Tentang Film "CHANGELING"

Bagi seorang ibu, kehilangan anak semata wayangnya adalah hal yang paling menyesakkan dan juga menyakitkan dari banyak hal yang pernah ia alami selama ini. Dan hal ini pun sangat diperlihatkan dengan begitu baik dari seorang aktris papan atas, Angelina Jolie, yang sampai-sampai dirinya berhasil menjadi salah satu nominator Oscar sebagai pemeran utama wanita terbaik pada tahun 2009 lalu.


Adalah kisah hidup dari seorang Christine Collins yang sampai akhirnya membuat seorang sutradara pemenang Oscar, Clint Eastwood, sangat berminat untuk menjadikan kisah luar biasanya itu menjadi sebuah sajian film layar lebar berdurasi sekitar dua jam.

Kisahnya sendiri dimulai pada tanggal 10 Maret 1928, di Kota Los Angeles, pada waktu Christine yang baru saja pulang dari kerja tiba-tiba saja mendapati anak laki-lakinya, Walter, tak ada di rumah dan di sekitarnya, sehingga ia akhirnya memutuskan untuk melapor ke polisi. Namun sayangnya, tindakan polisi setempat pun akan terlihat sangat mengecewakan disini. Karena itu lah, isi cerita yang akan diberikan sebenarnya bukan hanya tentang perjuangan dari seorang ibu yang terus bersikukuh ingin mencari anaknya tersebut, tetapi ternyata ini akan menjadi lebih dalam, karena semuanya akan menyangkut ke hal politik dan hukum, yang sampai akhirnya mampu untuk mengubah tata hukum yang lama di Kota Los Angeles pada waktu itu. Karena dilaporkan juga, kejadian yang menimpa Christine sangat pas dengan keadaan dari kepolisian LAPD yang sudah dicap korup dan brutal saat itu. Dan apalagi, keadaan akan semakin memanas ketika ada polisi yang tiba-tiba saja berhasil menemukan sebuah kasus pembunuhan brutal dari puluhan anak kecil, dan ya, salah satu anak tersebut adalah Walter Collins. Disini Christine akan menjadi tokoh yang sangat penting, karena ia akan mendapatkan banyak hal yang begitu menyakitkan dari setiap tindakan seenaknya dari kepolisian, namun semuanya akan berbuah manis untuk kota-nya tersebut pada akhirnya.



Ini adalah sebuah kisah nyata yang akan banyak mengundang emosi dari para penontonnya. Kita akan cukup melihat berbagai macam bentuk ketidak-adilan, dan itu hanya untuk mencari nama baik di hadapan publik semata lewat pers yang memang selalu menjadi media yang sangat menakutkan di setiap era. Dan untuk seorang korban seperti Christine Collins, kita tak akan pernah menyangka kalau dirinya bahkan sampai dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa hanya untuk mengunci mulutnya yang sudah mau melawan pihak kepolisian lewat menggunakan media massa juga.

Dan sekali lagi, Angelina Jolie disini bukan hanya memberikan nama besarnya saja, tetapi ia memang berhasil memerani seorang ibu yang selalu berjuang untuk menemukan anaknya, yang pada akhirnya Oscar pun benar-benar betul saat berkeputusan menjadikannya sebagai salah satu nominator-nya saat itu.


(Christine Collins)

Yah, inilah Changeling, sebuah kisah nyata dari seorang Christine Collins, yang terus bersikukuh untuk mencari anak semata wayangnya, Walter, yang sayangnya, dikatakan kalau ia tak pernah menemukannya. Namun seperti kata dari seorang pastor dari film ini, kalau Tuhan bekerja dengan cara yang begitu misterius, yup, siapa yang sangka kalau Christine akan menjadi seorang tokoh yang sangat berperan besar untuk mengubah tatanan hukum kota-nya yang sudah bobrok saat itu. Walaupun ia sampai didera banyak sekali siksaan, seperti dipaksakan masuk ke dalam rumah sakit jiwa, tetapi tak akan ada yang menyangka, kalau harapan serta jiwa yang kuat-sungguh ia miliki di dalam kehidupannya saat itu. Dan Angelina Jolie mampu memperlihatkannya dengan sangat baik di hadapan para penonton lewat film karya Clint Eastwood ini. Hebat!!


Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath