Tentang Film "ONCE"

Awal menonton Film Once yang dimana banyak orang sudah mengatakan kalau film ini sangatlah romantis dan juga bagus, gua pun sungguh mempertanyakan sekali, mengapa film yang memiliki cara pengambilan gambar yang kasar dan tak rapih, serta sebenarnya "disturbing" ini menjadi begitu dipuji oleh para pereview film tersebut?? Dan langsung, pertanyaan gua itu pun terjawab pada waktu di paruh kedua film ini, pada waktu sebuah lagu berjudul Falling Slowly sedang dibawakan oleh kedua pemain yang tak pernah disebutkan namanya hingga di akhir cerita. Yup, lagu yang pada akhirnya sanggup untuk memeltingkan suasana itu adalah satu-satunya bagian yang paling kuat disini, yang bahkan Oscar pun mau untuk menjadikannya sebagai pemenang dalam kategori best original song pada tahun 2006 lalu.


Dan cerita dari film ini sendiri berawal dari seorang wanita yang tiba-tiba saja mendatangi seorang pria yang sedang memainkan gitarnya sambil menyanyikan sebuah lagu buatannya sendiri (kalau di Indonesia, ini sudah pasti adalah mengamen). Lalu, karena perempuan ini sangat interest dengan cara bernyanyi dari pria tersebut, ia pun ingin sekali berkenalan dengannya.

Kemudian hubungan mereka berdua pun berlanjut, yang ternyata malah pada akhirnya mampu untuk menciptakan sebuah grup band, karena perempuan ini sendiri juga bisa bernyanyi dan memainkan piano. Dan yang berikutnya, kita akan banyak mendengar lagu-lagu yang bakal dibawakan dengan begitu gemilang oleh kedua pasangan yang sebenarnya kelihatan saling mencintai ini.


Namun, apakah hanya karena lagu berjudul Falling Slowly ini saja kah, yang pada akhirnya mampu untuk membuat cerita dari film ini menjadi kelihatan begitu romantis? Awalnya gua pikir iya, tetapi ternyata tidak. Karena hingga pada waktu berada di akhir ceritanya, gua pun berhasil mendapatkan makna dari film ini yang ternyata begitu menyentuh dan sebenarnya manis. Yah, ini adalah gambaran dari kedua orang yang sebenarnya saling mengingini, tetapi pada kenyataannya, ada satu hal yang harus mereka hormati dan juga jangan sekali pun mengecewakannya. Dan rasanya tidak salah jika ada satu hadiah manis yang sanggup untuk mengingatkan pada mereka berdua, kalau yang namanya "cinta" pernah ada dan hinggap di dalam hati mereka masing-masing.


Yah, walaupun tata pengambilan gambarnya benar-benar membuat gua menjadi sangat tersiksa, tetapi untunglah, ada lagu-lagu yang begitu indah, yang khususnya untuk Falling Slowly, yang benar-benar dibawakan dengan begitu lembut oleh Glen Hansard dan Mark√©ta Irglov√°. Dan tentunya juga untuk makna dari cerita ini, yang sungguh diakhiri dengan begitu manis, dan pastinya tak terlalu mengumbar harapan seperti pada kisah-kisah romantis di beberapa kebanyakan yang bergenre seperti ini.

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath