Eksis dan Pulang Malam!

Tuhan memang adil, Ia pun tahu benar kapan gua akan merasakan sesuatu yang bernama "diterima", oleh beberapa orang teman, yang tentunya mereka adalah sesosok yang begitu mengasyikkan. Yup, butuh bertahun-tahun lamanya, yang mungkin sekitar 17 tahun, dimana gua kali ini benar-benar bertemu dengan mereka yang bisa mengerti gua (walau tak sepenuhnya, dan itu memang adalah hal yang biasa hahaha), lalu juga bisa bercanda bareng gua, nonton di bioskop bareng gua, dan yang pasti adalah bisa menjadi seseorang yang mampu untuk mendukung hal-hal yang tergila di dalam kehidupan gua.

Bisa terbilang sejak gua kuliah, pada akhirnya gua bisa mendapatkan kenikmatan seperti ini. Berbeda dengan masa-masa TK, SD, SMP, dan SMA gua, yang serasa penuh dengan tekanan batin oleh banyak penolakan di masyarakat (walau tak sepenuhnya juga hehe,,, namun kali ini benar-benar yang paling berbeda 180 derajat dari masa-masa gua yang dulu itu). 

Dan coba kita lihat dari kegiatan gua sekarang, yaitu: pulang tengah malam melulu coy!! Sejak kapan coba gua bisa pergi ke kampus pagi-pagi, terus pulang ke rumah itu bisa sekitar jam 12 atau jam 3 pagi?! Waktu dulu mah gua mau tak mau harus selalu sendiri di rumah (namun itu berbeda dengan masa-masa dimana gua sedang bersama orang yang sedang sangat gua kasihi ya hehehe). Yah, walau bisa terbilang sekarang ini sudah over sih. Di semester enam ini khususnya, gua sudah banyak sekali melakukan hal yang namanya "pulang malam!" Sampai-sampai gua pun pada akhirnya sering menginap di kos-an teman gua yang lumayan sempit ckckck....

Segala macam mengenai nonton di bioskop, yang bisa selalu jam sembilan malam terus kami ambilnya! Lalu juga ngobral-ngobrol di dalam kos-an sampe ketawa-ketiwi hingga tengah malem! Kemudian yang sedang terjadi sekarang adalah, gua bersama dengan teman-teman gua yang sedang mengurusi soal kepergian kami ke Bali selama sepuluh hari pada akhir Bulan Juli nanti. Dan gua benar-benar sedang sangat excited sekali sekarang! Sampai-sampai hotel pun sudah kami booking sejak tiga bulan sebelum keberangkatan kami, karena kami yakin kalau nanti pasti bakal penuh dan bakal mahal kalau beli di hari H. Waduh, pokoknya ini sungguh sebuah negosiasi yang bisa sampai tengah malam deh, karena kami pun harus terus cari hotel lagi (yang murah tentunya) untuk kepergian kami saat ke Bedugul dan Ubud. Dan uang benar-benar harus ada! Hahaha.... Itu lah hal yang paling sulit untuk dilakukan sekarang!! Yang pada akhirnya sanggup untuk membuat gua menjadi terus pulang malam!

Di antara capek dan senang, itu lah yang gua rasakan. Karena memang baru sekarang lah gua bisa merasakan hal yang seperti ini. Seperti sebuah komunitas yang sudah saling memiliki (walau tak 100%), dan sudah saling nyaman satu sama lainnya (tak 100% jua), serta tau bagaimana caranya harus bercanda agar semuanya bisa ketawa (sekitar 80% deh haha). Tapi tetap saja ini sudah sangat menguras tenaga gua. Apalagi kalau sampe pulang malam terus, bisa-bisa masuk angin melanda, dan kepergian gua yang sudah terencana ke Bali nanti, yah, amit-amit dah, malah batal lagi karena gua sakit! No!!!

Namun untuk semuanya, gua sungguh sangat menikmati ini. Karena ini seperti hal-nya balas dendam dengan semua hal yang pernah terjadi di masa lalu gua, pada saat gua masih sangat rapuh-rapuhnya (Sekarang juga sih, tapi hatinya... hehehe). Dan karena juga memang adalah niat gua untuk menjadi eksis di dalam masa-masa perkuliahan gua, yap, itu adalah salah satu tujuan gua untuk berkuliah. Hingga perlu dua tahun, baru akhirnya gua bisa mengenal banyak orang di dalam kampus, dan mereka pun mengenal gua sebagai sesosok Anton Ohh Getoo yang sangat lah unik, gila, dengan tangan yang patah, gaya yang geloy, bales BBM lama, kasih foto-foto juga lama, dan tentunya mau untuk terus berbuat baik (ya iya laahhh....!! :p). Lalu gua pun belajar banyak hal mengenai teknik melucu, soalnya sudah pasti kalau semua orang itu suka dengan orang yang bisa melucu. Dan dengan menggunakan gaya khas dari diri gua sendiri, yah, gua pun pada akhirnya berhasil menjadi sesosok yang bisa dikenal. Dan itu sungguh sudah sangat memuaskan gua! Hingga sekarang pun gua akhirnya mempunyai banyak teman, yang lucunya ini adalah hasil dari kerja keras gua sendiri wkwkwk (dengan terus berbuat baik, mencoba mengenal, mengerti, dan ngelawak :p). Dan gua pun tak terlalu peduli dengan statement dimana "hanya butuh satu sahabat yang bisa mengerti", halah, yang penting mah gua bisa eksis deh, orang-orang bisa mengenal gua walau tidak mengerti gua, karena itu sudah sangat memuaskan kehidupan gua jika dilihat dari masa lalu gua!! wkwkwk.....

Tetapi gua bukan lah orang yang se-maniak itu. Setelah kira-kira satu angkatan jurusan gua sudah mengenal gua (PR dan Broadcast), dan banyak dari mereka yang sudah mengajak gua ikut nimbrung dalam hal "perayaan ultah", makan bareng, nonton bareng, dll, gua pun sekarang merasa kalau gua sudah mau pensiun. Gua sudah merasa capek untuk mengejar ke-eksis-an tersebut. Gua seperti ingin bilang "cukup, dan mari lanjutkan hidup." Karena ini sudah menyeimbangi batin gua, dengan mengetahui dan merasakan kalau gua setidaknya sudah dianggap 'ada' di dalam dunia ini. Yup, kerja keras gua yang walau awalnya itu sangat lah tetap penuh tekanan (seperti diledeki, dikatai, dll), tetapi sekarang gua sudah bisa bilang kalau gua sudah sukses!

Dan sekarang yang harus gua lakukan adalah, fokus untuk kepergian gua ke Bali pada Bulan Juli nanti. Benar-benar harus menjaga kesehatan nih! Salah satunya adalah dengan tidak terus pulang malam!! :p

Thanks God
Gbu

N.B: Nama orang-orang yang sekarang ini sudah membuat gua menjadi terus pulang malam adalah: Leo, Juliantara, Budiman, dan Angga. Cukup mereka yang benar-benar sudah menggilakan kehidupan gua sekarang! Wew!!

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath