My New Year's Eve For 2013

Welcome 2013!! Hampir pukul dua pagi setelah nomor 31 di kalender telah berubah menjadi 01 (kembali) di sebuah negara bernama Indonesia ini. Pada akhirnya, setelah ada banyak sekali suara gaduh di luar sana, ya, seperti suara terompet dan kembang api yang pastinya sudah ada jutaan rupiah yang terbakar dengan indah-nya di atas sana, kini pun akhirnya gua bisa menulis di dalam kamar gua sendirian dengan tenangnya. Yup, itu berarti-"My New Year's Eve"-pada kenyataannya adalah: gua habiskan di dalam rumah tercinta gua saja. Sama sekali dan tidak sedikit pun pergi kemana-mana. Dan hal ini hampir sama seperti tahun lalu, yang dimana gua hanya menghabiskan waktu dengan sendirian saja, namun bedanya, waktu itu gua putuskan untuk pergi ke Bioskop menonton film Midnight.

Hahaha.... setiap orang memang punya cara yang berbeda-beda dalam hal "merayakan hari pergantian tahun" seperti sekarang ini. Kalau di Indonesia, ada yang nonton konser megah di Bunderan HI, lalu juga di Ancol, yang kita pun dapat menyaksikannya di beberapa saluran TV. Kemudian, ada juga yang melakukan BBQ bersama keluarga, dan teman-teman mereka (seperti beberapa teman gua). Dan tak lupa juga kalau ada yang memutuskan untuk pergi keluar negeri atau keluar kota untuk dapat melihat dan merasakan "suasana yang berbeda" di malam tahun baru. Dan hal tersebut pun dilakukan oleh Nyokap, adek, enci, dan suami dari enci gua, dimana pada siang hari ini mereka memutuskan untuk pergi ke Bandung, dan akan pulang kira-kira sore atau malam esok.

Yup, di dalam rumah tercinta gua ini, yang terletak di Villa Taman Bandara blok B11 no 5, Dadap, Tangerang, Banten, hanya ada gua sendiri yang sedang menikmati pergantian tahun..... :D

Namun hal tersebut bukan berarti gua tak diajak siapa-siapa ya untuk merayakan bareng. Karena plan pertama, gua diajak untuk pergi ke Bekasi bersama teman-teman kampus gua, Vika, Andry, The, Minleh, dll. Lalu, secara tiba-tiba Nyokap gua bilang kalau hari ini keluarga kami pada mau pergi ke Bandung, yang betul-betul sangat buat gua jadi kaget. Nyokap gua sih kasih gua kebebasan mau ikut atau tidak karena masalah "tiba-tiba" itu. Dan gua sejujurnya mau banget, karena ini kan "Acara Keluarga". Tapi, memang sudah kebiasaan gua, saat ada pilihan berat datang, beberapa kali gua putuskan untuk tidak ikut keduanya saja. Dan sebenarnya bahkan, gua juga sempat diajak pergi nonton dan ditraktir makan sama Angga, Budi, lalu juga ada teman gereja yang mengajak BBQ. Semua itu gua tak hadiri. Kali ini gua memang merasa ingin sendirian saja. Dan tentu saja gua sangat menikmatinya tadi :D.

Oh ya, sebelum gua lanjutkan soal "apa saja yang gua lakukan" di malam tahun baru, daripada gua nanti bakal dikira "anti sosial", mari kita flashback soal apa saja yang pernah gua lakukan di malam tahun baru sejak dulu. Hmm.... yah kalau boleh jujur sih, sejak kecil sampai selesai SMP, gua juga sendirian saja merayakannya (soalnya gua masih belum punya teman main dulu hehe :( ). Kemudian, sejak SMA, gua pun langsung diajak keliling Kota Jakarta Utara dan makan Seafood secara FREE bersama Yoel dan enci serta mantan pacar enci-nya. Benar-benar sebuah kesenangan yang sangat gua inginkan sekali waktu itu. Yah namanya juga anak yang gak pernah diajak pergi kemana-mana sama temannya, eh tiba-tiba saja langsung kongkow gitu hahaha.... Walaupun waktu itu sampai macet sekali jalanannya, tapi feel have fun-nya sungguh luar biasa!

Next, gua pun sempat merayakannya di gereja sampai pukul 2 pagi (kalau tak salah). Lalu lalu, tak lupa juga kalau gua sempat BBQ-an, dan keliling beberapa tempat yang tak jauh dari Dadap, seperti Citra, Palem, dll, kemudian menginap sampai pagi di rumah salah seorang teman gua, Sellavianti. Walau gua sama sekali tak tidur waktu itu, tapi sekali lagi, gua HAVE FUN! Hahaha....

Nah, sejak setelah gua merasakan semua hal itu, entah, sepertinya gua sudah dipuaskan oleh "apa yang gua harapkan sejak kecil" yang tak pernah diajak kemana-mana sama teman gua ini. Sehingga, pada saat ingin menuju ke Tahun 2012 kemarin, akhirnya gua sama sekali tak keberatan jika harus pergi nonton sendirian saja di Bioskop. Sampai untuk sekarang, gua sudah merasa "tak perlu lagi ajakan seorang teman untuk pergi merayakan pergantian tahun ini bareng-bareng". Walau gua juga masih punya pikiran "ingin", tapi ya, tak terlalu besar deh.

Dan sebenarnya, ada satu hal yang begitu memicu gua sekali untuk ingin "sendirian" saja di malam ini, di rumah tercinta gua ini. Yaitu: mengenai 'masalah perasaan'. Jika bisa dibilang hari ini adalah puncak dari segala kepedihan gua, sepertinya memang seharusnya bisa juga. Karena semenjak keluarga gua sudah pergi, gua seakan hanyalah seonggok sampah tadi, yang hanya tiduran terus di dalam kamar, dan kadang di sofa ruang tengah, memikirkan betapa bodohnya gua akan beberapa orang yang sudah sangat menyakiti hati gua. Dan maaf, gua tak bisa beberkan disini. Yang pasti, tadi itu gua sudah banyak mengetik SMS, BBM, dan menunggu dengan tak sabarnya untuk segera direspon oleh mereka yang "jahat" tersebut.

Memang ini lah gua. Jika gua sedang dihancurkan oleh satu orang, gua pun akan langsung merasa "sekalian saja untuk orang-orang yang lainnya, yang memang punya masalah sama gua". Apalagi untuk di akhir tahun ini, yang dimana gua sangat inginnnnnnnn "berbaikan" kembali dengan salah satu orang yang sungguh "kejam" terhadap gua hingga tadi itu. :(

Dan semua kepedihan gua itu pun berakhir setelah gua mandi. Entah, seperti gua musti kembali "menjaga kondisi badan gua" dan otak gua sendiri seakan langsung "lurus ke depan", memikirkan masa depan gua seperti "masalah pekerjaan, kuliah, dan lain-lainnya". Lalu, dengan menggunakan motor gua, gua pun langsung memutuskan untuk membeli banyak makanan dan minuman di toko.


Ini bisa dibilang sebagai "kebiasaan gua sejak kecil". Makanan dan minuman yang manis-manis dan enak ini (walau kali ini ada alkohol-nya sedikit hehe), semua itu adalah hal yang paling menyenangkan untuk gua kini di kala malam sudah datang. Ngemil-ngemil dengan harapan dapat membuat badan gua menjadi gemuk, dan nyatanya masih belum tercapai harapan tersebut, adalah hal yang pas untuk gua bisa melewati malam tahun baru ini! Apalagi disaat gua tahu kalau di beberapa channel TV ada film-film hollywood terkenal seperti AVATAR, GI JOE, dan yang paling keren: SALT!! Gua pun langsung menghabiskan detik-detik terakhir tersebut dengan duduk di sofa, setel TV, dan ngemil-ngemil.

Beberapa orang mungkin berpikir, kalau gua sudah menjadi "orang yang sungguh menyedihkan" karena melewati pergantian tahun ini dengan hal-hal seperti manusia tanpa teman tersebut, seperti waktu gua masih kecil tentunya. Namun, setelah otak gua berjalan lurus, dan tiada lagi harapan yang membentang mengenai "harapan akan berkumpul rame-rame" dan lain-lainnya, sebenarnya gua pun berpikir, "betapa enjoy-nya dah tadi! Sungguh hal yang bodoh jika selama bertahun-tahun dulu itu gua sangat ingin pergi bersama teman-teman gua, yang bahkan, gua juga selalu menganggap kalau diri gua itu lonely, dan sebagainya yang buruk-buruk ckckck...."

Yup, dengan sangat bangga gua akhiri tahun 2012 kemarin dengan hal yang belum gua lakukan di malam tadi. Walau gua sama sekali tak membuat "resolusi" atau "dream book" untuk tahun 2013, tapi karena gua yang memang sangatlah malas orangnya, jadi gua tetep enjoy aja dah haha. Namun-namun, ada satu hal yang terpenting yang memang musti gua rubah di tahun 2013. Dan ini mengenai "masalah perasaan" yang sudah gua bahas tersebut. Yang sepertinya gua sudah membuat persentase mengalirnya perasaan gua itu sebanyak 60 persen di tahun 2012 kemarin, ketimbang masalah "meraih impian" gua. Padahal seharusnya seimbang, yaitu: 50:50. Tetapi mungkin gua akan membuatnya menjadi 40:60 untuk tahun 2013. Atau kalau bisa malah masalah perasaan ini harus sangat dibelakangi saja, sehingga gua bisa jadi seperti robot tanpa perasaan nanti. Yah, kita lihat saja deh, setelah gua bangun tidur di tanggal 01 Januari 2013 ini, yang entah bakal jam berapa bangunnya dah hahaha....

Okeh, sepertinya itu saja yang ingin gua bagikan untuk "apa yang sudah gua lakukan di malam pergantian tahun kali ini". Dan untuk malam tahun baru yang berikutnya, gua harap sih bisa merayakan bersama "orang terkasih" :p.



Thanks
Gbu

N.B: Thanks buat Trans TV karena malam ini benar-benar full of film yang bagus! Dan walau sedikit telat beberapa menit, tapi setidaknya masih terbilang "on time" deh waktu tayangnya. Love it!!! :D

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath