Tentang Film "One Day"

Ini adalah kisah dari Emma (Anne Hathaway) dan Dexter (Jim Sturgess). Kedua anak manusia yang mulai menjalin hubungan pada tanggal 15 Juli 1988 sejak hari kelulusan mereka. Dimana kita akan melihat bagaimana dan apa saja yang akan terjadi selama 23 tahun ke depan, tetap di tanggal 15 Juli tiap tahunnya.


Awalnya Emma yang berpenampilan kurang menarik plus kacamata bulatnya tak menyangka bahwa Dexter akan mengajaknya tidur di hari pertama mereka bertemu, sebab sudah sejak lama Emma sangat menyukai Dexter. Namun, yang terjadi pada saat di dalam kamar adalah sesuatu yang cukup awkward, menyebabkan mereka berdua menjadi tidak jadi untuk melakukannya, dan malah memutuskan untuk menjadikan hubungan mereka hanya sekedar sahabat.

Tapi siapa yang sangka, setiap tahun berjalan, mereka tetap saling berhubungan bahkan saling membutuhkan, walaupun mereka harus terpisahkan oleh jarak karena pekerjaan mereka masing-masing. Hubungan persahabatan mereka tetap berlanjut hingga beberapa tahun ke depan.

Namun jika waktu adalah sebuah misteri, hubungan mereka pun akan mengalir dengan hal-hal yang cukup mengejutkan. Seperti pada saat mereka akhirnya bertengkar dan tak saling berbicara selama beberapa tahun. Lalu juga ketika 'hal yang diinginkan oleh Emma selama ini akhirnya terjadi'. Tapi sekali lagi, waktu adalah sebuah misteri. Sebab kita tak akan menyangka tentang apa yang akan terjadi pada akhir ceritanya nanti. Sebuah hal yang sangat tragis, yang mampu memberikan pelajaran kepada setiap manusia bahwa 'ini lah yang namanya kehidupan'.



Sejak Lone Scherfig menyuguhkan Film 'An Education' pada tahun 2009 lalu, yang mana sangat memorable dan berakhir serius tersebut, maka tak ada salahnya jika menyaksikkan film terbarunya ini, walaupun sudah lama juga sebab tayang pada tahun 2011 lalu. Dan kembali lagi, Lone mengambil ceritanya dari sebuah novel, yang kali ini adalah karya David Nicholls tapi bukan lah sebuah memoar, ini hanya fiktif belaka, tapi sayangnya memang seperti itu lah yang namanya kehidupan. 

Lalu juga, sama seperti An Education, para tokohnya dibuat untuk berbicara dengan aksen English, yang dimana agak sedikit aneh juga waktu Anne Hathaway melakukan hal tersebut. Namun chemistry yang ditampilkan antara Anne dan Jim sudah memadai, seperti kata tokoh Ian (Rafe Spall) di akhir ceritanya, yang mana Emma selalu light up ketika sedang bersama Dexter. Ah, love it dah.

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath