Tentang Film "CARNAGE"

Jika diantara kalian ada yang cukup menggemari sebuah film yang hanya berlatar di satu lokasi saja seperti pada Film 13 Angry Men dan Dogville (kalau yang ini sih sudah seperti di panggung teater dah), ya, jika ada diantara kalian yang sangat gemar dengan kedua film ini, pasti lah kalian juga akan sangat terpukau pada saat menonton sebuah film garapan Roman Polanski, yang dimana ia ini adalah salah satu director jebolan OSCAR lewat sebuah film berjudul "The Pianist"-nya yang sungguh menyentuh batin tersebut. Dan langsung saja, film berlatar kecil yang akan gua ceritakan disini adalah.........


Film yang berasal dari sebuah aksi panggung karya Yasmina Reza, dengan judul "God of Carnage" ini, sebenarnya memiliki jalan cerita yang terlihat sederhana di awalnya, namun ternyata berlanjut ke sangat lah rumit pada waktu sudah mencapai adegan yang akan membahas mengenai konflik pertama, hingga akhirnya berlanjut ke konflik-konflik berikutnya. Dan hal tersebut benar-benar dibawakan secara gemilang oleh keempat tokoh utamanya (dan memang hanyalah mereka berempat yang main disini), yaitu: Jodie Foster, Cate Winslet, Christoph Waltz, dan John C. Reilly.

"Sangat seru!" Itu lah pendapat pribadi gua mengenai film yang sampai membuat Cate Winslet dan Christoph Waltz menjadi nominator dalam ajang penghargaan Golden Globe pada tahun 2012 kemarin. Soalnya siapa yang sangka, kalau di dalam setting yang sempit, yaitu 98 persennya hanya berada di ruang tamu, dan juga, yang padahal pada awalnya para pemainnya disini hanya akan membahas mengenai masalah pertengkaran dari kedua anak mereka masing-masing, eh ternyata, malah tiba-tiba saja berlanjut ke hal-hal lainnya, yang sangat lah sanggup untuk membuat situasi menjadi memanas sekali, dan itu bakal kita lihat sampai di klimaks-nya setelah sebotol scotch berhasil meluluh-lantahkan akan yang namanya "kesadaran diri".


Dan mungkin, agar tidak mengganggu proses menonton kalian yang memang ingin menonton film ini, lebih baik gua tidak memberitahukan lebih banyak mengenai isi dari film ini. Karena film ini sebenarnya memiliki alur yang cukup rumit, walaupun pada intinya adalah hanya membahas mengenai masalah "pertengkaran kedua orang tua yang sedang membela kedua anak mereka masing-masing". Dan itu akan sangat kalian nikmati sekali pada waktu setiap dari mereka sedang menjudge, meledek, dan menikam setiap pribadi yang sudah menjadi sifat asli mereka. Bahkan lucunya, bukan hanya pertengkaran diantara kedua orang tua yang terjadi, tetapi ada juga pertarungan dari para istri ke kedua suami mereka sendiri. Dan itu memang sangat menyenangkan untuk dilihat pada waktu setiap perkataan dan juga persepsi dari mereka pribadi masing-masing sebenarnya bisa menjadi bumerang yang sungguh kasar.

Coba kita lihat sejenak, untuk Christoph Waltz dan Cate Winslet (bermain menjadi Alan dan Nancy Cowan), mereka ini adalah salah satu pasangan suami istri yang bisa terbilang "memiliki pekerjaan yang sangat selalu membuat mereka sibuk", seperti Christoph, yang adalah seorang pengacara handal, dan juga Cate Winslet yang hampir serupa dengannya. Lalu tiba-tiba saja, mereka berdua musti berhadapan dengan pasangan suami istri dari Jodie Foster dan John C. Reilly (bermain menjadi Penelope dan Michael Longstreet), yang dimana Jodie disini bermain menjadi seorang tokoh yang memiliki unsur sosial yang tinggi, sedangkan John, ia hanyalah pekerja biasa. Dan dengan setiap karakter yang berbeda, yang sungguh sebenarnya pendalaman karakter dari mereka masing-masing itu sudah seperti pil yang telah larut, mereka berempat pun seakan sudah memperlihatkan kepada para penonton, kalau memang lah orang dewasa harus cukup pintar untuk "bermain dengan sesamanya", jangan sampai mengucapkan perkataan yang membahas mengenai hal yang annoying mengenai lawan main-nya, atau tidak, yaa...... pertengkaran keempat orang dewasa ini akan menjadi nyata di dalam kehidupan kalian. Yah, walau sebenarnya juga film ini akan membahas lebih mendalam dari itu.


"Menyenangkan, menghibur, mengena, dan keren!!" Satu lagi pendapat pribadi gua mengenai film ini, yang benar-benar menjual sekali akan yang namanya "kualitas akting"dan juga "isi naskah", ketimbang tampang, walaupun paras cantiknya Cate Winslet memang akan menjadi pemanis disini, menutupi kedua pria yang bermuka kasar itu. 

Dan intinya adalah, setelah kalian semua menonton keseluruhan jalan cerita dari film ini, kalian pun akan mengetahui mengapa "Carnage" lah yang menjadi judulnya. Karena memang selain kalian bakal melihat beberapa konflik yang menarik tentang hubungan secara interpersonal disini, kalian sendiri juga bakal menemukan "hal-hal yang telah terjadi di dunia ini". Yup, walaupun bersetting kecil, tetapi Carnage memiliki isi yang sangat luas. Dan semua itu berhasil dibawakan dengan apik oleh keempat pemain terbaik disini.

Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath