Wednesday, April 17, 2013

Tentang Film "Oblivion"

  Tom Cruise pun kembali datang dengan (tentunya) membawa sejumlah rentetan aksi, yang pastinya akan cukup menghibur bagi para penggemar setianya. Dan kini, setelah ia memerani seorang tokoh yang ada di dalam novel ternama, Jack Reacher, ia pun ternyata akan bermain lagi menjadi seorang pria yang bernama Jack, namun kali ini adalah Jack Harper, seorang mekanik para robot yang sedang berada di bumi pasca kehancuran, yang disebabkan oleh invasi alien.


Oblivion, menceritakan tentang perjuangan kedua orang manusia, yaitu: Jack dan Victoria, yang sedang melaksanakan tugasnya sebagai pengawas terakhir di planet bumi pasca kehancurannya. Dan disini kita akan ditekankan kepada tokoh Jack, yang dimana ia yang harus selalu turun ke lapangan, untuk mencari robot-robot patroli yang rusak (lalu membetulkannya), dan juga mencari tahu akan beberapa hal yang terlihat ganjil. 

Di dalam beberapa momen, Jack yang dimana sudah dihilangkan ingatannya oleh yang menugaskannya (berikut juga dengan Victoria), dengan alasan agar dapat menjaga kerahasiaan para kaum-nya tersebut, ia pun ternyata harus menemukan beberapa kasus yang sangat membuat benaknya menjadi bertanya-tanya. Dan semua itu pun hingga akhirnya sampai pada klimaksnya, disaat jatuhnya sebuah pesawat ruang angkasa, yang dimana sudah membawa beberapa awak yang masih selamat, yang juga salah satunya adalah seorang wanita bernama Julia, yang secara tak sadar sangat dikenali oleh Jack. Semuanya pun berubah menjadi rentetan action yang tak terduga.





Tak disangka, setelah Joseph Kosinski membuat sebuah remake film: Tron Legacy pada tahun 2010 kemarin, ternyata projeknya yang baru kali ini adalah sebuah film Oblivion, yang dikata-kata memang sudah ia rencanakan sejak tahun 70-an. Berarti sudah lebih dari empat puluh tahun, dan akhirnya bisa terealisasikan sekarang.

Dan untunglah, walaupun alurnya terlihat cukup lambat dan dapat membuat beberapa penonton (yang tak terbiasa) malah menjadi mengantuk, film ini pun sebenarnya memiliki banyak nilai plus-nya. Yang pertama adalah dari penggambaran setting-nya yang benar-benar terlihat real sekali, lalu juga dari bentuk animasi-nya yang tak akan terlupakan tersebut, ceritanya yang memiliki twist bercabang, lalu kita juga punya sebuah alunan musik pengantar yang selalu membuat setiap adegan menjadi terasa menegangkan, dan tak lupa juga untuk para pemain yang sudah memiliki nama besar, seperti Tom Cruise, Morgan Freeman, Olga Kurylenko, Melissa Leo, dan Andrea Riseborough. Dengan semua poin plus itu, film ini pun sebenarnya bisa menjadi sangat menyenangkan untuk ditonton. Namun sekali lagi, ini tetaplah sangat sulit untuk diterima oleh para penonton yang kurang terbiasa untuk menyaksikkan film yang beralur lambat.

Yah, walaupun tidak terlalu ditujukan untuk mayoritas kesukaan masyarakat, tetapi bagi kamu yang sangat menggemari seorang aktor ternama, Tom Cruise, lalu juga sebuah cerita yang berbentuk Sci-fi penuh misteri, yang juga dibumbuhi dengan alien, dan action, film ini akan sangat menghiburmu. Hanya saja kita harus memiliki kesabaran untuk mengerti dan juga memahami apa isi yang ingin disampaikan dari film ini.

Thanks
Gbu