Tentang Film "The Girl with the Dragon Tattoo"

Pagi hari yang dimana sudah jam setengah tiga ini, lagi-lagi gua akan menulis tentang sebuah film yang baru saja gua tonton. Dan kali ini, ternyata gua habis menonton film yang sungguh di luar dugaan! Isi-nya itu benar-benar keren! Sehingga membuat mata gua jadi sulit berkedip dah.... :D


The Girl With The Dragon Tattoo.... Wow! Gua sama sekali tak menyangka kalau film ini adalah sebuah film yang sangat menegangkan! Dikira gua, ceritanya itu mungkin tentang seorang perempuan yang nakal, pengguna narkoba, dsb. Tapi ternyata bercerita tentang pengungkapan sebuah misteri pembunuhan dan hilangnya seorang wanita. Kronologisnya mantep deh!

....

Dari sampul depannya bisa kita lihat kalau ada seorang wanita yang memiliki banyak tindikan, berambut ala punk, dan berpakaian seperti preman. Wanita ini bernama Lisbeth Salander, dan dia adalah pemeran utama-nya di film ini. Di punggungnya pun, ia memiliki sebuah tattoo yang bergambar naga, oleh karena itu film ini diberikan judul "The Girl With The Dragon Tattoo". 

Nah, untuk jalan ceritanya di film ini, Lisbeth tak sengaja tertarik dengan sebuah kasus yang sedang dikerjakan oleh seorang mantan jurnalis, bernama Mikael Blomkvist. Kasusnya itu berupa pencaharian seorang wanita bernama Harriet Vanger yang sudah menghilang selama 40 tahun. Mikael pun menyelidiki kasus ini karena ia akan diberikan banyak sekali uang, beserta kebebasannya dari penjara sebab ia dituduh telah memfitnah seorang pengusaha terkenal (padahal itu bukan fitnah. Tapi Mikael kalah di pengadilan.)

Awalnya, Lisbeth mencoba membantu Mikael secara tersembunyi, tapi karena hal yang tak disangka-sangka, akhirnya ia ketahuan juga. 

Namun, setelah ia ketahuan oleh Mikael, mereka berdua malah jadi kerja sama untuk memecahkan kasus tersebut. Dan kasus yang kelihatannya sangatlah rumit ini, karena malah jadi kasus yang menyangkut ke beberapa pembunuhan berdarah dingin lainnya, yah, untung lah, oleh sebab kelihaian Lisbeth, semuanya pun dapat berjalan dengan baik.

Film ini memberitahukan walau Lisbeth berpenampilan sangat buruk bagaikan pemberontak, tapi ia memiliki otak yang cemerlang. Itu lah yang menarik dari tokoh utamanya disini.

....

Film ini diadaptasikan dari sebuah novel best seller berjudul "Män som hatar kvinnor – "Men Who Hate Women", karangan Stieg Larsson dari Swedia. Film yang keluar pada tahun 2009 ini pun mendapatkan banyak penghargaan dan BOX OFFICE, mencapai 100 juta dollar lebih. Oleh karena itu, jika kita menonton filmnya yang sekarang, kita akan mendengarkan para tokohnya itu sedang berbicara dengan menggunakan bahasa inggris, padahal bahasa aslinya tersebut adalah Bahasa Swedia (ya you know lah.. bahasa inggris kan memang sudah mendominasi ^^).

Menariknya, ternyata film ini TRILOGI loh... atau bersambung sampai di kisah Lisbeth yang ketiga. Dan kedua judul berikutnya yang musti gua tonton adalah "The Girl Who Played with Fire" dan "The Girl Who Kicked the Hornet's Nest". Kira-kira seperti apa ya kasus-kasus menegangkan yang berikutnya akan dipecahkan oleh Lisbeth dan Mikael nanti???? Hmmm.....

Oh iya, jika kalian mungkin ingin menontonnya, gak usah ribet-ribet cari DVDnya ya, karena sebentar lagi film remake-nya pun akan segera ditayangkan di bioskop-bioskop kesayangan kalian. Judulnya sama, dan yang kali ini adalah versi dari seorang sutradara dari film "The Social Network", David Fincher. Tokoh Mikaelnya akan diperani oleh Daniel Craig, dan untuk tokoh Lisbeth akan dimainkan oleh Rooney Mara. 

Berdasarkan IMDB.com, film remake ini akan ditayangkan pada tanggal 21 Desember 2011 di USA. Doakan saja semoga di Indonesia juga tayang yah.... :(


Terimakasih.... ^^
Gbu 

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath