Tentang Film "The Possession

Gua sama sekali tak menyangka, kalau ternyata film yang disutradarai oleh Ole Bornedal ini cukup menarik untuk ditonton. Bukan hanya karena berdasarkan dari kisah-kisah nyata tentang kutukan dari kotak dibbuk yang telah beredar di negara tersebut, tetapi juga dari eksekusi tampilan film yang akhirnya ada beberapa adegan yang berhasil buat gua jadi ngeri (soal hantu).


Ya, The Possession ini dibuka dengan sebuah kutukan yang akhirnya membuat seorang nenek tua menjadi terluka parah. Yang lalu, diperkenalkanlah sebuah keluarga yang dimana ada dua orang anak perempuan yang cantik, yang memiliki orang tua yang sudah bercerai. Kemudian, ternyata keluarga dari nenek tua yang tadi terluka parah itu berkeputusan untuk melelang semua perabotan yang ada di rumah-nya. Hal tersebut membuat keluarga yang sedang melewati proses perpisahan ini menjadi mendatanginya untuk membeli beberapa barang. Nah, pada waktu salah satu anak perempuan bernama Em (Natasha Calis) merasa terpikat dengan sebuah kotak yang memiliki ukiran-ukiran aneh, lalu juga, ayahnya, Clyde (Jeffrey Dean Morgan), memperbolehkannya membawa pulang kotak tersebut, yup, baru dimulai lah sebuah teror yang mengerikan di dalam keluarga dari Em ini.

Awalnya, setelah Em berhasil membuka kotak itu seorang diri di dalam kamarnya, tak ia sangka, kalau seakan ada sesuatu yang merasukinya. Yang pada akhirnya membuat ia menjadi terus memandangi kotak yang di dalamnya berisi benda-benda aneh. Lalu juga membuat ia keesokan harinya merasa menjadi seseorang yang berbeda, yang bukanlah seorang anak perempuan yang bawel dan doyan sekali dengan protes akan pembunuhan binatang. Tetapi ia menjadi selalu murung, dan bahkan sampai melakukan kekerasan terhadap teman sekolahnya.

Kemudian, pada waktu ayahnya merasakan kalau ada sesuatu yang aneh terhadap anaknya ini. Ia pun segera memeriksa soal keberadaan dari kotak yang terus saja Em minta itu. Yang ternyata, saat ia menanyakan ke seorang profesor, ternyata kotak tersebut memiliki sebuah kisah yang cukup mengerikan. Dimana ia bernama kotak dibbuk, yang berarti: kotak yang digunakan untuk mengurung roh-roh yang sudah mati, baik itu roh putih maupun roh hitam. Dan sayangnya, kotak dibbuk yang sudah dibuka oleh Em tersebut berisi roh hitam, yang pada akhirnya sangatlah mengganggu seluruh kehidupannya.


Kalau boleh jujur, kita akan sangat menikmati film ini di pertengahan jalan ceritanya ketimbang di awalnya tersebut. Karena saat di pertengahannya, kita dapat melihat langsung akan teror-teror yang cukup mengenaskan di dalam kehidupan Em. Yang lalu juga, kita pun dapat melihat soal munculnya sebuah penampakan mengerikan di dalam tubuh Em yang secara "X-ray" di dalam rumah sakit. Dan hal tersebut tak akan pernah gua lupakan, soalnya itu adalah bagian yang paling menakutkan disini.


Rupa hantu-nya memang cukup mengerikan, sama seperti poster dari film ini yang menampilan sebuah tangan yang keluar dari dalam mulut seorang anak perempuan, yang mungkin, poster tersebut adalah satu-satunya poster yang paling mengerikan di tahun 2012 ini.

Okeh, walau bukan horror yang terbaik yang selama ini gua tonton, tetapi it's oke lah untuk dijadikan sebagai hiburan semata. Khususnya saat melihat penampilan dari Natasha Calis yang setidaknya sudah berhasil menjadi anak yang sedang terpengaruh dengan kekuatan setan, yah, cukup enak dilihat lah hehe.... :)


Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath