Tentang Film "FLIGHT"

Awalnya gua merasa tak tertarik saat melihat sebuah cover film berjudul Flight dengan Denzel Washington yang menjadi tokoh utamanya disini (Yah, namanya juga gua kurang nge-fans dengan Denzel hehehe....) Namun, saat gua sudah membaca review orang lain, lalu juga mengetahui kalau Robert Zemeckis lah yang menjadi sutradaranya disini, dimana ia adalah orang nomor satu yang ada dibalik Film Forrest Gump, Cast Away, Polar Express, dan Beowulf dahulu, gua pun dengan cepat segera mencari film terbarunya ini. Dan sampai akhirnya gua mendapatkannya lalu menontonnya, ternyata memang benar semua perkataan dari para reviewer, kalau film ini sangat pantas menjadi nominator OSCAR, khususnya adalah untuk Denzel Washington, yang memang ia juga pantas menjadi nominator OSCAR untuk pemeran pria terbaik disini.


Baik, untuk ceritanya sendiri, kita awalnya akan melihat sebuah kecelakaan pesawat terbang yang akhirnya menewaskan empat orang penumpang dan juga dua orang kru di dalam pesawat tersebut. Dan disini, seorang pilot handal, Whip Whitaker, berhasil membuat pesawat yang sedang mengalami kerusakan tersebut menjadi mendarat di lapangan yang luas sehingga tak menimbulkan banyak korban jiwa. Hal tersebut pun sangat lah diacungi jempol oleh semua orang. Tetapi sayangnya, siapa yang sangka kalau kebiasaan buruk Whip, yaitu alkoholik, ternyata malah membuatnya menjadi tersangka di balik terjatuhnya pesawat itu, yang jelas-jelas para penontonnya sendiri juga sudah tahu, kalau memang ada kerusakan di dalam pesawat tersebut. Namun apa daya, karena saat sedang menjadi pilot sendiri, Whip ternyata malah sedang 'minum' juga, sehingga membuatnya menjadi tercatat di rumah sakit kalau di darahnya ada tersimpan kadar alkohol, sehingga konflik dengan hukum pun terjadi.

Tapi bukan masalah bagaimana Whip bisa kabur dari hukum itu lah yang membuat film ini menjadi spesial. Karena apa yang ingin ditampilkan oleh Robert sendiri di film ini, sebenarnya adalah sesuatu yang lebih dalam, yang dapat menjadi inspirasi dan juga motivasi untuk para pecandu alkohol dan juga pecandu-pecandu yang lainnya. Apalagi cara penyajian dari film ini juga tak dibuat dengan sangat dramatis atau religius seperti beberapa film kebanyakan, sehingga sangat enak untuk ditonton oleh semua kalangan (namun tetap untuk orang dewasa tentunya). 

Dan dengan kualitas akting yang diberikan oleh Denzel Washington sendiri, akhirnya telah membuat film ini menjadi dapat menyampaikan pesan pentingnya tersebut dengan sangat baik. Karena ia berhasil menjadi seorang Hero, yang kemudian menjadi Zero. Walaupun memang rasanya tidak adil pada waktu para penonton nanti akan melihat akhir ceritanya, karena ini tetaplah tentang seorang Whip, yang sedang mencari cara agar ia bisa berdamai dengan dirinya sendiri. 


Yah, sekali lagi Robert Zemeckis telah berhasil menciptakan sebuah film yang sangat bagus untuk ditonton. Khususnya adalah untuk banyak orang yang memiliki berbagai macam kecanduan yang sangat sulit untuk ditinggalkan. 

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath