Tentang Film "The Walking Dead" Season 1 & 2

The Shawshank Redemption adalah salah satu film terbaik besutan sutradara Frank Darabont, yang pada akhirnya juga sudah mendapatkan peringkat nomor satu di situs IMDB.com sebagai film dengan rating paling tinggi sampai sekarang. Dan pada tahun 2010, siapa sangka, kalau Frank kembali mencenangkan para penontonnya lewat sebuah film terbaru, yang dibuat menjadi serial televisi yang kini sudah sampai di seasons ke-tiga (dan bahkan akan ada yang ke-empatnya lagi). Film tersebut sudah pasti adalah "The Walking Dead", sebuah film yang akan menceritakan tentang para survivor yang sedang berada di dunia yang penuh dengan zombie-zombie yang selalu siap untuk menyerbu dan memakan daging manusia.


Film yang berasal dari serial komik karya: Robert Kirkman, Tony Moore, and Charlie Adlard, ini, pertama kalinya hadir pada tahun 2010, dan ternyata berhasil mendapatkan respon yang sangat baik di masyarakat. Bahkan film ini pun berhasil menjadi nominator di ajang penghargaan Golden Globes pada tahun 2011 lalu.

Pembukanya sendiri (season 1), menghadirkan enam episode, yang akan memperkenalkan Rick Grimes (Andrew Lincoln), seorang polisi yang tiba-tiba saja harus terbangun dari tidur panjangnya di dalam ruangan rumah sakit, dan mendapati dirinya ternyata hanya sendirian di tempat tersebut. Yang lalu ia pun keluar dan mendapati juga kalau dunia sudah berubah. Sudah banyak mobil-mobil mati yang berserakan, bahkan mayat-mayat yang tergeletak di jalanan. Namun parahnya, ternyata diantara mayat-mayat tersebut tiba-tiba saja ada yang hidup, sehingga membuat Rick menjadi kebingungan bukan main, sampai akhirnya ia bertemu dengan seorang pria kulit hitam yang akan menjelaskan segalanya.

Di tempat lain, yang berada agak jauh dari daerah perkotaan, terdapat juga sebuah kelompok kecil yang sedang bekerjasama untuk bertahan hidup di dalam daerah dekat hutan dan danau. Dan beberapa dari mereka pun adalah rekan dari Rick Grimes sendiri, yaitu: Shane Walsh (John Bernthal), lalu juga istri dan anaknya Rick, yaitu: Lori (Sarah Wayne Callies) dan Carl Grimes, yang mereka bertiga ini sebenarnya sudah mengira kalau Rick telah meninggal, sehingga parahnya, Shane dengan Lori pun akhirnya menjadi sepasang kekasih di dalam kelompok itu.

Rick pun tak tinggal diam saja setelah mengetahui kalau dunia sudah berubah dan mendapatkan kalau istri serta anaknya sudah tak ada di rumah. Dengan cepat, ia pergi menuju kota sambil membawa banyak kebutuhan penting seperti senjata, makanan, mobil, dll. Menempuh banyak halangan, khususnya dari para zombie yang terus berkeliaran, hanya untuk meraih sebuah harapan.


Di dalam season satu ini, kita akan segera diberitahu kalau serial televisi yang akan kita tonton bukanlah serial televisi yang dikhususkan untuk semua umur, melainkan untuk orang dewasa yang tak takut darah dan daging mentah. Soalnya kita akan banyak melihat daging-daging manusia yang terpotong, serta organ-organ penuh darah yang dengan menjijikannya akan ditunjukkan secara frontal di depan mata kita. Jadinya ini akan menjadi film zombie yang tidaklah main-main dalam penggarapannya. Soalnya secara make-up, spesial effect, plus lokasi setting pun sudah dibentuk dengan pas, sehingga kita bisa melihat dunia "walking dead" yang begitu mengerikan.

Dan untuk masalah-masalah yang terjadi di dalam season 1 ini sendiri sebenarnya bukan hanya terdapat dari para zombie yang sedang berkeliaran, tetapi akan ada banyak masalah yang bakal terjadi di dalam kelompok kecil tersebut. Seperti halnya yang berasal dari perbedaan pendapat, sifat, emosi, pemikiran, dll, yang pada akhirnya mampu untuk merusak suasana plus hubungan itu sendiri.

Memang, isi cerita dari season satu ini sungguh sangat menarik. Ada banyak misteri yang proses pemecahannya itu sangat enak diikuti, lalu juga dialog-dialog natural, dan pengembangan karakter para pemainnya sendiri, yang pada akhirnya bisa membuat para penonton menjadi tak mudah untuk melupakan para tokoh yang bermain di film ini. Dan, setelah kita sudah sampai di episode terakhir di season satu ini pun, kita akan mengetahui kalau masih adanya misteri-misteri yang masih belum terpecahkan, yang memang sengaja dilakukan untuk membuat kita menjadi penasaran dan tak sabar untuk menonton di serial berikutnya di season ke-2.




Yang lalu untuk season ke-2, akan ada 13 episode, lebih panjang daripada di season yang pertama. Dan kali ini Rick bersama kawan-kawan akan berada di dalam daerah peternakan, dengan memiliki satu masalah yang baru dan sangat besar, yaitu: menghilangnya seorang perempuan kecil bernama Sophia.

Walau kali ini jauh dari daerah kota, tapi isi cerita pun masih tetap sama menariknya. Kita akan beberapa kali menemukan twist-twist yang sangat menyedihkan, lalu juga beberapa kematian yang bisa dikatakan cukup mengharukan. Lalu kita juga akan melihat dan dapat berpikir sendiri soal arti dari yang namanya "harapan" saat sudah melihat kehidupan dari para tokoh di dalam film ini.

Yah, ini saja yang ingin gua beritahukan soal film "The Walking Dead" season 1 dan 2, yang mampu untuk membuat gua menjadi menonton seharian penuh, bahkan sampai bergadang dan membuat mata gua menjadi agak perih pada waktu sudah sampai di episode yang terakhirnya di season ke-2. 

Namun memang karena sangat menariknya, dan setiap selesai episode pasti selalu saja ada hal yang membuat benak menjadi tak sabar untuk mengetahui kelanjutannya, jadinya jangan sampai kalian mencoba untuk menonton film ini pada waktu malam sebelum keesokan harinya kalian akan bekerja, karena rasa penasaran akan membunuhmu :p.


Ya, ini lah "The Walking Dead". Sebuah film tentang zombie dengan banyak adegan gore yang menjijikkan, lalu juga berisi cerita yang sangat menarik plus menyedihkan. Yang akan membuat kita menjadi berpikir berkali-kali soal arti dari yang namanya "harapan".

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath