Tentang Ultah Gua yang Ke-20: "Kemaksimalan Emosi"

Malam hari memanglah waktu yang enak dan tepat untuk menulis. Khususnya untuk gua yang sekarang ini sudah kembali bangun siang setelah liburan kuliah yang akan berlangsung selama dua bulan. Sehingga, walau sudah pukul 00.00 seperti sekarang, mata serasa masih ingin melihat sesuatu, dan otak malah makin ingin banyak bermain dengan segala kata, gambar, angka, dll, yang alhasil adalah sampai di tempat kini gua berada, yaitu di depan Laptop tercinta.

Dan disaat gua sedang mendengarkan sebuah lagu baru yang enak, berjudul "Harusnya Kau Memilih Aku", yang memiliki penyanyi dengan suara yang merdu, gua pun memutuskan untuk melakukan apa yang seharusnya gua lakukan di tanggal 30 Juni atau 1 Juli kemarin, yakni menceritakan apa yang sudah terjadi di Ulang Tahun gua yang ke-20. Alunan nada di lagu yang sedang gua dengarkan ini benar-benar mendorong gua untuk mengisahkan suatu hal yang penuh ke-sensitif-an tersebut.



Senin, 4 Juni 2012, gua datang ke kampus seperti biasanya pada pagi hari sekitar pukul setengah delapan kurang. Dan saat di kelas pertama, pas-pas-an gua harus melakukan presentasi sebagai Tugas Mandiri di sebuah Mata Kuliah yang bernama "Content Management". Di presentasi tersebut gua menjelaskan tentang apa saja yang ada di dalam blog gua. Yup, Blog yang sedang kalian lihat ini. Sungguh sebuah mata kuliah yang gua sukai, karena tugas mandiri sejak awal pertemuan mata kuliah ini adalah "membuat blog". I can smiling every day :p.

Oke, lanjut saat presentasi. Entah, tiba-tiba salah seorang teman gua berteriak sesuatu ketika slide presentasi gua sedang berada di posisi yang menunjukkan "latar belakang" hidup gua. Yakni ada nama, tempat tinggal, umur, dan TANGGAL LAHIR! Sejak itu ketahuan deh kalau gua sedang berulang tahun....

Hahaha.... Ini lah yang mungkin akan terjadi jika ada diantara kalian yang tidak suka mempublikasikan kata-kata tentang "apa saja yang kalian mau atau harapkan" sebelum beberapa hari di hari ultah kalian. Jadinya tak ada seorang pun yang mengetahuinya, seperti mereka yang ada di dalam kelas gua. Pada waktu awal gua bertemu mereka di hari tersebut, sama sekali tak ada jabat tangan atau ucapan selamat ultah. Mereka sungguh tak tauuuu....

But, it's okey for me. Soalnya mereka juga tak terlalu mengenali gua, dan tak ada yang nge-fans sama gua seperti layaknya artis yang selalu ingin diketahui kapan ultahnya, dll. Seperti Agnes Monica yang baru saja berulang tahun pada tanggal 1 Juli kemarin, ya sudah pasti lah banyak fansnya yang sejak 00.00 sudah menyiapkan segala kehebohan untuk Public Figure tercinta mereka tersebut.

Oke, lanjut lagiii setelah teman gua berteriak tersebut, yang sampai membuat semua teman yang ada di kelas gua jadi ada yang menyanyikan lagu "Happy Birthday" dan bertepuk tangan. Gua agak kaget saat itu dan sedikit malu, namun sangatlah senang (Huahaha... :D). Untung ada Isti Ari yang sedang duduk di depan dan selalu melihat slide presentasi gua waktu itu hehe....

Rasa senang gua yang diberikan oleh teman-teman sekelas gua tentunya belum berakhir di tanggal tersebut. Karena setelah rehat dan melewati satu kelas lagi, sekitar pukul 12 siang, gua dikasih kejutan yang tak diduga ternyata mau mereka lakukan. Yaitu, disaat gua sedang di kantin, tiba-tiba saja mereka memberikan gua kue ultah beserta kedua lilin ber-angka 20 yang sudah siap untuk gua tiup.

Cerita dari mereka, waktu itu Elisabeth dan Vika cepat-cepat membeli kue tersebut entah dimana gua tak tau setelah mata kuliah yang pertama tadi. Yup, jadinya pada waktu matkul ke dua, mereka tak masuk, dan itu untuk membelikan gua kue ultah. I just can said,"WOW!!" Benar-benar membuat jam pertama di Hari Ulang Tahun gua menjadi serasa sungguh luar biasa dah! :D

Thanks banget yap untuk yang sudah merencanakan, patungan, dan membeli yahhh.... Love u all!! :D




....

Selanjutnya adalah pada Hari Rabu (disini awalnya gua akan menceritakan tentang perayaan ulang tahun gua dahulu yah :D). Di Hari tersebut gua berjanji akan mentraktir teman-teman gua yang sudah memiliki budaya untuk mentraktir siapapun yang sedang berulang tahun (ya yang sebenarnya sih semenjak ultahnya Leo di Bulan Febuari kemarin). Jadi intinya adalah selalu ada kado dan traktiran. Hal tersebut sudah tertanam di benak kami masing-masing yang memutuskan untuk masih tak mau bermusuhan atau tak menjaga hubungan.

Yup, gua pun mentraktir mereka di De'Cost, sama seperti yang Leo lakukan dulu. Dan waktu itu sedihnya, kebetulan sekali keuangan gua sedang seret, jadinya sory ya guys, gua tak sampai memesan yang banyak dagingnya.... Yang penting kalian bisa kenyang aja yaa karena bisa nambah nasi dengan gratiss.... :p

Oh ya, gua lupa menceritakan kejadian sebelum acara traktiran dari gua tersebut berlangsung. Yang dimana sudah sangat membuat gua untuk pertama kalinya, akhirnya menunjukkan "muka kesal" gua pada mereka.

Ketika gua diajak ke parkiran untuk mengambil motor, tiba-tiba saja Leo, dll memperlihatkan pada gua kalau motor tercinta gua sudah diberikan banyak sekali lakban dengan ditempeli banyak amplop berisi kertas kreasi mereka masing-masing. Mereka semua pun bertepuk tangan dan menyanyikan lagu happy birthday, sedangkan gua hanya terlihat lemas sekali sewaktu melihat hal tersebut. Sungguh, semenjak Nyokap gua sering memarahi gua karena gua gak bisa menjaga barang dari kecil, lalu pernah sampai gua kehilangan dua handphone, dan menjatuhkan motor gua dua kali sampai banyak lecetnya!, gua benar-benar sekarang ini menjadi orang yang over-protective sama semua barang milik gua yang nyatanya memang dikasih sama Nyokap gua. Jadi, gua akan sangat marah sekali jika ada orang yang berani-beraninya melakukan sesuatu sama barang gua, seperti mengumpeti-nya, dan segala macam. Nah, oleh karena itu gua menjadi lemas dan menunjukkan muka kesal gua pada mereka. Ya it's ok lah jika mereka belum mengerti kenapa gua begitu sangat menjaga barang-barang gua, walaupun itu di hari ultah gua sendiri. Sorry ya... 



Setelah gua menunjukkan muka kesal yang selalu mereka bilang dengan kata yang paling gua gak suka, yaitu "ngambek" (gua gak suka karena gua emang gak pernah ngambek!), mereka pun meminta maaf sama gua. Ya, entah gua jadi merasa cukup bersalah waktu itu karena sampai menunjukkan muka kesal gua. Namun tetap gua teguh pada pendirian gua kalau gua harus menjaga semua barang gua, khususnya my SLR Camera sampai mampus dah! Haha.... Intinya sih saat itu, karena gua yang sudah membuat suasana menjadi kurang enak, gua pun harus menetralisir dengan berbagai cara, yaitu ikutan bercanda lah, apa lah... pokoke sangat sulit! Yang penting, sekarang sedikit bekas-bekas lakban tersebut boleh dibilang masih bertahan hingga sekarang... gua hanya harus merelakan segalanya terjadii... Hhhh....

Walau ada teman gua yang bilang kalau hal tersebut tak akan membuat gua lupa, yup! memang benar sekali! Hal tersebut tak akan pernah membuat gua lupa untuk selalu memperingati pada semua teman gua kalau gua sendiri tak akan pernah berusaha untuk merusak bahkan menyentuh barang kesayangan kalian, apalagi jika itu adalah permintaan kalian sendiri.... :D 

But, thanks for all of that.... Ya kalau memang tak tahu kalau gua tak menyukai hal tersebut, ya memang gua juga yang salah...  :D


....

Next, di tanggal 12 Juni, atau minggu depan setelah Ulang Tahun gua berlangsung, gua pun diberikan kado ultah berupa baju dan celana jeans panjang berwarna abu-abu oleh mereka. Awalnya gua kira kalau gua gak bakal dikasih apa-apa selain lakban di motor gua tersebut, tapi ternyata memang ada hehe... :)

(Sebenarnya susah untuk menggambarkan keadaan diri gua saat itu habis diberikan kado. Karena jika gua bilang sangat senang sampai lebay gimana, nanti dikira kalau gua hanya mengharapkan kado, padahal kan kaga. Tapi kalau gua malah biasa-biasa aja, nanti bakal dikira gua itu orang yang tak bersyukur sudah dikasih kado. Hahaha... so, between-nya aja dah).

Dan tak lupa juga kalau salah seorang teman gua, bernama Crista, ia pun memberikan gua sebuah kado. Namun uniknya, ia memberikannya sama seperti hal-nya gua waktu memberikan kado untuknya bulan lalu. Yaitu beberapa minggu kemudian setelah hari ultahnya. Hahaha... agak lucu juga sih, jadinya kami berdua saling membalas... :p.

Intinya, gua sangat bersyukur habis karena di ulang tahun gua yang ke-20 ini gua sudah diberikan oleh God berupa "kemaksimalan emosi". Jadinya segala macam bentuk emosi yang kadarnya lebih besar sudah gua rasakan, seperti senang, marah, sedih, takut, dll. Hahaha... gua sungguh mensyukuri itu semua, karena ultah gua benar-benar menjadi seperti pelangi dah. Penuh dengan warna yang selalu membuat hidup ini menjadi tak membosankan.... :D

Lalu, untuk yang sudah gua pelajari di Hari Ultah gua kemarin sih, ya... gua jadi tahu lah, bahkan teman yang sebenarnya gak terlalu kenal gua sampai dalam pun akan mau memberikan gua surprise ketimbang mereka yang sejak dulu kenal gua (bukan elu ya le!). Jadi, setiap manusia itu memang benar-benar tak pernah diduga, mereka selalu memiliki kejutan di dalam kebaikan hati mereka masing-masing... :)

....

Dan sekarang, ngomong-ngomong gua sempat menyebutkan kalau ada rasa "sedih" juga di "kemaksimalan emosi" yang diberikan oleh God, kini gua akan mengungkapkan sekilas tentang sebuah harapan di hari ultah gua tersebut, yang sebenarnya selalu gua simpan selama dua tahun ini. Yup, harapan yang sama dan selalu gua inginkan ketika ultah gua berlangsung. Sesuatu yang agak mustahil tapi masih ada di benak gua hingga sekarang.

Sebelumnya gua akan memberitahukan kalau Bulan Juni adalah Bulan Sensitif gua ever! Jadinya tak hanya di tanggal empat saja (tapi tanggal tersebut tetap klimaksnya), di tanggal lain pun hingga Juni berakhir-gua masih ingin menunggu sebuah kejutan yang selalu gua nantikan (oleh karena itu gua nulis kisah ultah gua di akhir atau setelah bulan Juni). Dan kejutan yang gua maksudkan tersebut bukan berarti tiap orang yang ada di kehidupan gua, mereka semua ngasih kejutan ya... tidak lah! Hahaha.... Tapi maksud gua adalah kejutan yang mungkin, semoga, dan gua harap, dapat diberikan oleh "dia"....

That's right... I still waiting until the end of June for that....

....

"Ketika teman-teman kelas gua memberikan kue ultah beserta lilinnya yang berbentuk 20 pada tanggal 4 Juni 2012 kemarin, sebelum gua meniupnya, sebuah doa pun gua panjatkan. Dengan sangat yakin, tetaplah gua meminta sama God, kalau "hal tersebut" lah yang memang jujur, dan dari dalam hati gua terdalam, adalah keinginan terbesar gua selama ini.... :)"



....

Thanks God for my family and all of my friends!

Untuk Nyokap gua, yang tetap selalu ngasih uang traktiran untuk teman-teman gua tiap tahunnya.... :D 

Vika, Elizabeth, The Novi, Sylvia Wu, Nita, Elish, Fany, Ludwina, Jocelyn, Jessica, Dian, Isti, Novian dan Aditya... Thanksss..!!! :D (teman sekelas yang sudah ngasih kue ultah)

Budi, Angga, Leo, Julian, Yunitha, Vincent, Kevin, Gustaf, dan Maya.... Thanksss..!!! :D (yang sudah ngelakban motor ane, lalu kasih kado)

Lalu juga untuk semuanya yang sudah ngucapin dan kata-kata berkatnya yahh.... :D



Gbu.... ^^

N.B: Di Hari gua ultah, gua sedang mengalami sakit tenggorokan yang menyiksa! Hingga sembuh beberapa hari kemudian, gua juga dilanda terkena demam, lalu setelah sembuh lagi beberapa hari kemudian, vertigo malah ikut-ikutan menyerang!!! So, selain "Kemaksimalan Emosi", ada juga "Kemaksimalan Penyakit" hahaha.... *tapi tetap bersyukur dong :p*

Inilah kehidupan.... :)

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath