Tentang Film "The Dark Knight Rises"

Akhirnya pada Hari Jumat, tanggal 21 Juli kemarin, sebuah film yang sudah lama ditunggu-tunggu, kira-kira selama empat tahun ini, pun muncul dengan pastinya akan membuat ribuan penonton menjadi memadati semua bangku bioskop di hari pertamanya. Film yang sudah dikatakan akan menjadi trilogi ini, akhirnya sampai juga di puncak terakhirnya. Dan ketika gua sudah menontonnya, benar-benar seakan film ini sebanyak 70 persen momen-nya adalah full of climax!

Let we see....


Berawal dari sebuah kejadian seru dan menegangkan untuk memperkenalkan siapa penjahat utamanya (sama seperti di film yang kedua), yaitu seorang manusia berbadan besar dengan sebuah alat yang tertempel di mulutnya untuk dapat membuatnya tetap hidup, perkenalkanlah, ia adalah Bane (bukan Joker lagi). Dan kali ini, ia sedang berada di dalam pesawat-yang berencana untuk menangkap seorang ahli nuklir.


Setelah itu, gambar pun berlanjut ketika Commissioner Gordon (Gary Oldman) sedang melakukan pidato untuk memperingati delapan tahun kematian Harvey Dent. Ketika itu juga terlihat kalau Bruce Wayne (Christian Bale) sedang dalam tahap pensiun menjadi Batman. Kakinya sendiri terlihat pincang oleh sebab kejadian di pertempuran terakhirnya delapan tahun yang lalu bersama two-face.


Disini, tokoh yang menjadi Catwoman juga langsung diperkenalkan. Yup, Selina Kyle kembali eksis, dan kali ini ia diperani oleh Anne Hathaway. Namun tak ada lagi kematian dan kucing-kucing yang menghidupkannya. Diceritakan kalau Selina terlahir miskin dan suka mencuri, yang hingga akhirnya ia berhasil menjadi pencuri profesional, dan itu diperlihatkannya ketika ia sedang mencuri kalung mutiara ibunya Bruce yang sebenarnya sudah terkunci rapat di dalam brankas. Tapi tak hanya itu, ia juga berhasil mencuri sidik jari Bruce untuk dijual ke seseorang yang juga adalah salah satu rencana jahat yang nanti-nya kalian sendiri akan mengetahuinya ketika sudah menonton. :p



Jika kalian mengingat Film Batman Begins, disana yang menjadi penjahat utamanya adalah Ra's Al Ghul, seorang pemimpin dari kelompok bayangan kegelapan yang juga sudah mengajari Bruce untuk bisa belajar ilmu bela diri dan mengatasi ketakutannya. Nah, di film itu Ra's Al Ghul ternyata memiliki rencana yang sangat jahat, ia berniat untuk menghancurkan kota-kota yang menurutnya memang pantas untuk dihancurkan. Yang pada akhirnya Kota Gotham lah yang dipilihnya karena terdapat banyak manusia-manusia kejam seperti para koruptor yang rakus akan uang (rencana ini terlihat baik sebenarnya, tapi dengan rencana yang dapat melukai banyak orang). Namun karena pemimpinnya tersebut sudah meninggal di episode yang pertama, jadinya di Film yang ketiga ini ternyata anaknya lah yang akan melanjutkan rencana tersebut.

Dan sangat disayangkan, rencana jahat itu ternyata berhasil anaknya taklukkan. Di pertengahan film terlihat kalau Kota Gotham sudah menjadi acak-adul. Tak ada lagi perbedaan antara orang miskin dan orang kaya, semuanya sama. Bruce sendiri pun yang seharusnya memerangi hal itu, berhasil dibuat Bane menjadi babak belur, dan malah dikirim ke tempat pengasingan, jauh dari Kota Gotham.



Selanjutnya, biar kalian sendiri yang melihat dan merasakan serta memikirkan akan banyak sekali adegan aksi yang dibalut dengan teka-teki dan iringan musik Hanz Zimmer yang sangat menegangkan!

...

Walau duit sedang menipis sekali, tapi gua relakan menonton film ini pada Hari Sabtu kemarin di PV pada jam pertamanya, yaitu jam 12 siang. Jujur, gua sangat ngebet sekali untuk menonton film ini, apalagi sewaktu di Hari perdananya tiba-tiba saja gua malah ada acara dari siang hingga malam. Jadinya gua seakan sedang mengejar-ngejar film ini dengan terus membicarakannya, melihat di internet, baik itu rating atau pun review-nya.

Dan ketika gua sudah menontonnya kemarin, benar-benar sensasi kenikmatan yang gua rasakan sangatlah besar. Karena sehabis nonton, gua sampai terus memikirkan berbagai macam kejadian dari film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini. Lagi-lagi ia berhasil mencapai ekspektasi gua dah! Semua filmnya benar-benar selalu bagusss!!

Rating di IMDB.com pun sesuai dengan apa yang gua pikirkan, mencapai 9.2 loh! 


Semua itu memang lah sangat pantas dengan apa yang sudah Nolan berikan di film yang boleh dikatakan memiliki ekspektasi yang sangat besar dari para penontonnya yang sudah menonton sekuel keduanya empat tahun lalu.

Ingatkah kalian dengan Joker, karakter jahat dan gila yang diperani oleh Heath Ledger dengan apiknya, sampai-sampai penghargaan Best Vilain pun berhasil ia dapatkan. Yup, karakter ini lah yang sebenarnya kalau boleh dikatakan yang dapat menjadi senjata pamungkas di film tersebut. Karena Heath begitu menjiwai sekali, dan apalagi ketika ia sedang berhadapan dengan Batman sendiri, seperti di ruang interogasi, chemistry-nya sungguh dapat!

Namun sangat disayangkan sekali, karena Heath Ledger sudah meninggal karena overdosis, jadinya senjata pamungkas nomor satu tersebut menghilang. Dan Nolan pun musti mencari tokoh-tokoh lainnya untuk dapat memenuhi ekspektasi para penonton. Hingga akhirnya, tak disangka, kalau beberapa artis dari film yang ia sutradarai sebelumnya, yakni Inception pun turut dimasukkan ke dalam akhir dari Film Batman ini.

Mereka adalah Tom Hardy (sebagai Bane), Joseph Gordon-Levitt (Detektif Blake), dan Marion Cotillard (Miranda). Mereka bertiga ini memiliki peran-peran yang sangat penting hingga akhir filmnya. Kalian akan melihatnya sendiri nanti. Karena ada twist-twist yang berlaku untuk karakter mereka bertiga.


Disini pun Tom Hardy seperti ditekan untuk dapat menjadi tokoh antagonis yang dapat melebihi Joker. Oleh karena itu, gaya pengucapannya disaat sedang berdialog berhasil ia ubah menjadi benar-benar bukan seperti gaya pengucapan Tom Hardy yang biasanya. Terlihat unik namun tetap jahat. Tapi untuk gua, ia masih belum bisa mengalahi Joker yang benar-benar abadi tersebut kejahatannya di Film The Dark Knight.


Selain itu, untuk dapat memuaskan ekspektasi para penontonnya, Nolan memperkenalkan kendaraan Batman yang baru, yaitu sebuah kendaraan terbang yang pastinya berwarna hitam dengan eskterior yang keren. Dan tak terlalu berlama-lama, ketika Lucius Fox (Morgan Freeman) memperlihatkan kendaraan tersebut ke Bruce, langsung saja ia memakainya saat kembalinya Batman dari pensiunnya selama delapan tahun. Mantap!


Setiap kendaraan Batman buatan Christopher Nolan ini selalu memukau gua. Di Batman Begins, ada mobil yang bisa sampai dikendarai di atap-atap rumah, lalu di The Dark Knight, ada motor yang begitu besar, yang roda-rodanya bisa berputar-putar untuk dapat menyeimbangkan kendaraan tersebut agar tak jatuh, yang dimana di The Dark Knight Rises kali ini, motor tersebut dipakai terus oleh Catwoman, karena Batman musti berada di langit.


Oh ya, untuk tokoh Catwoman sendiri, untuk gua, tetaplah Michelle Pfeiffer di Batman Returns (Tim Burton) yang dapat menguasai karakter menjadi tokoh wanita bertopeng kucing seksi yang bebas dan penuh dengan kegilaan. Kalau Anne Hathaway, ya just ok to me, namun memang sesuai dengan latar belakangnya yang adalah seorang pencuri handal bukan karena habis dibunuh oleh seorang penguasa yang jahat.


Akhir kata, sebenarnya ada banyak sekali yang ingin gua perbincangkan tentang film ini, baik itu dari adegan-adegannya yang fantastis, lalu pendalaman tiap tokohnya yang bisa menjelaskan kenapa Bane bisa menjadi tokoh yang kejam, dan dari tiap tokoh lainnya, kemudian dialog-dialog non klise-nya yang selalu saja muncul yang baru dan mampu menyemangati serta memuaskan otak gua, terakhir adalah tentu saja jalan ceritanya yang sangatlah pintar! Tapi biarlah semua itu dapat kalian tonton dan pikirkan sendiri yah.... :D

Gua harap Christopher Nolan masih mau membuat sekuel-nya lagi walau ia bilang Film The Dark Knight Rises ini akan menjadi Film Batman terakhirnya dan juga walau memang akhir dari Film ini sudah sangat pas sekali untuk mengakhiri keterlibatan Batman untuk memerangi kejahatan di Kota Gotham. But, I still need Nolan's skill untuk berada di franchise terbaik yang satu ini. Jangan ada lagi reboot....


"Mengapa kau terjatuh Bruce? Karena kau belajar untuk bangkit kembali."

Thanks
Gbu

N.B: Mungkin masih ada beberapa orang yang tak menyukai pahlawan bertopeng yang satu ini. Yang mungkin karena serial Batman terdahulu atau mungkin karena ia tak memiliki kekuatan super. Gua sendiri pun sebelumnya sama seperti itu. Namun gua pastikan, kalau Christopher Nolan sudah berhasil membuat segalanya menjadi terpatahkan karena, ada banyak sekali kejelasan tentang mengapa Batman begitu hebat dan dapat dijadikan sebagai pahlawan. Bukan hanya karena uangnya yang begitu banyak, tapi pola pikirnya yang sungguh mempesona.

Di Film buatan Nolan ini pun ada satu bagian cerita yang sungguh membuat gua menjadi termotivasi. Yaitu sewaktu Batman sedang berbicara dengan Commissioner Gordon sebelum akhirnya ia menaiki The Bat. Ia berkata kalau seorang pahlawan itu bisa siapa saja, baik yang memberikan jubahnya ke seorang anak laki-laki sambil berkata,"dunia akan menjadi lebih baik lagi" (kalau tak salah kata-katanya begitu hehe). Dan seketika itu juga Gordon menyadari kalau Bruce Wayne lah yang ada dibalik topeng bak kelelawar tersebut.

Di Film Batman kali ini memang semua orang ikut serta dalam menyelamatkan Kota Gotham. Jadi bukan Batman sendiri atau Catwoman sendiri yang memiliki kekuatan lebih untuk bisa membantu Kota Gotham. Polisi-polisi pun seperti Commissioner Gordon, Blake, dll juga turut mengambil peran penting dalam menyelamatkan Kota tercinta mereka tersebut. Bahkan kalau di Film The Dark Knight, orang-orang awam juga berhak menjadi layaknya pahlawan di dalam kehidupan manusia. Jadi, sungguh memotivasi, karena segalanya bisa menjadi mungkin. :)

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath