Tentang Film "Fast & Furious 6"

Sesuatu yang baru tentunya sedang terjadi di dalam perfilman Hollywood kini. Dimulai dari Film Jack and the Giant Slayer, dimana yang kita tahu kalau di dalam film itu ada sebuah klimaks yang baru dan lebih besar setelah melewati sebuah klimaks yang hanyalah sebuah 'jebakan' untuk para penontonnya. Dan sekarang kita bisa merasakan lagi kenikmatan tersebut setelah kita menonton dua buah film yang baru di Bulan Mei ini. Yaitu, Fast & Furious 6, lalu juga ada Star Trek Into Darkness.

Namun untuk di post ini, gua akan membahas tentang Fast & Furious 6 terlebih dahulu, walaupun keluar-nya setelah Film Star Trek. Tak apa lah ya.... :p


Baiklah, setelah Fast Five yang sudah mampus-mampusan memporak-porandakan Kota Rio dengan berbagai macam aksi, beserta ledakan, dan kehancuran dimana-mana, pastinya ada banyak orang yang sudah tak sabar untuk menyaksikan kisah yang berikutnya dari franchise yang kini sudah berada di angka-nya yang ke-"enam". Justin Lin pun masih tetap berada di bangku sutradara untuk kembali memberikan satu suguhan yang sudah sangat disukai oleh banyak orang ini.

Coba kita lihat terlebih dahulu apa karakter dari film yang sudah meraup banyak kocek hingga 1 milyar dollar ini. Yang pertama, tentu ada mobil yang bagus dan juga mahal. Kedua, aksi balapan, itu lah yang memang harus terjadi di setiap seri-nya. Ketiga, wanita cantik dengan tubuh yang tinggi dan seksi, serta berpakaian warna-warni. Ke-empat, ini yang terbaru saat munculnya Fast Five tahun lalu, ada banyak kehancuran, seperti pada beberapa bangunan, lalu juga jembatan, beserta mobil-mobil yang sedang lalu-lalang, semuanya itu transparan terlihat pecah bak sampah tak berguna (ingat waktu adegan kejar-kejaran dengan membawa peti besi yang besar itu?). Nah, tentunya Fast Five adalah seri yang paling hebat dibandingkan dengan yang sebelum-sebelumnya. Walaupun sekilas hampir menyerupai Ocean Eleven, tetapi ada banyak orang yang sudah sangat suka dengan tampilan yang sungguh menegangkan tersebut.

Lalu untuk yang kali ini, ada Furious Six. Dimana di awal mula filmnya diperlihatkan kalau Brian O'Conner (Paul Walker) kini sudah mempunyai anak, dan Dominic Toretto (Vin Diesel) pun mengatakan kalau sejak saat itu, hidupnya, dan hidup mereka semua akan berubah selama-lamanya.

Namun, tentunya para penonton tak akan suka jika geng dari Dominic Toretto tersebut hanya berdiam diri saja, bersantai-santai di luar negeri. Maka diberikanlah sebuah masalah yang baru. Dan juga satu hal yang memang mampu membuat Dominic menjadi harus ikut terlibat di dalam aksi-nya yang baru ini.


Adalah Hobbs (Dwayne Johnson), sang kepala keamanan berotot yang kembali datang mengunjungi Dominic untuk memberikan satu buah kasus yang sudah membuat dirinya menjadi tak berdaya. Dan langsung saja Dominic menerima kasus tersebut setelah ia melihat kalau mantan kekasihnya, Letty (Michelle Rodriguez), terlihat masih hidup dan ikut menjadi anggota dari para penjahat kelas kakap yang akan ia kejar itu.

Setelah itu, kita pun akan bertemu lagi dengan para pemain yang sudah berkumpul di Fast Five dengan uang curian yang sudah tak terhitung tersebut. Mereka sudah pasti adalah: Roman (Tyrese Gibson), Han (Sung Kang), Gisele (Gal Gadot), dan Tej (Ludacris). Lalu, kali ini ada Riley (Gina Carano), partner dari Hobbs yang baru, yang benar-benar terlihat lebih kuat dengan muka yang sangat garang. Aksi dari perempuan singa ini pun dapat kita saksikan di dalam film-nya pada tahun 2011, yaitu "Haywire".


Dan siapakah penjahatnya yang baru kini? Ini lah yang paling ditunggu-tunggu oleh negeri kita, karena salah satu villain-nya adalah "orang Indonesia", yang bahkan sempat mengucapkan dua patah kata dengan Bahasa Indonesia, "Hantam dia!" Ia adalah Johannes Taslim, si Jaka di dalam Film The Raid, yang memang sudah masuk di kancah internasional tersebut. Dan Johannes yang di dalam film ini bernama Jah, ia pun memiliki seorang ketua yang tentunya memiliki karakter yang lebih jahat dan pintar dari film yang sebelumnya. Ia adalah Shaw (Luke Evans), yang juga sudah merekrut Letty yang sedang hilang ingatan itu.



Kemudian "BOOMM!!" Kita semua akan dibuat menjadi sangat terkesima dengan hasil eksekusi yang sudah mampus-mampusan ini. Seperti yang pertama, akan ada sebuah ledakan yang beruntun dari sebuah bangunan; Lalu, akan ada aksi kejar-kejaran yang sampai membuat hancur banyak mobil (lagi); Dan tak akan lupa juga untuk aksi adu jotos yang benar-benar sangat memorable sekali. Seperti pada saat Letty yang sedang bertempur dengan Riley, lalu juga aksi dari Johannes Taslim yang sungguh disorot dengan cukup lama pada saat ia sedang menghajar banyak polisi dan juga dua orang anggota dari Dominic tersebut. Tentunya semua itu sangat keren, dan lebih besar dari Fast Five.


Yah, memang ini lah yang menjadi karakter dari franchise yang akan dibuat kelanjutannya lagi untuk tahun depan. Sebuah aksi tanpa otak, yang benar-benar tak memperdulikan akan yang namanya "keselamatan". Yang penting harus ada mobil yang hancur, manusia yang dihajar habis-habisan, dan juga ledakan serta kehancuran yang sangat memukau mata.

Namun, seperti yang sudah gua katakan di awal, kalau kita akan melihat sebuah klimaks yang baru setelah sebuah klimaks yang nyatanya hanya lah sebuah jebakan untuk para penontonnya. Yup, sebuah aksi dengan memakai pesawat yang begitu besar, dan BOOMM!! sesuatu yang sangat memuaskan hati pun akan terjadi. 

Tetapi, jika kita masih betah berada di tempat duduk hingga di akhir filmnya nanti, sebenarnya bisa dikatakan kalau film ini ternyata masih memiliki satu buah klimaks yang tak disangka-sangka lagi oleh para penontonnya. Karena sebuah kejutan, akan sebuah villain yang baru di serial yang ketujuh nanti, Waw!! Semua orang pasti akan sangat menunggunya dengan sangat tak sabar!!

Thanks
Gbu

N.B: Hmmm.... namun sepertinya gua masih lebih menyukai Fast Five ketimbang yang ke-enam ini. Karena kekuatan dari Fast Five itu masih belum bisa ditandingi di film ini, walaupun kadar kegilaannya makin ditambah.

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath