Tentang Film "The Conjuring"

Senang rasanya bisa melihat karya terbarunya James Wan lagi, yang di tahun ini akan ada dua film horror terbaru ciptaannya, yang sudah pasti akan sangat mengguncang setiap ketakutan dari kita. Kedua film-nya itu adalah The Conjuring dan Insidious 2. Dan tentunya untuk di Bulan Juli ini, The Conjuring lah yang akan menantang setiap dari kita untuk bisa terus bertahan dari segala macam trik menakutkan yang sudah diciptakan oleh James Wan.

Hahaha.... mungkin agak lebay yah, tapi memang James Wan adalah salah satu dari sedikit director ternama yang benar-benar bisa dikatakan sudah 'spesialis' sekali untuk film-film yang bertajuk horor. Karena coba kita lihat untuk beberapa film horror belakangan ini, wow, banyak yang mengecewakan!

Oke-oke, mari kita lanjut ke kisah dari The Conjuring yang sudah berada di bioskop-bioskop Indonesia sekarang ini (di tayangan midnight lebih tepat-nya).


Film ini diangkat dari kisah nyata, dari salah satu pengalaman yang pernah dirasakan oleh sepasang suami istri terkenal, Ed dan Lorraine Warren, yang dimana mereka adalah sepasang paranormal investigator yang sudah diakui di jaman-nya tersebut. Dan salah satu pengalaman mereka yang cukup gila adalah, pada saat ada seorang wanita yang sedang meminta pertolongan dari mereka berdua untuk segera datang ke rumah-nya, dan menyelamatkan keluarganya.

Nama wanita ini adalah Carolyn Perron. Ia hidup bersama Roger, suaminya, dan juga ke-empat anak perempuannya, yaitu: Andrea, Nancy, Christine, dan Cindy. Dan pada saat mereka sekeluarga habis menetap di rumah baru mereka, yang berada di depan danau, berbagai macam kejadian supranatural pun terjadi, yang entah mengapa malah makin parah keadaannya.

Lalu, ketika Ed dan Lorraine sudah datang ke rumah mereka, baru lah diketahui kalau memang yang sedang dihadapi oleh keluarga Perron ini adalah benar-benar sesuatu yang jahat, dimana "nyawa" adalah taruhan asli-nya disini.



Itu lah sekilas dari cerita yang ada di film ini, yang sepertinya memang sudah biasa terjadi di film-film horror, seperti tentang haunted house, sampai ke exorcism (pengusiran hantu). Namun untuk James Wan, racikan-nya tentu selalu tepat. Dengan gaya moviemaker handal-nya, ia pun lagi-lagi berhasil menakuti para penontonnya dengan berbagai macam pengambilan gambar yang begitu menyeramkan, dan diikuti dengan scoring musik yang sanggup membuat tubuh kita semua menjadi gemetar. Beberapa trik menakut-nakuti seperti yang ada di Film Insidious pun dapat kita saksikan lagi disini, dan itu tentunya masih berhasil.

Bukan hanya itu, para pemeran dalam film ini pun tentunya juga sudah bermain dengan meyakinkan, dan itu memang karena para aktor dan aktris-nya adalah orang-orang yang sudah mendapatkan berbagai macam penghargaan, seperti Vera Farmiga, dan aktor langganan James Wan, yaitu: Patrick Wilson. Lili Taylor dan Ron Livingstone pun sungguh pas untuk hadir di dalam film ini, apalagi untuk ke empat gadis cantik, yang memang tidak hanya menjual tampang dan kelucuan muka mereka, Shanley Caswell, Hayley Mcfarland, Joey King, dan Mackenzie Foy, sungguh, penampilan mereka semua sudah sangat keren untuk tampil di dalam film terbaru-nya James Wan ini.


Yup, sutradara yang memang spesialis di dalam dunia horror, lalu trik menakut-nakuti yang nendang, scoring musik yang menegangkan, cerita yang tak akan terlupakan, lalu juga para pemain yang tak hanya menjual tampang, nah, ini lah dia salah satu film horror yang paling ditunggu-tunggu oleh para penonton di tahun ini. Benar-benar sebuah horror supranatural!

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath