Tentang Film "Maleficent"

Keajaiban di dalam dunia fairy tale, ini lah yang sudah lama ditunggu oleh para penonton yang telah lama jatuh cinta terhadap kisah dongeng tentang kehidupan dalam kerajaan, yang berisi King, Prince, dan Princess. Disney pun langsung menggarap setiap kisah tersebut menjadi sebuah film yang tiap tahunnya selalu berisi hal-hal yang terbaru. Seperti kisah animasi Frozen yang ternyata berakhir di luar dugaan, dimana yang namanya "true love kiss" sudah diubah menjadi sesuatu yang tidaklah mainstream. Tahun ini pun ada Maleficent, sebuah kisah berbeda yang diambil dari dongeng "The Sleeping Beauty", dengan seorang aktris yang paling ditunggu-tunggu debut perfilmannya setelah sekian lama vakum, yaitu Angelina Jolie. Dan, Disney lagi-lagi berhasil untuk memporakporandakan cerita ini menjadi sangat lah mencuci mata para penontonnya.


Cerita film ini bukan lagi ditujukan kepada Princess Aurora, sang sleeping beauty yang sangat fenomenal tersebut, melainkan ke tokoh jahat Maleficent, dimana kita akan melihat kisah hidupnya dari ia kecil yang masih berupa sesosok peri baik hati, hingga pada akhirnya berubah menjadi Maleficent, sang pemberi kutukan ke dalam kehidupan Princess Aurora.

Ceritanya berisi tentang perang antara makhluk-makhluk unik dengan para manusia. Namun disini, Maleficent digambarkan tidak sampai sangat membenci umat manusia, tetapi hanya penjaga kedamaian di dalam hutan yang berisi para makhluk tersebut. Ia pun memiliki sepasang sayap yang sangat lah besar, dengan kekuatan yang hebat hingga ia bisa terbang hingga di atas awan. Maleficent adalah makhluk terkuat di dalam kalangannya, ditambah dengan kemampuannya untuk menyihir sesuatu, sehingga sudah kewajibannya untuk menjaga 'rumah'nya tersebut. Sayangnya, umat manusia banyak yang membenci kehadiran Maleficent beserta teman-temannya, sehingga beberapa perang pun diluncurkan untuk dapat menghancurkan mereka semua, tapi tetap kekuatan Maleficent dan kawan-kawan akan selalu menang. Sampai pada detik dimana Maleficent jatuh cinta terhadap seorang manusia, dan berubah lah seluruh kehidupannya menjadi lebih kelam dan gelap. 



Namun, entah mengapa ada kejanggalan yang sungguh aneh di dalam film ini. Mengapa karakter Maleficent sampai di akhir cerita benar-benar memiliki sebuah kebaikan? Apalagi sewaktu ia sedang menjadi sesosok 'ibu' untuk Aurora. Seakan telah merubah jalan cerita yang seharusnya didasarkan atas dongeng yang sudah tertera. Tentu hal ini sangat kalah dengan Film Snow White and Huntsman yang memiliki figur antagonis Ravenna yang diperankan oleh Charlize Theron dengan sungguh memukau tersebut. Walaupun sangat jahat, tapi itu lah perannya yang asli. Berbeda dengan Maleficent yang kini memiliki 'hati', walau akting dari Angelina Jolie tetap mengesankan, apalagi sewaktu ia sedang bersedih oleh karena 'putri' angkatnya sudah terkena kutukannya.

Disney sekaligus sang sutradara Robert Stormberg benar-benar sudah membuat kesalahan besar. Sleeping Beauty pun jadi tidak sesuai lagi karena hanya tidur sebentar bukan bertahun-tahun. Belum lagi akting dari Elle Fanning yang biasa-biasa saja, yang rasanya menyebalkan jika film ini tak dibuat semaksimal mungkin, padahal sudah memiliki Angelina Jolie plus banyak animasi-animasi yang sungguh memukau mata.

Dua kata: "Sayang Sekali".

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath