Tentang Film "Cloudy with a Chance of Meatballs 2"

Awalnya film pertama Cloudy with a Chance of Meatballs 2 ini serasa kurang meyakinkan, karena desain animasi-nya yang terlihat agak menggelikan. Tetapi pada waktu muncul-nya satu buah kesan yang begitu menyentuh, pada saat pesan antara ayah dan anak sedang diberikan, tak disangka, film ini pun berubah 180 derajat menjadi lebih menarik. Desain animasi-nya yang serasa menggelikan itu sendiri langsung terkesan semuanya bagus, dan juga kreatif, tanpa tersisa apa pun.

Nah, pada saat film yang kedua-nya ini muncul, keinginan untuk menonton pun tak salah untuk dilakukan, malah serasa "Wajib". Dan lagi-lagi, hal yang mengejutkan berhasil diberikan oleh film yang diproduksikan oleh Sony Pictures Animation ini.

Ok, let we see:


Jadi begini cerita singkat-nya. Setelah Flint Lockwood (Bill Hader) sudah menghancurkan alat ciptaannya yang bernama FLDSMDFR (satelit cuaca pembuat makanan ciptaan Flint Lockwood), yang pada akhirnya sudah memenuhi pulau kediaman Flint beserta kerabat-kerabat-nya menjadi penuh dengan berbagai jenis makanan raksasa, semuanya pun harus segera meninggalkan pulau tersebut karena pulau mereka itu akan dibersihkan oleh salah satu perusahaan science terkenal yang dipegang oleh seorang tokoh favorit Flint, yaitu: Chester V (Will Forte). Flint sendiri mendapatkan promosi untuk bekerja di perusahaan Chester V tersebut, berusaha selama enam bulan untuk menciptakan berbagai jenis penemuan yang sanggup mengubah dunia, dengan tujuan agar ia bisa memiliki jabatan yang sangat penting di dalam perusahaan tersebut.

Tapi ternyata kenyataan lagi-lagi akan mengubah kehidupannya. Tiba-tiba saja ia mendapatkan kabar kalau alat ciptaannya, FLDSMDFR, tersebut masih hidup, dan sudah membentuk sebuah hutan belantara yang aneh di pulau kelahirannya tersebut. Dan pada waktu ia ditugaskan untuk mendatangi pulau-nya itu, sekaligus ditemani oleh kekasihnya, Sam Sparks (Anna Faris), ayah-nya, Tim (James Caan), dan beberapa kerabat seperjuangannya, ia pun menemukan kalau setiap makanan yang sudah dikeluarkan oleh FLDSMDFR tiba-tiba saja semuanya bermutasi, berubah menjadi hidup seperti hewan.


Nah, disini lah letak menarik-nya. Para animator ternyata tidak malas saat membuat para makanan hidup tersebut. Nyatanya ada banyak di antara mereka yang bentuk-nya dibuat menjadi sangat rese habis! Alies sangat lucu sekali! Dan tiga teratas-nya ada pada buah strawberry, sayuran timun, dan satu lagi my favorite: marshmallow. Benar-benar sangat lucu habis mereka bertiga ini. Bisa membuat karakter "papoy" si makhluk kuning dari Despicable Me, serasa sudah turun derajat di bawah film ini. Dan ini memang adalah kekuatan terbesar dari sekuel film ini, yaitu: makanan hidup yang lucu-lucu.

Lalu, dimana letak konflik dari film ini? Yah, jadi intinya adalah Flint disuruh untuk menemukan alat ciptaannya tersebut, tetapi ada satu rahasia jahat yang ternyata bisa menghancurkan para makhluk lucu yang ada di dalam pulau itu, sekaligus kehidupannya Flint beserta teman-teman-nya. Narasi yang biasa sih. Cuman oke lah untuk film animasi yang memang dikhususkan untuk ditonton oleh semua umur ini. Anak-anak pun pastinya akan sangat senang saat menontonnya. Karena sangat warna-warni sekali film ini, bak pelangi yang terus bersinar, sekaligus sangat manis serta enak untuk dimakan.




Dan apakah film ini masih memiliki pesan yang sangat menyentuh? Yup, ada satu, yaitu tentang "sahabat". Walaupun agak sedikit sengaja dimasukkan, tetapi ini cukup menyentuh. Apalagi untuk satu kalimat yang ada di bawah ini:

"musuh yang sudah menjadi temanmu adalah sahabat selamanya." 

Jadi ya seperti itu lah Cloudy with a Chance of Meatballs 2. Sangat lucu, tetap menarik, penuh dengan desain makanan hidup yang lucu-lucu, sekaligus satu buah pesan yang tak akan terlupakan. I love it! Like it!

Thanks
GBU

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath