi sayangnya, Alan adalah seorang pria yang ingin melakukan lebih. Ia pun tak terlalu peduli dengan mesin yang bernama Enigma tersebut. Ia malah berusaha membuat mesinnya sendiri yang bernama Christopher. Hal ini mengundang kedengkian dari orang sekelilingnya, terutama dari atasannya sendiri.



Selain Alan, kita juga akan berkenalan dengan salah seorang sahabatnya, Joan Clarke (Keira Knightley), yang ternyata memiliki kepintaran yang hebat untuk ukuran seorang wanita di kala itu. Dengan pemikiran Joan yang juga aneh tapi lebih bisa bersosialisasi, akhirnya hanya ia yang satu-satunya sanggup mengerti Alan. 

Namun saat kita harus berkenalan lebih dalam tentang siapakah Alan yang sebenarnya, kita akan menjumpai banyak kejutan yang begitu memilukan. Apalagi saat sudah sampai di akhir cerita, kehidupan Alan Turing pun harus berakhir secara tragis, dengan jasa besar di balik perang dunia ke-2, yang baru diketahui saat ini.


Benedict kembali bermain dengan apik menjadi seorang tokoh yang begitu rumit. Ia pun berhasil menjadi salah satu nominator Oscar sebagai pemeran pria terbaik pada tahun ini (untuk pertama kalinya). Hal ini juga ditemani oleh Keira Knightley yang berhasil masuk ke dalam nominasi Oscar sebagai pemeran wanita terbaik untuk kedua kalinya.

Jika ditotalkan, maka The Imitation Game sudah berhasil mendapatkan 8 nominasi Oscar pada tahun ini. Di bawah Birdman yang mendapatkan 9 nominasi. Yup, mari kita lihat, siapakah yang akan menang nanti?!

Thanks 
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath