Tentang Film "500 Days of Summer"

Apa yang akan kamu lakukan jika ada sesuatu yang indah sedang menimpamu?? Apakah kamu akan terus tersenyum selama seharian penuh?? Apakah kamu akan melakukan sesuatu yang tak kau sukai dengan penuh semangat?? Ataukah kamu akan berdansa hingga kaki dan pinggangmu jadi kesakitan??

Hahaha....

Malam ini gua sedang cukup berbahagia, karena waktu gua melihat jumlah pengunjung blog gua untuk hari ini..... wow!! ada 42 orang cuy!! Hahaha.... Walau memang tak terlalu banyak kelihatannya, but-untuk gua yang dari kemarin-kemarin itu merasa kurang semangat karena jumlah pengunjung blog gua selalu 20-an, pada waktu melihat yang sekarang ada 42! waduuhhhh.... semangat untuk menulis pun jadi menggebu-gebu! wkwkwk....

Oh ya, rasa-rasa seperti gua ini juga pernah dirasakan oleh salah seorang tokoh yang akan gua berikan review film-nya sebentar lagi. Samanya adalah: ketika ia akhirnya mendapatkan sebuah perasaan yang bahagia, seluruh dunia pun seakan sedang tersenyum kepadanya, dan bisa dibilang kalau segalanya serasa begitu manis dan menyegarkan untuk kehidupannya.... ^^


500 Days of Summer, bukan lah sebuah kisah cinta kata naratornya, di awal film ini dimulai. Yup, memang benar... film ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang harus melewati 500 hari ketika hidupnya kedatangan seorang wanita cantik yang memberikan segala hal yang baik dan buruk untuknya. Sepertinya Marc Webb (sutradara dari film ini), yang ingin memberitahukan kalau tidak semua pasangan yang ada di dalam film-film itu akan selalu berakhir bahagia. Tapi sayang sekali, untuk mata para penonton, film ini sangatlah memiliki sisi romantika yang sungguh luar biasa! Ada banyak sekali momen yang bisa dibilang adalah sebuah kisah cinta itu sendiri, yang begitu romantis dan menarik tentunya. Sehingga penonton yang seperti gua pun tak peduli sama sekali dengan ending yang ada.

Coba gua kisahkan sedikit tentang film ini....

Ada seorang pemuda kesepian bernama Tom (Joseph Gordon-Levitt) yang kerjanya sehari-hari adalah menulis sebuah kalimat singkat untuk sebuah kartu ucapan. Ia merasa kalau hidupnya itu akan jadi bahagia jika ia sudah bertemu dengan gadis impiannya, yang pada akhirnya muncullah seorang wanita yang tiba-tiba dipekerjakan di kantornya Tom, namanya adalah Summer Finn (Zooey Deschanel). Sejak saat itu dimulailah pedekate yang dilakukan oleh Tom, hingga akhirnya ia berhasil untuk menjalin hubungan dengan Summer.


Tapi, sedihnya Tom harus menerima kenyataan kalau Summer memiliki kepercayaannya sendiri yang bertolak belakang dengan Tom. Ia tak percaya dengan cinta.... Dan Summer tidak menginginkan sebuah hubungan yang serius dengan Tom. Jadinya, mereka berdua ini hanyalah sekedar have fun saja seperti hanya untuk melakukan hubungan intim, dan lain-lainnya.

Hingga pada waktunya Summer merasa bosan dengan Tom. Tom pun ditinggalkannya, sampai membuat hari-harinya menjadi hancur lebur. Kesenangan dan semangat yang sudah ia rasakan ketika awal mereka saling berhubungan, akhirnya malah menjadi sebuah kehidupan yang tak ada artinya untuk Tom. Disaat itu, Tom juga memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya, dan ia mulai ikut percaya dengan Summer kalau memang tak ada yang namanya cinta. Hal tersebut hanya ada di dalam film-film saja.

Namun, ternyata ada yang salah.... Ketika berbulan-bulan lamanya mereka berdua tak bertemu, lalu takdir mempertemukan mereka kembali. Tom harus makin hancur karena mendapatkan Summer yang sudah memakai cincin tunangan. Ya, Summer akan menikah.... Padahal ia tak percaya pada yang namanya cinta....


Setelah itu, ada satu momen yang akhirnya membuat Summer menjelaskan kepada Tom tentang kepercayaannya yang dahulu, soal cinta. Ia bilang kalau ia sudah salah karena telah memiliki kepercayaan seperti itu. Padahal ia juga sangat mencintai Tom pada waktu mereka berdua masih berhubungan, tapi karena Tom malah membiarkan hubungan "have fun" mereka terus berlanjut, mau tak mau-Summer pun memutuskan untuk pergi.... Disini, mereka berdua bisa dibilang "Miss Komunikasi"....

Sebenarnya hubungan mereka ini bisa terus berjalan, dan berakhir dengan indah. Tapi dengan ketidak-jujuran dari Summer yang membuat Tom menjadi begitu kebingungan, jadinya hubungan mereka pun kandas. 

Namun di akhir cerita, alias hari yang ke-500, Tom pun akhirnya bisa total melupakan Summer. Ia juga tiba-tiba dipertemukan dengan seorang wanita di tempat ia sedang melamar pekerjaan. Saat itu Ia merasa yakin kalau wanita tersebut adalah yang akan menjadi pendamping hidupnya yang baru, pengganti Summer. Dan ternyata memang benar, setelah mereka berdua berkenalan, wanita ini memberitahukan kalau namanya adalah "Autumn" (Musim Gugur), setelah Summer (Musim Panas). 


Hahaha.... sungguh unik.... :p

....

Film ini sangatlah menarik untuk ditonton, apalagi sewaktu sudah dibuktikannya dengan menjadi nominator di ajang penghargaan Golden Globes, bersama Joseph Gordon-Levitt sebagai aktor terbaik untuk drama musikal atau komedi. Zooey sendiri pun masuk di Satellite Awards dalam kategori aktris terbaik.

Kalau boleh dibilang, mereka berdua ini (Joseph dan Zooey) benar-benar sudah mendapatkan chemistry-nya, sehingga serasa kalau kisah asmara mereka berdua di dalam film ini adalah sebuah realita yang berdasarkan atas perasaan nyata dari mereka masing-masing. Jadinya setiap momen tentang mereka berdua, sungguh memberikan kesan yang sempurna untuk para penonton-nya.


Selain itu, cara penyajian film ini juga sangat menarik. Alurnya dibiarkan berjalan longkap-longkap. Awal ceritanya saja, di hari yang ke sekian ratus, diawali dengan sewaktu Summer memutuskan untuk pergi dari Tom. Setelah itu berlanjut saat awal mereka berdua bertemu pertama kalinya, dan lanjut lagi di-saat Tom sedang melewati hari-hari yang penuh rasa sakit karena telah ditinggalkan oleh Summer. Hal tersebut disajikan dengan rapi dan enak untuk ditonton.

Hhhh..... Intinya adalah: Film ini adalah sebuah kisah cinta yang baru, menarik, indah, menawan, penuh romansa, akan abadi, dan I like it so much!!!! hahaha....


Thankss... ^^
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath