Tentang Film "SINISTER"

Satu hal yang membuat gua menjadi tertarik untuk menonton Film Sinister ini adalah dari barisan nama Produser-nya yang dimana pernah juga membuat Film Insidious dan Paranormal Activity yang memang sanggup menimbulkan sebuah ketakutan di dalam diri penontonnya. Dan untuk kali ini, disaat gua sedang menonton Film Sinister yang disutradarai oleh Scott Derrickson tadi, sungguh, akhirnya muncul juga aroma yang mengerikan mengenai makhluk supranatural atau hantu, yang sudah lama gua cari-cari di dalam film yang bertemakan horror belakangan ini.


Ya, sejak awal film ini dimulai, Sinister sudah memberikan sebuah gambaran yang cukup mengerikan mengenai satu keluarga yang digantung di atas pohon yang direkam dengan menggunakan kamera super 8. Yang lalu, berikutnya adalah pengenalan akan sebuah keluarga yang baru pindah ke rumah tempat keluarga tadi dibunuh secara misterius tersebut.

Ellison Oswalt, adalah seorang penulis yang sedang mengalami kebangkrutan dan dilupakan di mata masyarakat setelah sudah sekian lamanya ia tak menuliskan sebuah buku lagi. Dan demi mendapatkan masa lalu-nya yang pernah tenar tersebut, ia rela membohongi keluarga-nya mengenai pembunuhan di dalam rumah itu dengan tujuan mencari sebuah inspirasi untuk dapat membuat sebuah buku yang bertemakan misteri.

Hingga saat ia sedang berada di dalam loteng rumah-nya, dan menemukan sebuah kotak yang bertuliskan "home video", barulah Film Sinister ini akan mulai memberikan banyak sekali adegan yang sangat menakutkan yang berasal dari beberapa video pembunuhan yang entah siapa yang telah merekamnya, dan mengapa video tersebut muncul begitu saja disana.


Tak ada embel-embel lain, atau sub plot-sub plot lainnya disini, karena setelah Ellison menemukan rekaman-rekaman yang mengerikan itu, film ini akan langsung fokus ke kejadian yang masih berupa misteri menakutkan tersebut.

Yang kemudian, penjelasan demi penjelasan pun diberikan. Seperti pengenalan akan sebuah makhluk yang bernama "Bughuul", dimana makhluk ini hampir sama seperti cerita boogeyman yang suka menculik anak kecil. Tetapi, sayangnya makhluk yang selalu tampak buram di setiap rekaman pembunuhan tersebut memiliki kisah yang lebih dalam dan mengerikan ketimbang menculik anak kecil dari bawah tempat tidur.


Walau gua setidaknya bisa sedikit menebak beberapa misteri dari film ini, tetapi tetaplah, atmosfer gelap-nya itu bisa terbilang lumayan besar untuk memberikan pada gua banyak ketakutan ketika sedang menonton adegan demi adegan dari film ini, khususnya untuk beberapa video pembunuhan yang memanglah paling terutama untuk membuat bulu kuduk berdiri. 


Thanks
Gbu

N.B: Dan tak akan gua lupakan, kalau aksi dari Ethan Hawke juga sudah berhasil maksimal disaat sedang menjadi bagian dari teror mengerikan tersebut.

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath