Inilah Cara Mengetahui Bagus Tidaknya Film yang Ingin Ditonton

Jam setengah tiga pagi, gua menulis ini. Dan OMG! Lagi-lagi gua gak bisa tidur cuy...!! Ya biasa lah... semua ini disebabkan karena hari ini gua sudah tidur hampir lebih dari setengah hari, sehingga mata menjadi melek dan kepala selalu tak terasa enak jika sudah bersentuhan dengan bantal. Hahaha...

Sebenarnya gua sedang tak ingin menulis hari ini. Malahan dari tadi itu gua malah bermain capsa online di viwawa.com. Tapi karena tiba-tiba saja secara tak sengaja gua membuka sebuah blog yang mantap yang bernama The Everywhereist (http://www.everywhereist.com/), jadinya keinginan gua untuk menulis kembali muncul deh... hehehe.... (entah napa diri ini memang sepertinya harus selalu dimotivasi untuk dapat menulis :p).

Baiklahh... pada pagi hari yang gila ini gua akan menulis tentang beberapa hal yang harus kalian lakukan jika ingin melihat apakah film yang ingin kalian tonton itu bagus atau tidak.



Tema pada hari ini bermula ketika gua melihat kalau banyak sekali film-film yang gua anggap bagus, tapi malah dicemooh oleh beberapa teman gua. Bahkan film "Batman Begins" yang disutradarai oleh Christopher Nolan saja masih ada yang tak suka, dan itu hanya disebabkan oleh karena tak mau menonton film yang dulunya sudah pernah ditayangkan (alies mereka belum menontonnya sama sekali, jadi tak tahu kalau filmnya itu bagus sekali!).

Hhhh... ternyata hal tentang seseorang itu akan bilang bagus atau tidaknya sebuah film tersebut memang sebenarnya tergantung dari diri pribadi mereka masing-masing.

Dan disini gua akan membagikan sedikit cara untuk membantu kalian jika sedang ingin menonton sebuah film tapi masih bimbang tentang kualitas film tersebut. Gua akan menuliskannya secara netral. :)

Ini lah dia.....!!

Pertama: Tanya teman!

Tak bertanya - sesat di jalan.

Saat kalian sedang ingin menonton sebuah film, dan sepertinya masih ragu tentang kebagusan film tersebut, mulai lah bertanya kepada teman-teman kalian yang sudah menontonnya. Kalau bisa teman-teman kalian yang menurut kalian itu memiliki selera film yang sama dengan kalian. Soalnya, bisa saja ada yang mengatakan bagus, tapi seleranya tak sama dengan kalian. Misal: kalian lebih menyukai film action, dan teman kalian itu lebih menyukai drama. Nah... you know what I mean lah.... :)

Kedua: Lihat siapa pembuatnya!


Seorang sutradara atau director kini bisa dibilang dapat menentukan apakah film tersebut bagus atau tidak.

Sekarang mari kita lihat daftar nama dari beberapa sutradara yang sudah dapat dipercaya kualitas film buatan mereka:

1. James Cameron (The Terminator, Titanic, Avatar)
2. Steven Spielberg (Saving Private Ryan, Jurassic Park, Indiana Jones)
3. Clint Eastwood (Invictus, Million Dollar Baby, Letters From Iwo Jima)
4. Martin Scorsese (The Departed, Gangs of New York, The Aviator, Shutter Island)
5. Quentin Tarantino (Pulp Viction, Kill Bill (Vol I & II), Hostel, Hostel Part II, Inglourious Basterds
6. Darren Aronofsky (Black Swan, The Wrestler)
7. David O. Russell (The Fighter)
8. David Fincher (The Social Network, The Curious Case of Benjamin Button, Fight Club, Zodiak)
9. Danny Boyle (Slumdog Millionaire, 127 Hours, 28 Days Later)
10. Joel & Ethan Coen (True Grit, No Country for Old men)
11. Peter Jackson (The Lord of the Rings, King Kong, The Lovely Bones)
12. Ang Lee (Brokeback Mountain, Hulk)
13. Tim Burton (Batman, The Nightmare Before Christmas, Big Fish, Charlie and the Chocolate Factory, Sweeney Todd, Alice in Wonderland)
14. Christopher Nolan (Memento, Insomnia, Batman Begins, Batman The Dark Knight, Inception)
15. Roman Polanski (The Pianist, The Ghost Writer)
16. Michael Bay (Transformers, Bad Boys II)
17. Joe Wright (Atonement, Pride and Prejudice, Hanna)
18. David Yates (Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 and 2, The Girl in the Cafe)

Setiap film yang mereka sutradarai ini bisa dibilang memiliki ciri khasnya masing-masing. Misalnya: Tim Burton, tampilan film-filmnya selalu yang aneh dan mistis ; Christopher Nolan, tampilan film-filmnya selalu action yang menegangkan ; Quentin Tarantino, tampilan film-filmnya selalu yang seram dan penuh dengan darah! ; Joel and Ethan Coen, tampilan film-filmnya selalu banyak teks.

Ketiga: Lihat siapa saja pemainnya!


Saat gua membuka http://www.rottentomatoes.com/ gua jadi tersadar kalau ternyata banyak film yang isi-nya bagus itu bisa menjadi kurang menarik oleh karena tak diisi oleh pemain-pemain terkenal. Tapi juga kebanyakan film-film bagus itu berisi para pemain yang terkenal loh.

Kalian semua pasti tahu lah ya siapa saja para pemain yang terkenal tersebut.... 

Diantaranya: 
Actor: Colin Firth (The King Speech), Brad Pitt (The Curious Case of Benjamin Button, Mr & Mrs Smith), Johnny Deep (Alice in Wonderland, Pirates of the Caribbean), Ryan Gosling (The Notebook, Blue Valentine), Russel Crowe (Gladiator, A Beautiful Mind, Robin Hood), Nicolas Cage (Adaptation, National Treasure, Ghost Rider, Kick-Ass), Tom Cruise (Mission Impossible, The Last Samurai), Tom Hanks (The Da Vinci Code, Forrest Gump, Toy Story), Kevin Costner (The Guardian, Water World), dll.

Actress: Natalie Portman (Black Swan, Thor, V for Vendetta), Nicole Kidman (Moulin Rouge!, Cold Mountain, Rabbit Hole), Julia Roberts (Eat Pray Love, Pretty Woman), Meryl Streep (The Devil Wears Prada, Doubt, Mamma Mia!, Adaptation), Angelina Jolie (Salt, Tomb Rider, Wanted, Changeling, Kungfu Panda), Emma Stone (Easy A), Kate Winslet (The Reader, Titanic), Cate Blanchett (Elizabeth: The Golden Age, Hanna, The Aviator, The Lord of the Ring), dll.

Keempat: Mengetahui RATING film tersebut!

http://www.imdb.com/ dan  http://www.rottentomatoes.com/ adalah kedua situs yang sudah terkenal sekali. Saat kalian menuliskan nama film di google, pasti akan selalu muncul kedua website tersebut. Nah, di kedua website ini lah kalian akan mengetahui rating dari film-film yang sedang kalian selidiki.

Tapi jangan terkecoh ya... karena dari pengalaman gua, rating itu tak terus-terusan yang dapat menentukan film tersebut sesuai dengan selera kalian atau tidak. Soalnya ada beberapa film yang rating-nya di atas 8, tapi tak disukai oleh beberapa orang. Dan juga sebaliknya. Semuanya itu memang tergantung dari individu masing-masing. Jika memang tak suka film drama, meskipun film tersebut dapat rating tak terhingga, tetap lah akan dibilang jelek.

Kelima: Apa Genre Film yang kalian sukai?!

Seperti yang ada di bagian keempat, cari tahu lah terlebih dahulu selera film kalian itu seperti apa. Atau mungkin keadaan hati kalian saat ingin menonton film itu sedang bagaimana. Jika misalnya keadaan hati kalian lagi sedih, eh malah menonton film tentang politik yang penuh dengan teks, ya udah de-film yang mungkin sudah mendapatkan penghargaan tersebut malah menjadi tak bagus untuk kalian.

Dan beberapa genre film itu diantaranya ada: Action (aksi), Drama, Sci-fi (Fiksi Ilmiah), Horror, Biography, Thriller (petualangan yang mendebarkan), Mystery (film penuh teka-teki), Comedy, Romance, family, musical, dll.

Keenam: Buka Box Office!


Pendapatan dari film itu juga termasuk loh yang menandakan apakah film tersebut bagus atau tidak. Nah, untuk lebih lengkapnya, film apa saja yang sudah masuk Box Office belakangan ini, buka saja: http://www.hollywood.com/boxoffice/.

Tapi tak selalu ya yang berpendapatan besar itu memiliki isi film yang bagus atau tak terlalu sesuai dengan selera masyarakat kebanyakan. Malah ada film yang sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan, bahkan OSCAR, tapi pendapatannya kecil. Contohnya itu seperti film "The Hurt Locker". Walau sudah memenangkan penghargaan OSCAR sebagai film terbaik, tapi memiliki pendapatan tak sampai lima puluh juta dollar. Padahal film-film yang tak memenangkan OSCAR saja seperti "The Dark Knight", "Spiderman", dll malah sudah menghasilkan pendapatan dari 800juta sampai 1miliyar dollar cuy!!

Jadi, kemungkinan besar itu film-film yang berpendapatan besar adalah film-film yang sudah layak ditonton.

....

Yup, segitu aja dari gua.... Semoga bermanfaat ya semuanya.... ^^

Terima kasih....
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath