Tentang Film "i am sam"

Para artis yang sudah masuk ke jajaran Hollywood memanglah orang-orang yang paling terbaik yang pernah gua temukan. Khususnya untuk para pemain yang sudah masuk ke jajaran atas, sampai akhirnya mereka sudah berumur 40 ke atas, tapi kekuatan yang mereka berikan lewat jalur akting mereka itu masih bisa dikatakan mampu untuk menusuk semua jiwa penontonnya. Dan untuk di Film i am sam, Sean Penn adalah salah satu contoh dari artis Hollywood yang sudah gua katakan itu.

Mari kita lihat perannya di Film yang disutradarai oleh Jessie Nelson ini.


Adalah Sam Dawson, seorang pria yang memiliki keterbelakangan mental, dimana ia seakan hanya memiliki pengetahuan seperti anak berumur 7 tahun. Dan dari awal film mulai, kita akan diperlihatkan atau diperkenalkan dengan Sean Penn yang sudah berlatih semaksimal mungkin sampai akhirnya berhasil menjadi tokoh tersebut.

Kemudian, dengan cepat kita akan mengetahui kalau Sam ini ternyata akan segera menggendong seorang bayi yang baru lahir, dari suatu 'kecelakaan' terhadap seorang perempuan biasa. Yang menyedihkannya, ternyata juga perempuan tersebut langsung kabur setelah ia sudah dibebaskan dari rumah sakit. Serta malah membiarkan Sam menggendong bayi perempuannya itu seorang diri dengan penuh kebingungan saat ia sedang berada di jalan pulang.

Yang lalu-hal-hal yang mustahil pasti akan bermunculan di benak penonton. Soalnya bagaimana bisa seorang yang menderita keterbelakangan mental dapat sanggup untuk menghidupi seorang bayi yang baru lahir. Namun untunglah, karena Sam bukan seorang yang anti sosial, ia pun segera dibantu oleh teman-temannya yang juga menderita ha yang sama seperti dia, dan juga satu orang tetangganya yang satu-satunya tak menderita, dimana ia siap untuk membantu Sam disaat ia sedang butuh sebuah bantuan.

Dan dimulailah kehidupan baru Sam, dimana ia dengan bahagianya bisa terus bersama anak perempuannya yang bernama Lucy Diamond Dawson (Dakota Fanning), yang berasal dari salah satu musik Beatles. Hingga akhirnya Lucy bisa bersekolah saat ia sudah berumur enam tahun.


Tak disangka-sangka, ternyata Lucy tumbuh menjadi anak yang sungguh pintar. Ia pun sangat menerima betul akan penderitaan dari ayahnya itu. Walau terkadang ia mungkin agak malu juga dengan sikap ayahnya yang selalu ditertawakan teman-temannya. Namun Lucy selalu ingin bersama ayahnya. Ia sangat mencintainya setiap saat.

Tetapi kemudian, sebuah masalah besar akhirnya menimpa kehidupan Sam dan Lucy ini. Dimana ternyata pada satu insiden, Sam malah tertangkap polisi karena tuduhan yang tak jelas. Lalu salah seorang polisinya datang ke rumah Sam dan menemukan atau berpikiran kalau Sam tak pantas merawat Lucy karena penderitaannya tersebut. Hingga akhirnya Lucy diambil dari Sam saat Lucy sedang berulang-tahun diusianya yang ke-tujuh tahun.


Kini semuanya akan bermain dengan yang namanya hukum. Sam sendiri yang begitu sedih dengan dipisahkannya ia dengan Lucy, ia pun langsung dengan cepat mencari seorang pengacara atas advice dari teman-temannya. Yang ternyata, ia berhasil menemukan satu pengacara yang bernama Rita Harrison (Michelle Pfeiffer), yang pada akhirnya mau untuk membantu Sam secara pro bono (gratis) sebab tuntutan dari lingkungan sosialnya (yup, awalnya ia tak ingin membantu Sam. Tapi lalu ia menjadi mau karena melihat teman-temannya yang juga pengacara seakan mengejeknya karena tak mungkin Rita bakal melakukan kasus pro bono).

Selanjutnya, sebuah aksi debat atau permainan kata-kata pun akan kita saksikan selalu di ruang persidangan. Namun tak lupa juga kalau kita akan melihat masalah yang menimpa Rita ini di dalam kehidupan keluarganya sendiri. Yang sempat ada adegan yang begitu mengharukan ketika ia secara blak-blak-an sedang menceritakan mengenai dirinya yang juga adalah manusia biasa yang pastinya akan mengalami penderitaan demi penderitaan.

Dan untuk Sam sendiri, ia akan diperlihatkan eksistensinya mengenai usahanya yang begitu besar untuk mendapatkan Lucy kembali. Dimana setiap orang tak akan pernah sangka kalau Sam akan begitu sanggupnya untuk merubah sedikit kebiasaannya untuk mengikuti tuntutan dari hakim yang bisa dibilang sangatlah sulit untuk penderitaannya tersebut.


Seperti yang gua katakan di awalnya, kita akan melihat kemampuan dari Sean Penn mengenai bakat aktingnya di dalam film ini. Yup, ia benar-benar sudah merubah persepsi gua kalau ia itu hanya bisa bermain di peran yang serius saja. Sungguh, ia sudah mematahkan pikiran gua yang sebelumnya tak terlalu suka dengan penampilannya seperti di film 21 Grams.

Lalu, tak akan gua bohongi diri gua sendiri, kalau akan selalu ada kejutan lain di film yang akan mengangkat mengenai kemanusiaan ini. Seperti penampilan dari Dakota Fanning yang bermain menjadi Lucy saat ia masih berumur enam atau tujuh tahun kira-kira. Benar-benar deh, dia ini sudah bermain dengan begitu apik-nya menjadi seorang anak kecil yang begitu pintar dan memperlihatkan sedikit kedewasaannya karena tuntutan dari faktor mental ayahnya itu. Oleh karena itu, tak akan gua heran jika ia berhasil mendapatkan beberapa penghargaan karena penampilannya di film ini selain dari Sean Penn yang juga menjadi nominator OSCAR. Mantap deh!!


Kemudian, untuk Michelle Pfeiffer yang pernah berperan menjadi Catwoman ini, Waduh! kembali lagi dah dia sudah memberikan performa-nya yang juga hebat saat ia menjadi seorang pengacara profesional dengan banyak masalah pribadi yang menimpa kehidupannya. Apalagi sewaktu ia pernah berkata di film ini, kalau dia itu tak pernah KALAH dalam apapun. Sungguh, seperti memberikan gua kekuatan untuk tak pernah menyerah dalam hal apapun di hidup ini! :p Dan walau ia tak mendapatkan satu pun penghargaan dengan bermain di film ini, tetapi ia ini tetaplah aktris favorit gua yang benar-benar sudah bermain dengan begitu gemilang selalu di film manapun. Love you!! :D

Okeh, seperti yang gua bilang kalau film ini adalah film yang mengangkat tema mengenai kemanusiaan. Dan juga sang sutradara sendiri tak main-main dalam membuat film yang juga mendapatkan beberapa penghargaan ini. Jadi bisa gua katakan kalau sepatutnya gua merekomendasikan film yang sudah membukakan banyak hal mengenai apa itu artinya "cinta" yang sebenarnya. Yang akan direfleksikan dari kehidupan Sam yang tak akan pernah disangka-sangka oleh semua orang....


Thanks
Gbu

N.B: Waktu gua membaca beberapa trivia mengenai film ini di IMDB.com, gua sama sekali tak menyangka kalau adik dari Dakota Fanning, yaitu Elle Fanning yang masih berusia 3 tahun juga ikut bermain bersama kakaknya yang hebat tersebut. 

Dan tak gua sangka juga, kalau Elle Fanning itu adalah yang pernah main di Film Super 8, dimana ia dengan rambut blonde lurusnya berhasil menjadi perempuan yang begitu cantik dan juga mendapatkan beberapa penghargaan, sama seperti yang terjadi pada Dakota Fanning di Film i am sam ini. 


BRAVO deh buat kakak beradik yang sungguh luar biasa ini!!! :D

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath