Tentang Film "Jack Reacher"

Tom Cruise is BACK!! Sangat menyenangkan ketika bisa melihatnya kembali bermain di dalam sebuah film yang memang akan selalu bagus kodrat-nya. Tentu saja, soalnya Tom Cruise ini bisa dikatakan sebagai salah satu aktor papan atas, berbintang, yang sangat banyak dinanti oleh masyarakat, dan tentunya memiliki pengaruh yang cukup signifikan di seluruh dunia, di dalam dunia perfileman.

Kini pun, setelah perannya sebagai agen rahasia yang selalu terbentur kepalanya (di Mission Impossible: Ghost Protocol), untuk menutup akhir tahun 2012 yang penuh dengan hujan ini, ia bakal bermain menjadi seorang mantan tentara, dengan memiliki sebuah kemampuan selidik yang mantap, dan pastinya mempunyai ketangkasan dalam berkelahi yang keren. Ya, sekarang ia adalah "Jack Reacher". Seorang pria dewasa yang akan memecahkan suatu permasalahan yang sungguh sangatlah rumit untuk disaksikan.


Dengan pembukaan yang dimana ada seorang penembak jitu, yang dengan hati dinginnya-langsung menembak mati lima orang pejalan kaki, film ini pun langsung memberitahukan kalau ada penjebakan terhadap 'tersangka yang salah' bernama James Barr, yang ternyata ia langsung meminta kepada para penyelidik untuk memanggil Jack Reacher. Seseorang yang malah muncul dengan sendirinya di dalam kantor polisi dan membuat kebingungan banyak orang, beserta sang pengacara dari James Barr ini, Helen Rodin (Rosamund Pike).

Setelah itu, seperti akan ada banyak sekali kebingungan atau misteri dari benak penonton, yang akhirnya dapat dipecahkan satu persatu, film ini pun akan segera memperlihatkan secara jelas tentang kedok asli dari kasus pembunuhan yang telah terjadi tersebut. Yang memanglah pada pertengahan film, baru film ini mulai kelihatan lebih seru dan menarik, setelah para penonton pada waktu sebelumnya harus memakan habis cukup banyak dialog-dialog yang cukup membosankan (walau sebenarnya penting juga agar dapat membuka misteri yang ada secara perlahan-lahan). Dan pengenalan akan siapakah Jack Reacher ini pun bakal mulai terlihat. Dari betapa banyaknya pengalaman yang sudah ia miliki mengenai cara memukul, menembak, menyelidik, bahkan mengemudi (yup, akan ada aksi kejar-kejaran dengan mobil juga disini).


Namun, walaupun sudah ada banyak kepuasan yang gua dapatkan, dari cara bermain detektif-detektif-an-nya yang menarik tersebut dan juga action-nya yang sudah pasti keren, tetapi gua pun sebenarnya juga memiliki rasa kekecewaan terhadap 'belum diberitahukan secara tuntas-nya' soal siapa dan juga motif dari kedua tokoh terakhir (yang sudah menontonnya pasti tahu). Padahal untuk pengenalan akan para korban saja malah para penonton akan diperlihatkan secara pas. Tetapi memang sangat disayangkan, kenapa harus menyisakan lagi sebuah misteri, yang sebenarnya hal tersebut adalah salah satu momen yang juga ditunggu oleh para penonton, khususnya yang seperti gua ckckck....

Lalu yang terakhir untuk Christopher Mcquarrie, hmm.... walaupun filmnya yang di-adaptasi dari sebuah novel berjudul "One Shot" karangan Lee Child ini sebenarnya masih belum terlalu sempurna, tetapi tentunya ia ini pun masih bisa terbilang sudah memberikan sebuah suguhan film yang 'pas', untuk dapat menutup akhir tahun ini dengan sebuah aksi yang memukau dari Tom Cruise, yang sedihnya sekarang sudah bisa setahun sekali kita dapat menikmati kemunculnya di dalam dunia perfileman.


Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath