Tentang Film "Drinking Buddies"

Joe Swanberg adalah seorang sutradara, produser, aktor, dan juga penulis. Dan untuk di film terbarunya pada tahun 2013 ini, yang tentunya yang paling terpandang dari film-film-nya yang lain, yup, ia pun lagi-lagi bekerja rangkap empat seperti kebiasannya, untuk memperlihatkan kepada kita semua akan satu film yang sudah berhasil menjadi sebuah mumblecore romance yang ternyata sungguh di luar dugaan. Sangat lah bagus!


Drinking Buddies, nama-nya menjadi cukup terpandang karena kehadiran dari para pemain papan atas-nya, seperti Olivia Wilde dan Anna Kendrick. Apalagi kali ini ternyata Olivia telah menjadi salah satu bahan pujian berkat bermain di dalam film ini. Yah, siapa yang sangka kalau Olivia sudah bermain dengan sangat terlihat natural sebagai seorang tokoh Kate yang malang.

Ceritanya pun berawal dari hubungan "Teman tapi mesra" yang sedang terjadi dari Kate dan Luke (Jake Johnson), yang dimana mereka sama-sama bekerja sebagai seorang karyawan tetap di dalam bisnis minuman beralkohol (disini kita akan sering melihat para pemainnya meminum bir). Lalu, sewaktu Kate dan Luke sudah memperkenalkan pasangan mereka masing-masing, yaitu Chris (Ron Livingstone) dan Jill (Anna Kendrick), ternyata mereka berempat malah memutuskan untuk double date di akhir minggu ke sebuah rumah tua milik Chris yang dekat dengan pantai. Dan hal tersebut ternyata adalah sebuah bencana untuk hubungan mereka semua. Dimana Chris malah ada rasa dengan Jill, begitu pun dengan Kate dan Luke, yang dimana mereka malah makin dekat.

Hingga keesokan harinya, tiba-tiba saja Chris meminta putus dengan Kate, dan itu adalah hal yang sangat menyakitkan untuk Kate. Sedangkan Luke masih tetap bersama dengan Jill, yang dimana Jill masih terus menjaga rahasia gila-nya tersebut.



Nah, semenjak itu konflik pun akan semakin bertambah banyak di dalam film ini. Dari perlakuan sok membantu-nya Luke ke Kate yang sedang putus asa, hingga dari hubungan Jill dan Luke sendiri. Dan beberapa teman sekerja Kate sendiri pun terlihat sangat ingin mendapatkan Kate, yang memang paling cantik di tempat kerjanya tersebut.

Yup, ini adalah sebuah kisah cinta yang banyak, yang memang sering terjadi di dalam kehidupan nyata. Apalagi hal ini sudah dimainkan dengan begitu baik oleh para pemain utama-nya tersebut. Khususnya untuk Olivia Wade yang tak disangka kalau ia mampu berperan dengan begitu mempesona sekali di dalam film ini. Sebuah kebanggaan yang besar untuk film baru yang diarahkan oleh Joe Swanberg ini, yang lagi-lagi ia sudah merangkap sebagai produser, sutradara, penulis, dan juga aktor sementara disini.


Yup, Just enjoy the movie.... Walau akhir ceritanya kurang memuaskan (lihat saja sendiri), tapi ini masih terbilang film yang sangat bagus, tentang batasan-batasan yang harus kita pikirkan lagi ketika kita sudah memiliki pasangan.....

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath