Tentang Film "STOKER"

Akhirnya muncul juga sebuah film ber-genre Thriller Psikologis berikutnya karya seorang sutradara ternama Chan-wook Park, yang pernah menjadi sangat terkenal berkat film Old Boy-nya yang sungguh keren dan mencenangkan pada tahun 2003 tersebut. Dan kali ini Wook Park pun akan bermain di dalam kancah Hollywood, dengan tentunya lewat film yang bakal diisikan dengan beberapa artis Hollywood ternama, seperti yang kali ini ada: Mia Wasikowska, Nicole Kidman, Matthew Goode, dan juga tak lupa untuk Jacki Weaver yang sudah mendapatkan penghargaan di ajang Oscar kemarin.


Adalah Stoker, sebuah film yang diawali dengan sebuah berita duka cita atas meninggalnya seorang suami dan juga ayah, yang tiba-tiba saja tertimpa di dalam kehidupan keluarga Stoker. Dan segalanya pun terasa menjadi ambigu sewaktu munculnya adik dari ayah dan juga suami yang bernama Richard Stoker tersebut. Ia adalah Charles Stoker, seorang pria tampan, yang memutuskan untuk menginap dan sangat diperbolehkan oleh Evelyn Stoker (istri dari Richard). Namun hal tersebut menjadi membuat anak dari Evelyn dan Alm. Richard, yakni: India Stoker, sangat terasa tak nyaman karena kehadiran seorang pria yang baru saja dikenal di dalam keluarga mereka itu.

Dan benar saja, keanehan demi keanehan terjadi. Kita akan melihat segala sesuatunya dari sudut pandang India, yang pada akhirnya telah menemukan suatu hal yang sangat mencenangkan hatinya, dan itu pun akan berlanjut hingga di akhir ceritanya yang akan kita temukan sebuah twist yang benar-benar pas, yang dapat menjelaskan tentang semua kejadian yang sungguh ambigu tersebut.


Disini kita akan dibawa ke dalam pengembangan karakter dari India Stoker yang sebenarnya ia ini adalah seorang wanita yang agak anti sosial, dan juga akan menjadi sangat beringas ketika dirinya sudah diganggu dengan kelewatan batas. Apalagi karena ayahnya selalu mengajarinya untuk menjadi seorang "pemburu", maka kita akan melihat kalau dirinya itu memang sungguh kuat dan bisa menjaga dirinya sendiri. Dan tentu saja, oleh karena karakter dari India itu, maka film ini akan menjadi sangat seru ketika kita sudah melihat kalau akan ada adegan pembunuhan demi pembunuhan, yang sungguh kita akan dibuat mengerti karena kita semua sudah melihat segala sesuatunya dari sudut pandang India, soal kenapa ia bisa menjadi seperti itu.

Namun semuanya memang tak akan berisi tentang perspektif dari India saja, karena dari trailer-nya pun, kita akan melihat sebuah dialog yang sempat dikatakan oleh ibu dari India tersebut, Evelyn. Dialog-nya itu memang sangat menarik, dan dapat membuat sebuah perubahan di dalam kehidupan India. Jadinya porsi setiap pemainnya itu serasa sudah cukup pas, namun tetap lah memang harus didominasi oleh India yang akan menjadi tokoh sentral-nya disini.

Mia Wasikowska memang tak pernah mengecewakan. Di usianya yang sudah beranjak 24 tahun ini, ia memang sudah dipercayakan untuk tampil di dalam film-film yang tentunya sangat berkualitas. Coba saja kita lihat Jane Eyre (yang lagi-lagi dibuat ulang), lalu juga Alice in Wonderland yang sudah melumbungkan namanya tersebut, dan tak lupa untuk Film The Kids are All Right yang sudah mendapatkan penghargaan Oscar. Di dalam Film Stoker pun ia sudah menunjukkan kemampuan akting-nya yang sungguh mempesona dan mencenangkan, sebagai seorang wanita yang pada akhirnya menjadi makhluk yang cukup menakutkan.

Dan selain Mia, untuk seorang Nicole Kidman yang dimana masa kejayaannya memang akan terus terkikis karena usianya yang sudah semakin tua tersebut, ia pun tentunya akan selalu memberikan akting yang luar biasa selain kecantikannya yang entah masih terlihat enak dipandang, padahal dirinya itu sudah hampir menginjak usia 50 tahun. Yap, very proud buat Nicole Kidman yang terus mau untuk terjun di dalam industri perfilman, dan tentunya karena ia selalu mau untuk memberikan yang terbaik di dalam bidangnya tersebut. Karena di Film Stoker ini sendiri pun, Nicole lagi-lagi sudah mengekspresikan satu hal yang sungguh hebat, lewat pengambilan gambar close up yang cukup lama di saat mau mendekati akhir cerita dari film ini. Itu adalah hal yang keren dari sebuah kemampuan yang sudah mapan seorang Nicole Kidman.


Lalu bagaimana dengan Matthew Goode dan Jacki Weaver? Yah mereka juga adalah sang pendukung cerita di dalam film ini. Rasanya memang semua pemainnya itu sudah benar-benar terlihat pas dan tepat. Wook Park memang pintar dalam hal pengambilan para pemain yang mampu untuk menaikkan rating dari filmnya tersebut, sama seperti Film Old Boy dulu.







Yup, sebuah thriller psikologis yang sangat menarik, karya seorang sutradara papan atas, dan berisi banyak pemain yang sudah mapan dalam hal berakting, rasanya memang sudah lengkap semuanya untuk ukuran genre film seperti ini.....

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath