Tentang Film "Coherence"

Sudah lama semenjak film Triangle muncul di pasaran dan mampu membawa kebingungan akut ke beberapa penontonnya yang kurang mengerti, serta sanggup memuaskan hasrat para penonton penyuka genre misteri tentang adanya 'dunia lain' ini. Sebagai debut film layar lebar pertama, James Ward Byrkit benar-benar sudah menciptakan sebuah film yang sungguh keren, lewat budget sangat minimnya, plus latar yang kebanyakan hanya di dalam rumah dan sebuah jalanan saja, seperti film carnage dan 12 Angry Man.


Kisahnya sendiri diawali dengan sebuah pembicaraan lewat handphone yang dilakukan oleh Em (Emily Baldoni) dengan kekasihnya, Kevin (Maury Sterling). Di dalam pembicaraan mereka, dikatakan bahwa akan ada sebuah komet bernama Miller yang akan melintasi bumi pada malam itu, dan sanggup merusak banyak jaringan komunikasi. Lalu, secara mengejutkan, ternyata kekuatan komet tersebut mampu meretakkan handphone Em. 

Setelah itu, film ini mulai memperkenalkan teman-teman Em yang memang sudah berencana untuk berkumpul di dalam rumah Mike (Nicholas Brendon) dan Lee (Lorena Scafaria). Mereka pun melakukan obrolan biasa yang mungkin akan membuat para penontonnya menjadi boring. Tetapi ada dua cerita dari Em yang sebenarnya bisa sedikit menjelaskan tentang kejadian mengerikan yang akan segera menimpa mereka semua, selain dari sebuah buku dan teori decoherence-nya, jadi tetaplah menyimaknya. Kemudian, pada waktu pembicaraan asyik mereka harus dihentikan oleh sebuah mati lampu, baru lah berbagai momen aneh bermunculan.



Jika kalian pernah menonton Film Triangle, mungkin bisa tahu bahwa film ini akan ber-nada serupa. Tapi kali ini kita akan lebih mengerti, sebab sudah ada teori dari fisika kuantum dan cerita rakyat yang disampaikan, sehingga kita bisa meng-iya-kan kejadian aneh yang sudah menimpa mereka semua itu. Dan secara psikologis, kita juga mungkin akan berpikiran sama dengan apa yang sudah dilakukan oleh Em di akhir ceritanya yang sungguh mencenangkan tersebut.

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath