Tentang Film "Paranormal Activity 4"

Kathryn Newton, atau jika di Film Paranormal Activity 4 ia bernama Alex, mungkin hanya dia lah satu-satunya perempuan yang memiliki wajah yang begitu cantik, yang mampu membuat banyak penonton laki-laki menjadi begitu terpesona dan selalu nyaman ketika memandanginya saat sedang beradegan. Gua ngomong hal seperti ini di paragraf pertama, tentunya karena baru kali ini gua menemukan seorang aktris di Film model Mockumentari yang benar-benar begitu enak dipandang. Ternyata faktor face itu memang sungguh kuat sekali di dalam dunia perfileman yah hahaha....


Oke, sekarang mari kita berbicara mengenai sebuah franchise yang akhirnya sampai juga di bagian yang ke-empatnya. Dan akhirnya juga, segala teka-teki pun sudah banyak sekali terjawab setelah sebuah serangan dari sesuatu yang secara spiritual mampu menghancurkan kehidupan dari sepasang kekasih di dalam rumah mereka itu. Yang lalu, khusus di bagian yang ke-empat ini, kita akan lebih jelas lagi mengetahui mengenai sebuah kekuatan yang berasal dari si iblis, yang dimana ada sebuah keluarga yang dengan nekat-nya bermain-main dengan kekuatan tersebut (hal ini dapat kita lihat di bagian ke-tiga). Hingga sampailah dua tahun kemudian, setelah Katie yang kesurupan dan ia membawa pergi seorang anak laki-laki, bernama Hunter.

Kisah pun dimulai dengan memperkenalkan sebuah keluarga terlebih dahulu, yang kita sudah ketahui, kalau mereka akan mendapatkan serangan spiritual di rumah mereka itu. Ada seorang remaja perempuan, bernama Alex, yang hidup dengan kedua orang tua utuhnya, dan juga seorang adik laki-laki yang begitu manisnya, bernama Wyatt. Mereka pun menemukan kalau ada tetangga baru yang berada di depan rumah mereka. Dimana ada seorang anak kecil, bernama Robbie, yang begitu anehnya selalu berjalan kesana-kemari. Dan malah, anak tersebut pernah masuk ke dalam halaman rumahnya keluarga Alex.

Hingga pada suatu hari ternyata ibu-nya Robbie kedapatan sakit dan dibawa dengan memakai ambulance. Dengan senang hati, keluarga Alex menerima Robbie untuk dititipkan sementara waktu di dalam rumah mereka. Yang namun, keputusan mereka tersebut ternyata malah membawakan sebuah mimpi yang sangat teramat buruk! Yang tanpa mereka sadari, sebenarnya ada satu hal yang telah mereka lakukan di jauh-jauh hari, sehingga kejadian menyesakkan tersebut pun muncul (yup, akan ada twist yang cukup menarik, yang akan kita saksikan nanti).


Banyak orang yang bertanya-tanya sewaktu munculnya trailer dari serial yang ketiga film Paranormal Activity ini. Soalnya mereka sama sekali tak menemukan adegan dimana ada kedua anak perempuan yang sedang bermain sebuah permainan mistis bernama "Bloody Mary". Dan hal tersebut ternyata terjadi lagi di serial yang ke-empat ini. Yang ternyata oh ternyata, trailernya itu yang dimana Alex sedang memperlihatkan seseorang di bawah rumahnya, yang lalu terjadi hal-hal yang begitu mengerikan, yah.... itu juga tak akan kita temukan saat sedang menonton film ini. Karena memang hal tersebut hanya dijadikan sebagai teknik marketing aja, untuk memperlihatkan sebuah trailer yang seru dan menarik hahaha....

Lalu, untuk serangan-serangan spiritual dari film ini, mungkin kita akan merasa bosan karena hal-hal seperti munculnya bayangan, pintu terbuka tertutup, itu masih saja berlaku di franchise yang ke-empat ini. Tetapi tenang saja. Dengan mencoba beradaptasi dengan teknologi-teknologi yang baru sekarang, kita tak akan melihat lagi video-video yang terpasang secara cctv. Melainkan lewat dari aplikasi video di laptop, lalu juga skype, dan yang terakhir, lewat video yang isinya penuh dengan sensor dari kinect Xbox. Yah, walau sebenarnya hal-hal baru ini tak dapat kita nikmati seutuhnya menurut gua.

Mungkin teror dari film yang ke-tiga lah yang sangat gua sukai. Lalu juga teriakan bombastis dari Katie yang begitu menyeramkan di yang pertama. Dan untuk keseluruhannya, gua sebenarnya sangat menyukai jalan ceritanya saja. Itu lah yang memuaskan gua di franchise yang sempat mendapatkan keuntungan lebih dari setengah milyar dollar ini.

Yah semoga saja, masih ada yang kelima. Dan kalau bisa langsung diperjelas semuanya, dengan tentunya memberikan seorang aktris yang enak dipandang seperti Kathryn Newton hehehe.... (semoga saja dia masih ada di serial yang berikutnya. Please!)


Thanks
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath