Tentang Film "Old Boy"

Setiap film yang "tragis" pastinya memiliki caranya masing-masing untuk dapat menunjukkan unsur yang sangat mengerikan tersebut. Dan untuk sebuah film yang disutradarai oleh Chan-wook Park, yang pernah tampil pada tahun 2003 lalu, mungkin bisa gua katakan sebagai salah satu film yang memiliki jalan cerita yang dari awal hingga akhirnya benar-benar sangat tragis sekali!


Yup, Old Boy memiliki kepenuhan cerita dengan tujuan untuk menghentakkan otak para penontonnya. Hal ini bisa dilihat pada waktu sebuah misteri yang diberikan di awal film ini. Dimana ada seorang laki-laki bernama Dae-su Oh yang harus disekap di dalam sebuah ruangan selama 15 tahun tanpa pernah diperbolehkan keluar dari ruangan tersebut, dan juga tanpa pernah tahu mengenai alasannya mengapa. 

Yang lalu, setelah ia ternyata diperbolehkan untuk keluar setelah dihipnotis hingga ia akhirnya berada di atas atap sebuah bangunan, ia pun segera mencari tahu mengenai semua misteri yang sudah membuatnya menjadi sangatlah marah dan ingin membalas dendam tersebut. Dan untuk proses pencahariannya ini, ia juga ditemani oleh seorang gadis belia bernama Mi-do.


Maaf, tapi gua tak bisa memberikan banyak sinopsis tentang film ini. Soalnya seperti tong yang sedang kosong, lalu diisi dengan air hingga menjadi penuh, itu lah jalan cerita dari film yang sudah menjadi salah satu film korea yang sangat menghebohkan di seluruh dunia ini.

Coba kita lihat, hmm.... soal kenapa film ini gua katakan tragis, ya saat kita nanti sampai di akhir ceritanya, ada satu twist yang benar-benar sanggup untuk mencenangkan otak dan hati kita sendiri. Itu adalah hal yang dapat membuat kita berpikir mengenai "betapa tragisnya nasib dari Dae-su Oh ini" yang sudah dibuat sedemikian pintarnya oleh sang pelaku yang sebenarnya berasal dari masa lalunya itu.

Lalu juga untuk cara pembuatan filmnya, kita bisa lihat dari hasil editing dan scoring musik yang bisa membuat film ini ternyata menjadi makin seru dan menarik. Semua itu benar-benar mampu untuk buat gua jadi enjoy, sama seperti pada waktu menonton film-film jajaran hollywood yang sungguh menggelegar itu.

Dan tak lupa juga untuk kualitas akting dari Min-sik Choi yang bahkan sudah banyak melakukan hal-hal yang berani, seperti salah satunya: memakan seekor gurita yang masih hidup. Itu sungguh hal yang buat mata jadi melotot sekali. Yah, namanya juga film untuk orang dewasa....


Okeh, akhir kata, gua merekomendasikan film ini untuk dijadikan sebagai tontonan yang menghibur (untuk dalam pemecahan segala misteri) dan juga tragis (dengan cara yang berbeda tentunya). Semoga saja yang masih memiliki nurani, tak bermimpi buruk setelah menyaksikan sebuah "realita yang terjadi khusus di dalam film ini" :D.

Thanks
Gbu

N.B: Sebenarnya gua sudah mengetahui twist-nya itu dari blog orang lain. Sehingga tadi tak terlalu mengejutkan saat gua mengetahuinya. Cuman, tetap membuat gua jadi gila sendiri rasanya. Yah, yang penting, kalian yang belum menonton film ini, jangan cari tahu dulu ya mengenai kebenaran demi kebenaran film yang berlandaskan misteri tragis ini.... 

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath