Karir Dimulai Dari Angka 5

Setelah tadi gua sudah berceloteh ria soal kisah gila pada waktu sidang, yang tentunya sangat berkesan. Sekarang lah saatnya gua akan bercerita mengenai kisah karir awal gua yang bisa dikatakan dimulai dari angka 5 (dari 0 - 10 yah hehe).

Setiap pekerjaan tentunya sangat lah berbeda bentuknya, dan mau tak mau, jika gua sudah berada di pekerjaan tersebut maka gua wajib untuk beradaptasi dengannya. Yang pertama, gua harus beradaptasi untuk pekerjaan yang dimana dinamakan HC - bagian Community Internal & Culture. Cara kerjanya sih untuk beberapa hal seperti mengedit, mengetik, dan memperhatikan memang sudah pasti gua bisa. Apalagi project yang dikasih ke gua sendiri adalah soal membantu ngurus media internal perusahaan seperti poster, video, dan buku culture dalam perusahaan. Lalu juga bantu ngurusin soal pemberian penghargaan ke karyawan-karyawan, lewat sebuah kartu ucapan. Bahkan gua pun sampai ke percetakan untuk mengurus beberapa dari hal tersebut dengan cepat. Namun, hal yang memang harus gua pelajari lebih adalah, sudah pasti dari cara para karyawannya bekerja, gua harus berbicara ke siapa dahulu untuk mengurus ini, lalu kerjasama sama siapa di dalam perusahaan sampai ke vendor. Kemudian gua juga harus belajar membuat format-format khusus dalam pembuatan di excel atau ppt atau word, sesuai dengan kebiasaan di perusahaan ini. Dan sudah pasti cara menyimpan berkas-berkas, bagaimana melakukan pembayaran, dll yang sumpah, ternyata banyak banget!!

Untuk pekerjaan yang pertama, gua sudah dua bulan bekerja, dan lumayan lah, bisa membuat gua jadi mengerti banyak ketika sedang bekerja di dalam kantor, di back office. Lalu untuk yang kedua, ini lah yang sangat cocok dengan jurusan di perkuliahan gua, yaitu gua sedang berusaha untuk menjadi seorang presenter. Waduh! Ini sih lebih mantap deh. Dari muka apakah cakep atau tidak, sampai cara gua jadi seorang presenter, semuanya benar-benar buat gua jadi agak down. Ya gimana coba gak down, pada saat gua tampil perdana kemarin di sebuah tv online, gua kan sempat minta tolong teman gua untuk memfoto gua saat sedang siaran. Dan ternyata, wewwww...!! gua memang jelek deh, gak ganteng, gak bisa buat kaum hawa jadi interisting hikss..... Kemudian, disini gua diwajibkan untuk tidak memakai kacamata, yang ternyata malah gua ketahui waktu di hari H, jadinya mau tak mau gua pun harus lepas kacamata gua, dan yah, prompternya jadi susah kebaca, yang alhasil gua kebanyakan ngarang dan ngapal dari otak gua sendiri hahaha.... Itu pun masih agak kacau-kacau.... Lalu, dari pengucapan, waduhhhhh!!! gua masih banyak yang keblipet, parah deh!! I hate it so much!! Padahal gua udah pake jas, tapi jadinya kok kayak gembel gua kemarin hahaha....

Bahkan saat sudah selesai jadi presenter, selama tiga jam! wkwkwk.... gua pun ngerasa lebih enak jadi karyawan kantoran aja deh. Soalnya di bulan pertama sendiri gua mampu ngerjain semua permintaan bos gua, walau paling malesnya itu ketika gua harus ngurus ratusan data sih hehehe..... Tapi lebih enak, tapi juga gua gak boleh seperti itu!! Walau bagaimana pun juga gua harus tetap terjun di dalam dunia entertainment. Gua tuh kerja di kantor, yah sebagai back up untuk masalah keuangan gua saja, sekalian buat nantinya gua simpen untuk buka usaha ke depannya nanti. Soalnya ini juga jadwal gua menjadi presenter bisa sebulan hanya empat atau berapa kali dah, gak tau gua. Yah mau tak mau gua pun harus punya back up-an....

Yah, hal-hal ini benar-benar buat gua jadi berharap penuh deh untuk nasib ke depan gua nanti. Apakah gua bisa berhasil untuk bersaing di dalam dunia pekerjaan ini? Soalnya secara tak langsung pun gua sudah mulai merasakannya, dan buat gua jadi harus lebih kuat lagi untuk menghadapi semuanya ini. Mau sampai gua dibenci habis sama orang-orang kenalan gua, lalu juga oleh atasan gua, tapi yang terpenting adalah, gua tetap maju terus, menghajar yang jelek di belakangnya! Yes! Tapi mungkin untuk soal tampang, itu sulit yah hehehe.... Tapi gua gak bakal minder, gua akan terus berusaha untuk selalu memunculkan yang terbaik dari dalam diri gua, sampai impian lainnya dari dalam kehidupan gua dapat terwujud!!

Semangat lagi! Berjuang lagi!!

Gbu all.....

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath