Fenomena Superhero dan Remake di Industri Film Hollywood

Marvel dan DC adalah dua publisher yang kini sedang ‘bertarung’ untuk menyumbangkan banyak sekali karakter superhero yang selalu berhasil diadaptasikan oleh industri film Hollywood hingga pundi-pundi dollar pun mengalir deras ke dalam ‘kocek’ mereka masing-masing. Siapa pula yang tak suka dengan film bertajuk pahlawan super seperti Spiderman, Superman, The Avengers, atau yang baru muncul tahun ini, ada X-Men: Days of Future Past dan The Guardian of Galaxy. Kedua film ini telah berhasil meraup keuntungan hingga di atas 500 juta dollar loh moviegoers!

Demi terus mendapatkan keuntungan yang luar biasa, berbagai macam cara pun dilakukan oleh para industri film. Pertama adalah dengan me-remake atau membuat ulang beberapa film superhero yang sudah satu dekade atau kurang pernah muncul di layar bioskop seluruh dunia, serta sudah sukses dan menelurkan dua atau tiga sekuel, namun harus berakhir. Contohnya adalah Superman, yang pertama kali muncul sejak tahun 1948 dan diperankan oleh Kirk Alyn. Ada sekitar empat kali remake, baik itu lewat layar bioskop lalu layar kaca televisi seperti Smallville, dan yang terakhir ada Man of Steel yang muncul tahun 2013 kemarin. Satu hal yang paling jelas ketika film Superman di remake adalah dari jubah yang tokoh Clark Kent kenakan ketika sedang menjadi Superman, dimulai dari simbol ‘S’ nya, lalu yang terbaru adalah dengan tak adanya ‘celana dalam’ berwarna merah yang sebenarnya sudah sangat identik dengan karakter ini sejak dulu.


Berikutnya ada Batman, yang akhirnya berubah judul filmnya menjadi The Dark Knight ketika Christopher Nolan dengan ambisi besarnya berhasil menyutradarai film ini secara trilogy dan tentu saja sudah sukses membuat karyanya tersebut menjadi salah satu film yang paling berhasil sepanjang masa dilihat dari keuntungannya yang lebih dari dua miliar dollar.

Karena kesuksesan kedua karakter superhero tersebut, akhirnya mereka berdua pun disatukan dalam Film Superman v Batman: Dawn of Justice yang akan muncul pada tahun 2016 mendatang. Sesuai dengan komiknya, nanti kita akan bertemu dengan beberapa tokoh superhero lainnya yang berasal dari DC, seperti Aquaman yang akan diperankan oleh Jason Mamoa, lalu Wonder Woman yang diperankan oleh aktris cantik dari Fast and Furrious, Gal Gadot. Untuk pemain Superman sendiri, masih diperankan oleh Henry Cavill, sedangkan Batman bukan lagi oleh Christian Bale, tapi Ben Affleck, walau dirinya harus mendapatkan banyak kecaman dari para penggemar Batman yang menyatakan bahwa ia tak pantas menjadi superhero tersebut sebab ia adalah aktor yang kurang bisa bermain baik seperti dalam Film Dare Devil. Film ini akan disutradarai oleh Zack Synder seperti dalam film Man of Steel sebelumnya.


Namun, sebelum pertarungan para superhero terkenal yang berasal dari komik DC ini muncul, Marvel sudah mendahului lewat The Avengers nya  pada tahun 2012 lalu, bahkan sekuelnya  yang berjudul The Avengers: Age of Ultron sendiri akan muncul pada tahun 2015 sebelum Superman v Batman: Dawn of Justice.

Menariknya, kisah superhero yang berasal dari Marvel ini sebenarnya memiliki banyak karakter yang belum atau hanya sedikit orang yang tahu mengenai keberadaan mereka. Oleh karena itu, sebelum The Avengers muncul, Marvel sendiri sudah berencana untuk memperkenalkan para karakter utamanya terlebih dahulu, seperti Thor, Iron Man, dan Black Widow yang kini masih eksis menemani pertempuran beberapa superhero seperti Captain America dalam sekuel The Winter Soldier. Aura Scarlett Johansson memang sedang bersinar terang kini sejak kemunculannya dalam Iron Man 2.
Marvel pun sudah berhasil memperkenalkan lima karakter yang sama sekali tak terkenal dalam The Guardian of Galaxy, yang tampil sukses di pasaran dengan pundi-pundi setengah milar dollarnya. Selain itu, nanti kita juga akan melihat karakter-karakter lainnya yang mungkin sama sekali belum kita dengar, seperti Doctor Strange yang akan tampil pada tanggal 8 Juli 2016 dilansir dari Screen Daily. Lalu di tahun yang sama, pada tanggal 12 Febuari, karakter Deadpool pun akan menemani layar bioskop kita dengan aksi kocak nan gilanya.

Marvel memang bisa dikatakan memiliki film-film adaptasi yang tak di-remake oleh sang produser, kecuali Spiderman yang kini berjudul The Amazing Spiderman. Film X-Men yang sudah menelurkan beberapa sekuel pun walau para pemainnya ada yang berubah seperti Mystique yang kini kehadirannya lebih menonjol sebab diperankan oleh sang American Sweetheart, J-Law aka Jennifer Lawrence, bisa terbilang bukan sebuah remake, hanya saja setting waktunya diberikan pada saat para tokohnya masih muda, kecuali untuk Wolverine yang selalu diperankan oleh Hugh Jackman.


Ya, ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh film-film bertajuk superhero sehingga selalu berhasil di pasaran. Karakter-karakter yang sudah direalisasikan menjadi bentuk gambar bergerak memang sangat menyenangkan untuk ditonton. Mereka semua memiliki aksi dengan kekuatan super yang sebenarnya selalu didamba-dambakan oleh setiap manusia. Siapa coba yang tak ingin melihat setiap bintang yang bersinar dari dekat, atau selalu cepat sembuh ketika habis tersakiti? Semuanya adalah impian kita semasa kecil, dan akan selalu ada sampai kita dewasa.

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath