Tentang Film "The Croods"

Kisah animasi buatan Dreamworks memang adalah salah satu yang terbaik jika dibandingkan dengan sekelas Pixar, universal, dan juga yang lainnya. Dan jika Pixar di tahun ini akan menampilkan Monster University (lanjutan dari Monster Inc.), maka sekarang pun dapat kita lihat langsung kalau Dreamworks kali ini sudah mempublikasikan satu buah film animasi terbarunya, yaitu: "The Croods".


Sebuah kisah yang ber-setting di jaman purba kala sewaktu masih ada manusia gua dan juga para makhluk yang aneh-aneh, dan kini Dreamworks akhirnya kembali membuktikan kepada masyarakat kalau karya mereka adalah salah satu yang terbaik di tahun ini. Karena coba kita lihat saja, bagaimana cara mereka membuat sebuah lawakan yang benar-benar lucu dan tidak oldish, lalu juga bagaimana cara mereka membuat sebuah pengambilan gambar yang benar-benar terlihat seru, sama seperti waktu di awal cerita, ketika keluarga Croods sedang saling beradu lari dengan seekor burung raksasa hanya untuk mendapatkan satu telor dari burung tersebut, rasanya itu membuat mata menjadi tak bisa berbelok kesana-kemari.

Yup, awalnya itu sudah gua beritahukan, jadinya ada sebuah keluarga yang bernama Croods, mereka terdiri dari Grug , Eep , Ugga , Gran , Thunk, dan Sandy. Mereka berlima adalah para manusia gua yang sedang hidup jauh dari kumpulan manusia purba lainnya. Namun semuanya menjadi berubah ketika Eep, anak perempuan dari Grug dan Ugga, sedang beranjak dewasa. Dan apalagi ketika kehadiran dari seorang pria bernama Guy pun - malah membuat keluarga Croods menjadi sangat lah bimbang.

Bimbang yang dimaksud disini adalah ketika Guy menceritakan mengenai mimpi-nya yang mengatakan kalau Bumi sedang berada di ambang kiamat sementara. Dan itu memang benar-benar terjadi sewaktu lantai yang diinjak keluarga Croods tiba-tiba sajamenjadi terbelah dua, lalu juga daerah sekitarnya menjadi sekejap hancur. Semua itu pun membuat keluarga Croods menjadi harus kabur mencari tempat peristirahatan yang baru, yang padahal Grug sudah mewanti-wantikan keluarganya kalau dunia luar itu sangat lah buruk dan juga kejam, hanya Eep lah yang mulai memperlihatkan kalau ia sedang memberontak kepada semua peraturan ayahnya itu, sehingga membuat hubungan mereka berdua menjadi sedang diambang pertengkaran.

Dan dimulai lah sebuah petualangan yang baru di dalam keluarga Croods, yang kini sambil ditemani oleh Guy. Dan untuk sebuah film animasi, akan ada banyak sekali kejadian-kejadian yang tak terduga, yang memang sangat menarik untuk ditonton berdasarkan kreatifitas dari para pencipta animasi tersebut. Lalu tak lupa juga untuk alur dari cerita ini yang selalu berisi banyak pesan moral, yang ditampilkan dengan tidak menggurui para penontonnya. Yup, hal tersebut memang sungguh menyenangkan untuk ditonton sebagai sebuah tontonan keluarga, apalagi untuk di akhir ceritanya, yang sungguh bisa menitikkan air mata, karena ini memang nyata, yang pernah terjadi di dalam kehidupan banyak manusia, mengenai penyesalan akan sebuah kata "maaf" yang terlambat untuk dikatakan....




Duo Kirk De Micco dan Chris Sanders yang duduk sebagai sutradara dan juga penulis disini, yah mereka memang sudah berhasil menciptakan sebuah kisah yang sungguh menarik, unik, dan bergaya khas untuk ukuran sebuah film animasi. Dan untuk para pengisi suaranya, seperti Emma Stone, Nicolas Cage, Ryan Reynolds, dan yang lainnya, mereka pun adalah salah satu yang menjadi pusat perhatian di film ini (bicara soal nama besar :p).

Jelas-jelas ini adalah masterpiece yang sungguh hebat untuk ukuran sebuah film animasi. Untuk alur cerita, dan pesan moralnya itu pun adalah sebuah satu kesatuan yang paling menyenangkan untuk diikuti. Apalagi untuk satu adegan sedih yang berada di akhir kisahnya, rasanya benar-benar menghangatkan hati sewaktu film ini memperlihatkan kepada semua penontonnya kalau kita semua itu tentunya masih memiliki satu harapan, disaat rasanya sudah tidak ada lagi harapan yang tersisa....

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath