7 Hari Menghadapi UAS = 7 Kegilaan yang Berbeda!!

Akhirnya selesai juga pengalaman UAS yang mematikan sejak Senin minggu lalu. Segala macam penderitaan dan perjuangan hingga titik darah udah gak ada lagi, telah gua rasakan dengan lebay-nya. Hahaha....

Namun semua perumpamaan lebay yang gua katakan itu benarrr! Soalnya di hari terakhir pun gua dihadapkan dengan berbagai macam persoalan menggemparkan, yang jujur-hampir saja membuat gua menitikkan air mata ckckck....

Mungkin akan gua mulai dari Hari Senin, tanggal 18 Juni minggu lalu, yang dimana sebuah mata kuliah yang sering dipanggil "kompol" (Komunikasi Politik) lah yang harus gua hajar! Namun jika diingat-ingat, gua agak lupa sih ada kejadian apa di hari tersebut, karena sepertinya hari pertama memang intinya gua hanya dipusingkan dengan mata kuliah tersebut. Yang walaupun open book, tapi tetap aja gua ngerasa kagak open book. Gua hanya merasa menyesal karena ada beberapa kali gua gak ikut kelas matkul ini, soalnya soal UAS-nya itu sangattt berhubungan erat dengan penjelasan dosen gua tiap minggu. Padahal gua sudah tahu sejak UTS kemarin, tapi hhhrrr.... ya gitu deh, ada aja acara yang tiba-tiba membuat gua menjadi harus bolos. :p

Hari kedua, "komorg" (Komunikasi Organisasi). Gua agak oke lah sama matkul yang satu ini, soalnya UTS gua sudah mendapatkan cepek! Yup 100!! A kuadrat!! wkwkwk.... Cukup bisa gua kuasai lah haha... (Tapi gua gak boleh senang dulu sebelum dapat nilainya nanti. Kalau tiba-tiba gua dapat 50! *langsung mati*)

Ketiga, "Perekonomian Indonesia" (gak ada singkatannya ini mah). Nahh... baru deh dimulai sebuah kisah tragis yang musti gua lalui dengan sangat stress! namun tetap berusaha menstabilkan diri... Hhhh.... Karena disaat gua sedang ingin berangkat ke kampus, tiba-tiba saja motor gua mogok! Seharusnya itu gua datang jam 11, jadinya bisa belajar selama 2 jam (ujian jam 13.00). Tapi karena mogok, gua jadi datang jam 12 siang!! ckckck.... Namun untunglah, untuk pengalaman pertama motot gua mogok, langsung dengan cepat waktu itu ketemu bengkelnya haha. :D *Ceban pun melayang!"

Keempat, "Entrepreneurship". Cukup mampus sih gua kalau yang ini ckck.... Namun cukup bangga juga gua, karena dari 4 kelas Ikom angkatan gua, ternyata cuma gua yang UTS-nya itu dapat nilai 80!! (A cuy!) Hahaha.... Ya tentu saja gua bisa dapat nilai 80, karena pada waktu mengerjakannya, gua benar-benar memikirkan betulll apa saja ide-ide unik sesuai dengan permintaan dosen gua. Yup, dosen gua ingin sebuah bisnis yang unik dan menarik, beserta kreatifitas-kreatifitas terbaru yang ada di dalamnya. Dan gua sungguh membuatnya dengan susah payah! Gua benar-benar sampai lengkap betul dah kalau boleh dibilang. Untunglah, ada Budiman yang waktu itu membantu gua dengan memperlihatkan contoh bisnis kepunyaannya, sehingga 50 lembar tercipta mutlak! wkwkwk.... Tapi gua gak menyontek punya dia yaaa...... Itu semua pure dari otak gua. Gua cuma ingin melihat contoh pembuatan bisnisnya saja, dari letak kreatifitasnya dimana, lalu bagaimana cara membuat tabel kuantitatif yang buat gua malas tersebut. Hahaha.... Kalau gua ingat-ingat, entre waktu UTS saat itu, benar-benar gua kerjain ngebut dari sore sampai jam 2 pagi dah. Malamnya juga gua kedatangan tamu bernama Leonardy, yang juga kami membahas soal mata kuliah tersebut. Sampai pagi-paginya saat diwajibkan mengumpul pada pukul 15.00, gua tiba-tiba kesiangan dan parahnya entre gua belum diprint!! Punyanya Leo juga belum, sehingga kami putusin buat bareng-bareng ke warnet (ngeprint yang ada warnanya, soalnya kalau yang hitam putih bisa langsung diprint di rumah gua, sayangnya lagi rusak aja waktu itu yang berwarna ckck) dan sanjaya (buat ngejilid). Alhasil sampai dah di ubm tepat jam 3!! Dan selesaaiii!!! Hahaha....

Sory, gua jadi ceritain soal kejadian waktu UTS-nya sampai panjang begitu. Soalnya benar-benar menarik dan tak terlupakan buat gua. Dan sama halnya dengan UAS entre kemarin, yang dimana ternyata tak jauh beda dengan waktu UTS. Karena pada Hari Kamis kemarin itu gua lagi-lagi dibuat bergadang karena masih ada yang harus gua kerjain atau lengkapi! Seperti pembuatan neraca, arus kas, dll. Yang lalu gua print pada waktu sekitar jam setengah tiga pagi lewat printer punya gua. Yang lalu gua tidur hanya 4 jam saja, sebab gua harus segera ke warnet untuk ngeprint yang berwarna-nya dan nge-jilid! Dan sebabnya juga, UAS Entre ini musti dikumpulin pada pukul sepuluh!!! Huaaa!! Walau pada akhirnya berhasil gua kumpulkan tepat waktu, tapi ternyata gua musti sedikit diberikan ketakutan karena pas-pasan saat itu Muara Karang membuat peraturan terbaru untuk memberlakukan ONE WAY! Parahnya, waktu itu macet lumayan parah dah! Sampai-sampai gua kira kalau ini mah semua orang lagi pada bergerombolan pengen ngumpulin UAS Entre, soalnya waktu gua sudah sampai di UBM sendiri pun, benar-benar sudah sangat ramai di kampus, hanya untuk ngumpulin itu tugas tertulis! Hahaha.... Yang penting, selesai dah! Dan gua harap bisa dapat A lagiii.... Aminn!!!

Next, Hari Senin berikutnya pada tanggal 25 Juni, yaitu "Content Management". Gua agak kesusahan dengan UAS ini karena banyak hapalannya!!! Gua pengen teriak aja dagh!!!

Lalu, kita menuju ke wahana yang paling mengerikan, "Broadcast Journalism"!!! Disini UTS gua mendapatkan 56 (C) untuk pertama kalinya!! *nangis bolak-balik*. Dan gua takut sekali sewaktu akan menghadapi UAS-nya, yang mungkin sama seperti UTS, yaitu hapal-hapalan. Hahaha.... namun ternyata tidak. Dosen gua memutuskan untuk setiap kelompok membuat sebuah liputan dari tiap event yang akan dibuat olehnya. Dan gua kedapatan ngeliput acara yang bernama "Creative Communication Media", yang sangat senangnya, ternyata itu adalah tugas UAS untuk anak-anak PR, yang dimana ada banyak sekali kenalan gua. Jadinya gua bisa sedikit lega dah dan tak perlu malu-malu juga untuk merekam dari segala arah. :p

Wkwkwkwk....!!! Tapi ternyata tugas ini BENAR-BENAR sangat menyulitkan gua!! Di luar dari pikiran gua dah. Karena pertama gua harus mencari komputer pinjaman yang memiliki aplikasi adobe premier atau windows movie maker untuk edit video, sebab komputer gua sudah sangat "ngeheng!" dah untuk ngedit kayak gitu huhuhu.... Kedua, gua agak kebingungan waktu ingin menentukan alur liputannya seperti apa. Walau gua sudah melihat contohnya di youtube, tapi gua masih agak galau, karena juga rekaman gua masih kurang banyak menurut gua. Apalagi yang ketiga, video harus minimal 15 menit. Awalnya gua pikir bisa lahhh.... tapi ternyata gua lagi-lagi keliru sama seperti waktu membuat video "Online Shop" (tugas matkul ini juga).

Alhasil, untunglah dengan bantuan teman gereja gua, Ko Arief, yang sudah mau meminjamkan komputer gereja yang ada Adobe Premiernya, walau harus mengikuti jam kerjanya, sehingga gua hanya bisa mengedit selama 4 atau 5 jam waktu itu, tapi sudah sangat membantu sekali!!! Kemudian teman gua, Crista, ia pun mau meminjamkan Netbooknya yang memiliki Windows Movie Maker, sehingga gua bisa melanjutkan mengerjakan sisa editan video di gereja langsung di rumah. Hal tersebut gua kerjakan selama berhari-hari dah waktu minggu kemarin, karena wajib dikumpulkan hasilnya Hari Sabtu, 23 Juni!! Namun, hasilnya sih cukup membuat gua tersenyum dan memiliki harapan besar untuk bisa dapat nilai A dah :D Aminnn!!!

Oh ya lupa, jadi tuh pada waktu Hari Selasa kemarin, UAS matkul ini hanya disuruh mengumpulkan sinopsis saja, sebagai formalitas gitu, abis itu pulang. Tappiiiii.... gua lupa untuk memberitahukan kalau pada waktu pergi ke kampusnya itu kemarin, gua lagi-lagi jatuh dari motor!!! Jadi pada waktu gua sedang berhenti untuk membeli sesuatu, lalu jalan kembali, eh tiba-tiba aja ada motor dari belakang langsung menabrak gua sampai tangan gua dengan sendirinya gak bisa lepas nge-gas dan jatuh entah bagaimana dah. Mata gua waktu itu seperti melihat kalau badan gua bergerak kemana-mana ckckck.... Menyebabkan kedua lengan tangan gua sakit sampai sekarang, dan ada lecet-lecet di dengkul kaki gua. Huaaa...!!!!

Dan selanjutnyaaahhh!!! Last Day! Alies today!!! Yeahh!! Gua menghadapi yang namanya "Writing For Media", dengan UAS-nya juga sama dengan Broadcast dan Entrepreneurship, yaitu hanya mengumpulkan tugas yang dikerjakan di rumah. Awalnya sih gua agak menganggap enteng dengan tugas yang adalah mewawancarai dan menuliskan feature human interest-nya sebanyak 400 kata, karena kan gua memang suka nulis. Tapi saking gua santainya, gua pun ngelakuin wawancara H-1!! Yup, gua wawancara setelah selesai UAS Broadcast Journalism-nya!! Dan itu pun gua ngewawancarai kedua anak kecil di pinggiran jalan dekat Roxy dengan bantuan teman gua, Leonardy tentunya hahaha.... Hingga malamnya setelah pulang, gua ngebut nulis! Namun ternyata hanya terbentuk tiga paragraf sajaaa.... Hikss hikss!! Malam kemarin gua serasa nge-blank habis ingin nulisnya bagaimana, ditambah rasa kantuk juga sih ckck.... Sehingga keesokan paginya, yang adalah tadi pagi, sekitar pukul sembilan (gua gak bisa bangun jam 6 atau 7 lagi!! huaa), gua langsung ngebuttt!! menuliskan apa saja yang ada di benak gua. Kemudian segera gua simpan di flaskdisk baru gua (hehe... baru beli yang 16gb gua :p), dan gua segera menuju ke warnet terdekat yang pada waktu entrepreneurship gua nge-print disana. Waktu itu tepat pukul 12 siang, dan gua musti kumpulin tugasnya jam 13.00!! Wuaaa!!! Tadi itu gua benar-benar ketakutan habis dah kalau sampai gua telat datang. Apalagi pada waktu di warnet, pada saat sudah di-print out, gua dibuat kaget bukan main. Karena semua tulisannya itu pada nyambung, seperti: adapadasaatblablabla. Hal itu disebabkan karena gua memakai word 2010, dan warnetnya 2007. Ya mau tak mau gua tetap membayar dah buat keempat kertas yang sudah terlanjut di-print ckckck.

Saat tadi, gua agak dibuat bingung, karena engko-nya (penjaga warnetnya) menyuruh gua untuk betulin di warnetnya langsung, jadinya gua musti membayar 3000 buat main satu jam! Yup, harus langsung satu jam, gak boleh 10 menitan ckckck.... Dan setelah dipikir-pikir-pikir, gua akhirnya gak mau dan secepatnya cau! Gua pun memutuskan untuk pergi ke warnet lain, yang sebenarnya bersebrangan dengan warnet tersebut. Dan baiknya hati penjaga warnetnyaaa.... karena sama keadaan "tulisan"nya seperti di warnet yang sebelumnya, gua pun langsung disuruh nge-betulinnya di komputer penjaganya secara freeeee!! Yeah!!!

Next, selesai sudah gua print dan nge-jilid, segera gua cao ke kampus dengan ngebuuttt!! Ada dua kali dah seingat gua, tiap mau nge-rem malah kayak pengen jatuh motornya hahaha.... Dan saat tadi pun gua berdoa pada God, meminta dengan sangat untuk melancarkan perjalanannya. Jangan sampai ada macet dahhh..... Lalu, THANKS GOD HABISSS!!! Doa gua dikabulkan cuy!!! Perjalanan tadi benar-benar serasa aman dan tentram serta bisa ngebutttt wkwkwk.... 

Alhasil gua sampai jam satu lewat 15 menit di kampus. Dan masih bisa dah dikumpulin.... *hati cukup senang* :p

Namunnnn....... walau semuanya sudah selesai. Gua tetap akan merasa belum ada HOLIDAY sebelum melihat nilai-nilai gua BAGUS semuaa!!! Atau IP gua naik dahh di semester 4 ini!!! Huaaa....!!!

Intinya adalah, thanks God for experiences yang Engkau berikan di minggu UAS semester 4 ini. Very very Awesome dahh.... :D

Kalian yang ingin kuliah semoga gak segila gua ya saat menghadapi UAS-nya :p

GBU

No comments

Ohh Getoo... Powered by Blogger.