Tentang Film "Deliver Us from Evil"

Selain James Wan yang kita kenal sebagai sutradara ahli dalam pembuatan film horror masa kini seperti The Conjuring dan Insidious, pada nyatanya masih ada sutradara lain yang berani untuk gigi ingin mengalahkan tangan horror dari Mr. Wan tersebut. Adalah Scott Derrickson, yang berhasil menciptakan sebuah kengerian baru dalam Film Sinister pada tahun lalu dengan beberapa video mencekam di dalamnya. Para penonton pun berhasil dibuatnya menjadi ketakutan sewaktu menonton film yang ber-ending sadis ini. Kini, Mr. Derrickson lagi-lagi membuat film bertajuk horror terbarunya, berjudul Deliver Me from Evil. Sudah pasti yang pernah menonton Sinister akan menjadi penasaran dengan karyanya yang satu ini.


Film yang diangkat dari kisah nyata ini berkisah tentang kehidupan dari seorang polisi bernama Sarchie (Eric Bana), yang tiba-tiba saja harus berubah setelah mendapatkan tiga buah kasus yang aneh di kotanya, yaitu di Bronx. Kasus-kasus mengerikan yang dimana melibatkan sebuah cat, di lemparnya anak kecil, mayat kucing, hingga manusia, semuanya memiliki keterkaitan. Apalagi ketika muncul seorang pendeta yang juga ikut andil dalam kasus yang dianggapnya sebagai serangan supranatural tersebut. Walau awalnya Sarchie tidak percaya terhadap hal-hal seperti itu, tetapi ternyata Sarchie memiliki satu buah kemampuan yang tak pernah ia duga sejak dulu, yang pada akhirnya ia lah yang akan membantu dalam menyelesaikan kasus tersebut.

Semua hal tersebut pun sebenarnya berawal dari sebuah kejadian di Irak, pada saat tiga orang tentara Amerika sedang melaksanakan perang disana. Hingga mereka menemukan sebuah ruang bawah tanah yang berisikan sesuatu yang mistis yang pada akhirnya ada yang sampai menyerang mereka. Hal ini akan menjadi misteri sampai nantinya akan kita temukan penjelasannya setelah menontonnya di pertengahan cerita.



Para penonton yang sangat suka dengan horror pasti akan menyukai film ini, walau sebenarnya kisahnya bisa dibuat menjadi lebih dalam lagi karena premisnya yang sungguh sangat menarik dan berbeda, lalu juga walau masih ada plot hole yang sungguh mengganggu sampai film ini selesai. Tetapi kita akan banyak menemukan kesenangan di dalamnya sama seperti film-film horror lainnya, seperti sebuah penampakan yang tak terduga, suara-suara seram, musik eerie yang begitu mencekam, hingga sebuah exorcism atau pengusiran setan yang walaupun sudah sering kita lihat, tetapi masih saja ampuh untuk menyenangkan kita semua.


Ini adalah film kedua selain The Conjuring yang telah berpesan kepada kita semua kalau Tuhan itu memang ada, karena iblis juga ada, untuk menunjukkan sebuah 'kejahatan yang murni' bukan kejahatan yang dilakukan secara sengaja oleh manusia.

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath