Tentang Film: "Hello Ghost"

Film yang mampu membuat para penontonnya sedih, pasti akan selalu ada cerita dari yang namanya kehilangan, proses bertahan hidup, kasih sayang seorang ibu dan ayah, kehidupan orang yang cacat, dan masih banyak lagi. Itu semua digunakan oleh banyak sutradara untuk bisa meledakkan emosi para penontonnya, hingga akhirnya air mata pun keluar dari mata mereka tersebut. Dan Film "Hello Ghost" yang disutradarai oleh Young-Tak Kim, yang pernah tayang di bioskop pada tahun 2010 lalu ternyata berhasil untuk memenuhi segala aspek dari yang namanya "pembuat kesedihan" ini. Siapa sangka kalau film yang awalnya dikira akan membuat banyak sekali tawa, tapi malah mampu untuk membuat mata dan pipi dari setiap penonton menjadi basah.


Awal kisah film ini pun dimulai dari sewaktu seorang laki-laki muda bernama Sang-Man sedang melakukan yang namanya "percobaan bunuh diri". Ia dengan beraninya, tapi juga dengan depresinya, memasukkan banyak sekali pil ke dalam mulutnya tersebut karena merasa sudah tak tahan lagi dengan kehidupannya yang selalu saja kesepian. Tapi sayangnya, ia tak bisa menelan semua pil itu karena tak ada air yang bisa menjadi pendorong semua obat mematikan tersebut. Dan saat ia sudah pingsan pun, tiba-tiba saja pemilik kos pas sekali datang untuk menagih uang kos, yang lalu malah menyelamatkan Sang-Man yang sudah tak berdaya itu.

Percobaan bunuh dirinya yang pertama gagal.

Tapi ia tak menyerah. Untuk kedua kalinya, ia malah nekat meloncat ke sungai. Namun mungkin memang karena belum waktunya ia mati, ada saja orang yang menyelamatkannya yang dimana ia kini sampai dibawa ke rumah sakit.

Nah, saat ia berada di rumah sakit lah, akhirnya ia bertemu dengan 4 hantu yang dengan kasat mata mampu ia lihat. Yang pertama itu ada hantu cowok gendut, lalu ada hantu perempuan yang suka nangis, kemudian hantu kakek tua yang sangat ganjen, dan yang terakhir ada hantu anak kecil. Keempat hantu ini entah tiba-tiba saja muncul, hingga mampu membuat Sang-Man menjadi terlihat bagaikan orang gila di dalam rumah sakit tersebut karena selalu diganggu oleh mereka.

Tapi tetap tak ada sesuatu yang kebetulan. Karena pada waktu Sang-Man akhirnya memutuskan untuk mengikuti perkataan seorang dukun, yaitu: menuruti semua keinginan para hantu yang sedang hinggap dengannya tersebut agar mereka bisa lepas, ia pun dipertemukan oleh Tuhan dengan seorang perempuan cantik bernama Ye-won Kang. Yang lucunya, diantara mereka ini ternyata memiliki keinginan dalam hidup yang bertolak belakang. Soalnya jika Sang-Man sejak dulu sangat mengingini sebuah keluarga yang mampu membuatnya menjadi tak merasa sendirian, Ye-won Kang ternyata sangat ingin jika ia tak punya keluarga. Karena ia merasa kalau keluarga itu adalah sesuatu yang sudah membuat ia terluka sejak dulu. Dan ini adalah hal yang menjadi inti di dalam film ini nanti. Soalnya saat di akhir cerita, dimana kita akan melihat sebuah twist besar yang sangat mengharukan, kita juga akan melihat jawaban yang dibuat oleh Young-Tak Kim tentang bertolak belakangnya keinginan Sang-Man dan Ye-win Kang itu.


Ini adalah salah satu drama terbaik yang pernah gua tonton. Walau memang dibuat cukup fiktif tentang para hantu yang aneh tersebut. Tetapi untuk pesan moral yang ingin di-share-kan sebenarnya sudah sanggup sampai di benak dan batin para penontonnya. Seperti arti penting dari yang namanya keluarga. Dan sesuatu yang pastinya bersangkutan dengan sebuah cahaya pagi yang menyejukkan tersebut, yaitu cinta.

Untuk Tae Hyun-Cha yang sudah berperan menjadi Sang-Man sendiri pun bisa terbilang sudah memberikan akting yang ekstra. Soalnya selain ia diminta menjadi seorang laki-laki yang sudah pasrah dengan hidupnya, ia juga harus berperan menjadi seseorang yang sedang dirasuki oleh keempat hantu itu. Penonton akan dibuat terpesona dengan kualitas aktingnya tersebut.

Yup, ini lah salah satu film drama korea yang mampu membuat para penontonnya menjadi menangis. Dan dengan balutan komedi untuk di setiap adegannya, dan sebuah selipan twist yang mengharukan, sudah pastinya tak akan membuat para penontonnya menjadi merasa bosan untuk menyaksikkan penampilan dari Tae Hyun-Cha yang sudah berakting ekstra, yang ditambah pula dengan bakat membuat film dari Young-Tak Kim.


Thanks
Gbu

N.B: Sebenarnya sebelum menonton film ini gua sudah mengetahui ending (twist)-nya terlebih dahulu. Padahal film ini akan sangat lebih terpuaskan jika gua benar-benar kaget dengan akhir yang sama sekali tak terduga tersebut :(.

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath