Tentang Film "BridesMaids"

Akhirnya gua tonton juga sebuah film yang selama sebulan ini gua terus cari download-an-nya di internet. Tapi karena modem gua sangat lah lemot sehingga setiap nge-download suka lama dan modemnya mati sendiri, ya sudah deh-gua sempatkan diri gua untuk mencari DVD-nya di Mall Taman Palem dua hari yang lalu. Dan pulangnya, langsung saja gua tonton ini film dari antara 5 DVD lainnya. Benar-benar sesuai ratingnya di Rotten Tomatoes, dengan peringkat yang sudah mencapai 90%!

"BridesMaids"


Film bergenre comedy romance ini menceritakan tentang seorang wanita yang akan menjadi pengiring pengantin. Namanya adalah Annie, dan ia diwajibkan oleh sahabatnya, Lillian, untuk menjadi pengiringnya. Namun sayangnya, ternyata ada banyak masalah yang terjadi di masa-masa sebelum pernikahan sahabatnya tersebut terjadi.

Disini, bukan hanya Annie yang menjadi pengiring pengantin, tapi teman-teman dari Lillian yang unik-unik pun ikut mengambil bagian. Ada Megan, Rita, Becca, dan seorang wanita yang akhirnya menjadi musuh Annie, yaitu Hellen.


Karena Hellen sangat lah kaya, ia seakan ingin mengambil banyak perhatian Lillian dari Annie. Ia terus saja memberikan berbagai hal yang sangat mahal untuk dapat membuat pernikahan Lillian menjadi sempurna. Semua itu dilakukannya karena ternyata kehidupan Hellen yang kesepian dan tidak punya-nya ia akan teman wanita. Namun Annie sangat kesal dan dengki dengan perbuatan dari Hellen tersebut.

Bukan hanya soal sahabat, tapi Annie juga memiliki masalah untuk kehidupan cintanya. Ia tak peduli jika hanya menjadi wanita panggilan untuk mengisi kekosongannya. Dan saat munculnya seorang pria yang sanggup memberikan rasa cinta kembali padanya, ia hanya bisa kabur karena takut dengan perasaan tersebut.

Annie merasa tak bahagia akan hidupnya. Ia merasa kalau hidupnya yang paling sial sehingga ia menjadi lebih sulit mengerti orang lain. Ia terlalu fokus akan dirinya sendiri.

Hingga klimaksnya, saat Annie datang ke undangan Lillian di rumahnya Hellen yang sangatlah besar untuk merayakan hari lajang Lillian tersebut, Annie menggila. Ia sangat kaget sewaktu melihat dekorasi yang ada di taman Hellen, dan juga hadiah yang diberikan Hellen untuk Lillian, yaitu pergi ke Paris untuk membuat gaun pengantinnya. Semua itu sebenarnya adalah ide dari Annie di hari-hari sebelumnya yang ia ungkapkan pada ke-empat pengiring pengantin lainnya, namun akhirnya diambil oleh Lillian. Annie pun mengacak-acak semuanya dan mengungkapkan kekesalan dari dalam hatinya ke Lillian dan Hellen.

Sejak saat itu persahabatan mereka seakan sedang berada diujung tanduk. Mereka berdua pun tak saling berbicara lagi untuk beberapa hari.

Sampai muncullah Megan yang tiba-tiba saja datang ke rumah Annie sewaktu kejadian gila tersebut. Ia adalah salah satu pengiring Lillian, yang adalah juga seorang wanita yang cukup gempal dan sangat aneh di mata Annie sewaktu pertama kalinya mereka bertemu. Namun hal yang tak terduga pun terjadi. Megan tiba-tiba memberikan perlakuan yang aneh pada Annie. Ia mengasari Annie dan berkata,"aku adalah hidupmu yang hancur, dan kau biarkan saja aku memperlakukanmu seperti ini hah?!"

Annie tak tahan, ia pun menampar Megan tapi tak lupa langsung meminta maaf. Kemudian Megan mengungkapkan siapakah sebenarnya dirinya itu.

Masa lalu Megan sangat tak menyenangkan. Ia berkata kalau pernah teman-temannya memberikan petasan di atas kepalanya. Tapi Megan tak menangis dan berkata sambil mengekspresikan perasaan yang mengasihani diri,"Momy... aku tak punya teman di sekolahh..." Ia bilang pada Annie kalau ia bangkit dan tak mengasihani dirinya sendiri. Ia malah belajar mati-matian hingga ia pun bekerja untuk pemerintah yang paling tinggi. Ia pun memiliki 6 rumah, dan kehidupan yang hebat. Ia juga sempat berkata,"kau adalah masalahmu, dan kau adalah solusimu."

Annie tersadar. Dan secercah harapan seakan menyinari hidupnya saat itu.

Di hari berikutnya, sedikit demi sedikit hidupnya mulai membaik. Lillian yang akhirnya mengungkapkan kalau ia tak bisa menjalankan pernikahan tersebut tanpa Annie, pria yang dicintainya yang berakhir kembali padanya, dan membaiknya hubungan antara ia dengan Hellen. Seperti sebuah roda yang terus berputar, kini Annie berada di atas dan mulai bertambah dewasa....

....

Makna dari film ini cukup banyak. Lagu terakhirnya pun memiliki pesan yang indah untuk semua orang.... ^^

Wilson Phillips
"Hold On"

I know this pain
Why do lock yourself up in these chains?
No one can change your life except for you
Don't ever let anyone step all over you
Just open your heart and your mind
Is it really fair to feel this way inside?

[Chorus:]
Some day somebody's gonna make you want to
Turn around and say goodbye
Until then baby are you going to let them
Hold you down and make you cry
Don't you know?
Don't you know things can change
Things'll go your way
If you hold on for one more day
Can you hold on for one more day
Things'll go your way
Hold on for one more day

You could sustain
Or are you comfortable with the pain?
You've got no one to blame for your unhappiness
You got yourself into your own mess
Lettin' your worries pass you by
Don't you think it's worth your time
To change your mind?

[Chorus]

I know that there is pain
But you hold on for one more day and
Break free the chains
Yeah I know that there is pain
But you hold on for one more day and you
Break free, break from the chains

Some day somebody's gonna make you want to
Turn around and say goodbye
Until then baby are you going to let them
Hold you down and make you cry
Don't you know?
Don't you know things can change
Things'll go your way
If you hold on for one more day yeah
If you hold on

Don't you know things can change
Things'll go your way
If you hold on for one more day,
If you hold on
Can you hold on
Hold on baby
Won't you tell me now
Hold on for one more day 'Cause
It's gonna go your way

Don't you know things can change
Things'll go your way
If you hold on for one more day
Can't you change it this time

Make up your mind
Hold on
Hold on
Baby hold on


Walau sekarang kita sedang mengalami banyak masalah, tunggulah dulu... jangan mengasihani diri sendiri dan menyerah. Karena semuanya akan membaik pada waktunya nanti.... ^^

"Don't you know things can change
Things'll go your way
If you hold on for one more day
Can't you change it this time"

Terima kasih....
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath