Tentang Film "Finding Vivian Maier"

Jikalau saya tidak membaca review tentang film ini, mungkin saya tidak akan pernah menonton film ini. Apalagi saat melihat cover nya yang hitam putih dengan nama yang sama sekali tak saya kenali. Tapi sayangnya, kehidupan asli dari sang tokoh utama yang sungguh luar biasa mampu mengalihkan perhatian saya sejenak untuk menonton dokumentasinya.


Vivian Maier, sangat dramatis, karena ia menjadi terkenal setelah ia meninggal, walaupun Beliau sendiri tidak terlalu memperdulikannya (I dont know, just based from what I watched). Semua ini berkat John Maloof, seorang pria muda yang secara tak sengaja membeli banyak negatif foto peninggalan dari Vivian. Awalnya ia sama sekali tidak peduli, tapi setelah ia berniat untuk mengolah semua negatif tersebut menjadi bentuk foto, ia sangat terkejut dengan hasilnya. Para penonton juga akan terkejut saat melihat beberapa hasil jepretannya yang tentu saja sekelas dengan profesional.

Ini adalah sebuah film dokumentasi tentang bagaimana kita akan mengenal sosok seorang Vivian berdasarkan sudut pandang dari beberapa kenalannya serta barang-barang pribadinya. John Maloof yang sangat berambisi pun langsung menyusun puzzle nya satu per satu.

Pertama adalah dengan mencari tahu siapa saja yang ia kenal. Namun hal ini tambah mengejutkan, karena orang-orang yang mengenalinya adalah bekas asuhan dari Vivian, dengan kata lain Beliau adalah seorang pengasuh anak atau Nanny semasa hidupnya. Ia pun dikenal sebagai seorang yang nyentrik, pendiam, aneh, dengan tubuh tinggi dan kamera rolleiflex jadul yang selalu ia gantungkan di lehernya.

Kedua, saat pencarian makin dalam, apalagi dengan bantuan foto-foto hasil jepretannya, kita pun akan menemukan hal-hal lainnya yang sama sekali tak kita duga. Tentang sifat asli Vivian, dan pengalaman masa lalunya yang sungguh miris (walau ini masih sebuah persepsi dari cerita orang-orang kenalannya).

Satu yang pasti, Vivian masih seorang manusia biasa yang memiliki kelemahan. Tapi semasa hidupnya, sewaktu ia tak henti-hentinya memotret berbagai macam subyek yang sangat menarik, ia pun berhasil menunjukkan betapa luar biasanya dia. Bayangkan, seratus ribu lebih foto berhasil ia ambil dengan sangat perfect. Kita akan sangat terpesona saat melihat foto-fotonya yang juga diselipkan di beberapa adegan film ini.

Oscar sendiri meliriknya, dan memasukkannya menjadi nominator best documentary pada tahun ini.

Ini lah beberapa hasil potret Vivian Maier yang sungguh terkenal tersebut:














And here she is: 





Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath