Tentang Film Triangle Yang Sangat Ambigu!

Sepulangnya dari kuliah, gua akhirnya bisa nonton di bioskop lagi setelah ber-minggu-minggu lamanya gua tidak nonton di tempat yang dingin sekali itu. Rasanya benar-benar ngebuat gua jadi gak sabaran dan rela ngelakuin apa saja untuk bisa melakukan salah satu hobi gua yang satu ini hehe... Dan disini, gua pun menunjukkannya dengan rela menunggu selama satu jam sebelum film yang ingin gua tonton tersebut dimulai, dan itu adalah di tempat bermain yang bentuknya seperti sebuah Time Zone, yang ada di Pluit Junction (namun namanya bukan Time Zone, gua lupa dah), dengan cara duduk saja sambil mainin BB seperti layaknya anak hilang. Hebat kan? Tentu saja ini sangat menyedihkan! Hahaha.... :p

Dan ini lah film yang sudah gua tonton...

 Jeng jung jang jung jeng!!! 

"TRIANGLE"


Film yang memiliki unsur misteri dan thriller di dalamnya ini, menceritakan tentang seorang janda beranak satu, bernama Jess (Melissa George), yang harus mengalami suatu mimpi buruk ketika menaiki kapal pesiar bersama dengan teman-temannya di lautan lepas. Dimana tiba-tiba saja muncul sebuah cuaca yang aneh dan misterius, yang malah membuat kapal pesiar yang ditumpangi mereka menjadi terbalik. Dan pada akhirnya dimulai lah suatu ketegangan serta kejanggalan ketika mereka didatangi oleh sebuah kapal pesiar besar yang di dalamnya terdapat seseorang yang siap untuk memburu mereka satu persatu secara sadis.

Film ini pun menjadi terlihat ambigu sekali sewaktu diketahui kalau ternyata pemburu di dalam kapal pesiar tersebut adalah Jess itu sendiri. Yang dimana sebenarnya ia ingin menyelamatkan semua teman-temannya, tapi sayangnya, dengan cara yang salah.

***

Untuk di awal dan pertengahan, bisa dibilang sudah oke karena sangat menegangkan dan benar-benar ngebuat gua jadi penasaran habis. Sedangkan di akhir ceritanya, awalnya gua kira gak bagus banget! Soalnya tak ada penyelesaian dari kejadian ambigu yang masih menyisakan banyak misteri di film ini. 

Seperti contohnya adalah: gua masih bingung kenapa judulnya itu "Triangle"? Apakah karena kejadian ambigu yang dialami oleh Jess itu bisa ada karena terjebak di Lautan yang biasa kita sebut dengan "Segitiga Bermuda"? Ataukah memiliki arti kalau "Triangle" itu adalah sebuah makna dari suatu kutukan? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan di dalam benak gua tentang film ini yang sudah mendapatkan rating 6.8 dari 10 lewat situs IMDB.

Tapi setelah beberapa jam kemudian, gua menganggap kalau film ini bagus dan menarik juga. Karena gua dapat maknanya juga pada akhirnya. Yup, makna yang biasanya harus dipikirkan sendiri oleh para penontonnya....

Jadi, semua kejadian di dalam film ini bisa gua artikan sebagai sebuah "neraka" di dalam kehidupan Jess. 

Sebenarnya, sebelum ia menaiki kapal pesiar bersama teman-temannya itu, ternyata ia sedang hilang ingatan. Sehingga membuat sifatnya menjadi berbeda dari dirinya yang asli. 

Di akhir cerita, diberitahukan kalau dirinya itu ternyata adalah seorang ibu yang tak bersyukur dengan kehidupannya. Anaknya saja yang menderita autis, harus ikut merasakan kejamnya Jess yang asli.

Jadi, menurut gua-inti dari film ini adalah hajaran atau akibat untuk orang-orang yang tak bersyukur dengan kehidupannya. Tapi kalau memang benar-benar akibatnya nanti akan seperti di film ini, wow! super horror banget dah!! Namun kita semua tak tahu....

***



Oh ya, film yang disutradarai oleh Christopher Smith ini sebenarnya sudah muncul di bioskop-bioskop luar negeri pada tahun 2009. Namun sayangnya, karena bioskop XXI di negara kita tercinta ini masih mengalami masalah dengan pihak perfilman luar negeri, jadinya para penonton harus bersyukur aja dah menikmati film-film luar yang jadul tapi berkualitas untuk sekarang ini.

Oke.... Hahaha....

Terima kasih.... :p
Gbu

N.B: Itu adalah artian yang berasal dari benak gua sendiri. Namun sebenarnya, kejadian di dalam film ini dapat diartikan dari nama kapal pesiar tersebut. Coba search di google... hehehe....

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath